Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Muncul Benjolan di Penis? Waspadai Beberapa Penyakit Berbahaya Ini!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

benjolan di penisBenjolan di Penis – Halo Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kamu hari ini? Semoga kamu dan juga semua Sahabat Pandawa di mana pun tetap diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa ya, baik kesehatan jasmani maupun rohani! Sahabat Pandawa, kamu pernah punya masalah di sekitar alat kelamin nggak?

Ya, memang area genital cukup kompleks dan juga bisa terkena berbagai penyakit. Penyakit ini umumnya terjadi akibat melakukan hubungan seksual yang tidak aman, seperti tanpa menggunakan kondom. Risiko penularan dalam kondisi tersebut sangatlah tinggi. Dampaknya kamu bisa terkena berbagai masalah di area vital.

Salah satu tanda kalau organ vital kamu mengalami masalah ialah terdapat benjolan. Meski lebih sering terjadi pada vagina, namun laki-laki juga bisa mengalami benjolan di penis. Terkadang benjolan yang muncul bisa tanpa disertai rasa sakit, bisa pula diikuti rasa sakit yang luar biasa.

Ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di penis, mulai dari kelainan bawaan, kutil, jerawat, sampai dengan kista dan juga kanker penis. Beberapa di antaranya memang berbahaya, namun sebagian lainnya tidak mengancam kesehatan.

Sahabat Pandawa, seperti biasanya nih kita akan terus memberikan kamu informasi serta artikel kesehatan, terutama seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips trick seputar kecantikan atau estetika. Nah pada kesempatan kali ini kita bakal membahas mengenai benjolan di penis, mulai dari pengertian, penyebab, dan juga cara mengatasinya. Oleh karena itu simak terus artikel ini sampai selesai agar informasi yang kamu tangkap bisa bermanfaat. Yuk langsung aja disimak!

Benjolan di penis

Benjolan di penis bisa terjadi pada setiap laki-laki. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Seringkali masalah ini dapat membuat khawatir dan menurunkan rasa percaya diri bagi para pria. Nyatanya, tidak semuanya benjolan di penis berbahaya, bahkan beberapa di antaranya ada yang tidak perlu diobati.

Perubahan yang terjadi pada alat kelami memang bisa membuat kamu khawatir. Walau begitu, sebagian besar dari gangguan ini sebenarnya tidak bersifat membahayakan. Bila kamu belum pernah melakukan hubungan seksual, maka benjolan yang muncul kemungkinan besar bukanlah sebuah hal yang berbahaya. Benjolan di penis yang tidak berbahaya umumnya memiliki warna yang serupa dengan kulit di sekitarnya. Benjolan ini seperti bintik-bintik kecil putih atau kekuningan, dan juga tidak terasa sakit.

Penyebab benjolan di penis

Agar bisa mengatasi masalah ini dengan tepat, sebelumnya kamu harus tahu apa yang menjadi latar belakang penyebab munculnya masalah ini. Berikut ini merupakan beberapa penyebab munculnya benjolan pada penis:

  • Pearly penile papules

Pearly penile papules merupakan benjolan yang berukuran kecil, berwarna mirip seperti kulit di sekitarnya, dan umumnya berada pada area ujung penis. Meski sepertinya terkesan menyeramkan bagi laki-laki, benjolan ini sendiri adalah sesuatu yang normal dan bukan disebabkan oleh infeksi menular seksual atau akibat dari tidak menjaga kebersihan tubuh. Pearly penile papules tidak menyebabkan keluhan dan umumnya bakal hilang sendiri tanpa pengobatan.

  • Bintik fordyce

Bintik fordyce ialah bintik-bintik berwarna kekuningan atau putih kecil yang biasa dijumpai di sekitar ujung atau batang penis. Biasanya bintil di penis jenis ini tidak berbahaya dan tidak membutuhkan pengobatan lebih lanjut.

  • Lymphocele

Lymphocele merupakan kondisi di mana terjadi penumpukan cairan di saluran getah bening yang terjadi sementara dan biasanya tidak bertahan lama. Masalah ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan bahkan kerapkali tidak memerlukan penanganan lebih lanjut.

Saat berhubungan intim atau melakukan masturbasi, terdapat kemungkinan terjadi kerusakan jaringan yang berada di sekitar area genital sehingga cairan getah bening keluar dari pembuluhnya berkumpul di suatu tempat yang bisa menimbulkan benjolan di penis.

  • Penyakit Peyronie

Kemungkinan lain yang menjadi penyebab munculnya benjolan di penis ialah penyakit peyronie. Peyronie bisa memiliki gejala seperti nyeri pada batang penis dan penis terlihat bengkok ketika ereksi.

Bila benjolan ini telah ada sejak lama dan tidak terasasakit maka biasanya dokter tidak akan menyarankan pengobatan. Akan tetapi, jika benjolan ini menimbulkan rasa sakit dan sangat mengganggu aktivitas seksual maka akan disarankan menjalani pengobatan dari dokter untuk mengatasinya. Apabila tidak membaik dengan pengobatan maka langkah operasi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasinya.

  • Kutil kelamin

Faktor munculnya benjolan di penis dapat pula disebabkan oleh kutil kelamin atau kondiloma akuminata. Kutil di kelamin ini tidak selalu tampak oleh mata, terkadang ukurannya bisa sangat kecil dan mirip seperti bunga kol. Penyakit ini muncul saat kamu terkena infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus HPV atau human prapillomavirus.

Kutil kelamin mungkin menciptakan rasa tidak nyaman, sakit, serta gatal-gatal. Bisa saja kutil kelamin muncul dalamjumlah banyak, atau bisa juga muncul dalam bentuk satu benjolan saja. Pengobatannya bisa dengan menggunakan salep obat ataupun dengan langkah operasi.

  • Kista penis

Kista pada penis biasanya berteksur keras dan tidak terasa nyeri. Biasanya masalah ini bukanlah hal yang berbahaya, namun kamu tidak boleh membiarkannya begitu saja. Kista adalah kantong berisi cairan yang dapat tumbuh di daerah tubuh mana pun, termasuk penis.

Kista ini umumnya terjadi akibat ada penyumbatan kelenjar minyak di kulit penis, kista epidermoid, ataupun karena adanya kelainan bawaan sejak lahir. Terkadang beberapa penyakit kelamin seperti infeksi human papillomavirus (HPV) dan herpes juga bisa memicu kista pada penis.

  • Kanker Penis

Walau kebanyakan benjolan tidak berbahaya, namun tetap ada kemungkinan bahwa benjolan di penis adalah gejala seorang pria mengidap kanker penis. Benjolan karena kanker dapat muncul pada batang ataupun ujung penis.

Selain benjolan, gejala lain dari kanker penis dapat berupa penebalan atau perubahan warna pada kulit penis, ruam pada penis, kemerahan, ada tumpukan cairan berbau di bawah kulup penis , atau benjolan kecil yang berkerak.

Untuk lebih memastikannya, pengidap yang mengalami gejala-gejala tersebut sebaknya segera berkonsultasi dengan dokter. Semakin cepat terdeteksi, semakin besar pula keberhasilan dalam penyembuhan penyakit ini.

Cara mengatasi benjolan di penis

Meski kebanyakan gangguan ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan, bukan berarti tidak memerlukan dilakukan pemeriksaan dokter lho ya. Bila gangguan ini diikuti dengan munculnya rasa gejala lain seperti nyeri, bengkak, keluar cairan yang tidak normal, serta terdapat darah di urine atau sperma maka segeralah melakukan konsultasi dengan dokter.

Kamu dapat mengunjungi KLINIK PANDAWA untuk memeriksakan keluhan benjolan di penis lebih lanjut. Kami memiliki dokter yang ahli di bidang andrologi dan berpengalaman dalam menangani kasus benjolan di penis dan masalah pria lainnya. Sudah banyak pasien kami yang berhasil sembuh dan merasa puas dengan pelayanan Klinik Pandawa.

Jika kamu ingin melakukan konsultasi maka kamu dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga dapat menghubungi kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.