penyakit kutil kelamin

Penyakit Kutil Kelamin – Lho Memangnya Bisa Kutil Muncul di Kelamin? Berikut Penjelasannya!

penyakit kutil kelaminPenyakit Kutil Kelamin – Halo Sahabat Pandawa semuanya! Bagaimana kabar kamu hari ini nih? Semoga saja kamu dan seluruh Sahabat Pandawa di mana pun berada selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan YME yaa! Kulit dan kelamin adalah dua hal yang memiliki benang merah. Salah satu yang menjadi benang merah adalah “penyakit” yang menimpa. Keduanya terkadang memiliki beberapa penyakit yang mirip-mirip.

Sebagai contoh saja, kulit bisa terkena gangguan kutil. Kutil sendiri adalah infeksi yang muncul pada permukaan kulit yang. Biasanya ditandai dengan timbulnya benjolan kecil bertekstur kasar yang berwarna pucat atau kecokelatan. Terkadang, benjolan kutil terasa gatal dan sakit bila disentuh. Penyebab kutil adalah human papillomavirus (HPV).

Nah, selain muncul di kulit, ternyata kutil juga bisa tumbuh di daerah kelamin seperti penis, vagina, selangkangan, dan sekitarnya lho. Gangguan ini disebut dengan penyakit kutil kelamin atau dalam istilah medisnya kondiloma akuminata. Sama seperti kutil di kulit, masalah ini terjadi akibat adanya infeksi human papillomavirus atau HPV. Virus ini biasanya menular lewat hubungan seksual yang “kotor” seperti tanpa menggunakan kondom.

Seperti biasanya nih, Klinik Pandawa akan terus memberikan informasi dan artikel kesehatan untuk seluruh Sahabat Pandawa, khususnya seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, edukasi seksual, dan juga tips trik kecantikan (estetika). Nah, pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa akan membahas tentang penyakit kutil kelamin mulai dari pengertian, gejala, penyebab, bahaya komplikasi, sampai dengan cara menyembuhkannya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menyimak artikel ini sampai selesai agar mendapat informasi yang bermanfaat. Daripada berlama-lama lagi, langsung aja yuk disimak Sahabat Pandawa!

Pengertian penyakit kutil kelamin

Kutil kelamin atau istilah medisnya kondiloma akuminata merupakan kondisi munculnya benjolan kecil yang tumbuh di sekitar area kelamin dan dubur. Penyakit ini dapat terjadi kepada siapa pun yang aktif secara seksual. Kutil kelamin cukup berbeda dengan kutil yang tumbuh di kulit tubuh. Hal ini karena kondiloma akuminata termasuk ke dalam infeksi menular seksual.

Kutil kelamin biasanya berukuran kecil dan agak sulit terlihat dengan kasat mata. Meski begitu, kutil ini dapat menimbulkan rasa gatal, rasa nyeri, sensasi seperti terbakar, serta perdarahan saat berhubungan seksual. Penyakit ini menular lewat aktivitas seksual yang tidak sehat seperti tidak menggunakan kondom.

Ciri-ciri penyakit kutil kelamin

Penyakit kutil kelamin berukuran kecil dengan warna yang mirip seperti kulit atau sedikit lebih gelap. Oleh karenanya, gangguan ini terkadang sulit terlihat dengan kasat mata. Kutil kelamin bisa muncul secara tunggal atau berkelompok, serta membentuk struktur menyerupai kembang kol.

Meskipun sering tidak terlihat, kutil kelamin tetap bisa menimbulkan beberapa gejala seperti gatal dan perasaan tidak nyaman di area kelamin, muncul perasaan terbakar, serta nyeri dan perdarahan ketika berhubungan seksual dengan pasangan.

Pada pria, kutil kelamin bisa timbul di beberapa area seperti berikut ini:

  • Batang atau ujung penis
  • Kantung buah zakar
  • Selangkangan
  • Paha bagian atas
  • Sekitar atau di dalam anus.

Sedangkan pada wanita, kutil kelamin bisa muncul di beberapa bagian berikut:

  • Dinding vagina
  • Vulva (bagian luar vagina)
  • Daerah antara vagina dan anus (perineum)
  • Di dalam Ms. V atau di dalam dubur
  • Leher rahim.

Selain di area genital dan sekitarnya, bintil ini bisa dapat muncul di bibir, lidah, mulut, serta tenggorokan. Kondisi ini biasanya terjadi karena seks secara oral dengan orang yang mengidap masalah ini.

Penyebab penyakit kutil kelamin

Kutil kelamin terjadi akibat infeksi human papillomavirus (HPV). Meski terdapat lebih dari 120 jenis virus HPV, hanya sekitar 30-40 jenis HPV yang menular lewat aktivitas seksual. Dari 30 jenis HPV itu, sekitar 90 persen kasus kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 atau HPV tipe 11.

Faktor Risiko Kutil Kelamin

Seseorang yang aktif secara seksual lebih berisiko terserang kutil kelamin, terutama bila berhubungan intim dengan orang yang terinfeksi virus HPV. Risiko terinfeksi akan lebih besar jika berhubungan intim dengan lebih dari satu pasangan seks tanpa memakai kondom.

Ada juga beberapa faktor lain yang meningkatkan risiko seseorang mengidap kutil kelamin:

  • Hamil
  • Merokok
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh lemah
  • Aktif secara seksual dalam usia relatif muda
  • Pernah menderita infeksi menular seksual lain
  • Memiliki riwayat kekerasan seksual saat masih kecil
  • Berhubungan intim dengan seseorang yang tidak diketahui riwayat kehidupan seksualnya

Pengobatan penyakit kutil kelamin di Klinik Pandawa Jakarta

Sekarang Sahabat Pandawa sudah memahami mengenai penyakit kutil kelamin. Apabila kamu memiliki ciri-ciri atau gejala yang muncul pada diri kamu, sebaiknya kamu segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

KLINIK PANDAWA merupakan salah satu klinik yang memiliki dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter kami telah berpengalaman dalam menangani kasus kutil kelamin dan juga penyakit menular seksual lainnya. Sudah banyak pasien kami yang berhasil sembuh dan juga merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila kamu membutuhkan informasi seputar pengobatan penyakit ini maka kamu dapat melakukan konsultasi online dengan dokter kami secara gratis di link berikut KONSULTASI ONLINE GRATIS. Kamu juga bisa menghubungi kami lewat whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.

Newsletter

Subscribe

Subscribe to our newsletter to get the first information & Special offer every week.