Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Mirip Herpes, Kenali Bintik Fordyce Berupa Bintik Putih di Bibir

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

bintik putih di bibir

Kamu punya bintik-bintik putih di bibir? Jangan takut dulu. Awalnya bintik-bintik ini sering dikira penyakit herpes oleh karena bentuknya yang sama. Tetapi bila dilihat dekat dan ditelusuri dengan cara medis, kemungkinan itu adalah gangguan kulit bibir akibat fordyce spots.

Bintik Fordyce ini tak selalu berupa bintik putih di bibir tetapi juga bisa ditemukan di area vital seperti penis maupun bibir vagina. Meski tak berbahaya, keberadaannya tentu saja mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Lantas seperti apa gangguan kulit ini apakah bisa dihilangkan dan berbahay, kah? Simak terus artikel di bawah ini yaaa…

 

Mengenal lebih dekat Bintik putih di Bibir atau Fordyce Spots

Serupa dengan herpes bibir, bintik Fordyce ini biasanya berwarna putih kekuning-kuningan dan terdapat di area tepi bibir atau bagian dalam pipi.

Penampilan maupun ukuran bintik putih di bibir bisa beragam. Tak cuma itu, kemunculan bintik ini pun bisa disertai gejala lain, seperti rasa gatal atau rasa tak nyaman. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Bintik putih di bibir akibat Fordyce spots ini sering ditemui dengan ukuran kecil-kecil berdiameter sekitar 1-3 mm, tapi ukurannya juga bisa lebih besar. Tenang saja, gangguan kulit ini sebenarnya tidaklah berbahaya dan tak menular. Menurut data kasus pada jurnal Clinical Case Reports and Reviews, bintik fordyce dialami oleh sekitar 70 hingga 80 persen orang dewasa.

Berbeda dengan bintik-bintik di bibir akibat herpes. Untuk kasus ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks yang bisa menimbulkan bibir dan area mulut berbintik-bintik putih. Bintik ini sendiri bisa berkembang seperti lentingan berisi cairan yang mana terasa gatal dan sangat nyeri.

Pada penyakit herpes sendiri bisa menular melalui kontak langsung dengan luka begitu juga saat melakukan aktivitas seksual oral. Selanjutnya, kamu butuh penanganan medis untuk bisa mengatasi penyakit herpes bibir ini.

 

Penyebab Bintik Putih di Bibir akibat Fordyce Spots

Bintik Fordyce terjadi ketika kelenjar minyak membesar sehingga cukup kelihatan. Bintik putih di bibir ini sudah ada secara alami sejak lahir, tetapi tak dikenali.

Pada waktu terjadi perubahan hormon pada masa remaja atau puber, bintik bintik ini pun membesar menjadi lebih mudah dikenali. Umumnya bintik Fordyce lebih berisiko terjadi pada orang-orang yang mempunyai kulit cenderung berminyak.

Bintik Fordyce ini sebenarnya berasal oleh karena kelenjar minyak sebasea yang membesar. Tapi, kelenjar ini kerap ditemukan di area kulit yang berambut, sementara bintik Fordyce tumbuh di area kulit yang tak memiliki rambut.

Bintik putih di bibir ini pun bisa menjadi tanda-tanda dari beberapa masalah kesehatan seperti kanker kolorektal dan hyperlipidemia dimana keduanya masih terbilang kasus yang jarang.

Namun begitu bintik putih di bibir akibat Fordyce spots ini tidak menular dan berbahaya. hanya saja mengganggu penampilan. Bintik-bintik ini bisa terlihat jelas apabila lebih dari 50 atau 100 bintik di tepi bibir. Dan apabila kulit bibir diregangkan, bintik ini akan terasa jelas.

Untuk menghilangkannya kamu dilarang menggaruk atau mencabutnya, sebab bisa memperparah kondisi ini. Bintik ini bisa hilang dengan sendirinya atau dengan beberapa penanganan medis lainnya.

Baca juga: Solusi Perbaiki Bibir Vagina Agar Kembali Seperti Semula Setelah Melahirkan

 

Penanganan Fordyce spots

Apabila kamu ingin menghilangkan gangguan kulit di bibir ini untuk memperbaiki penampilan dan ada beragam pilihan prosedur medis yang bisa dilakukan, di antaranya seperti:

  1. Pengobatan dengan laser

Dokter mungkin akan menghilangkan Fordyce spots di kulit kamu dengan menggunakan bantuan sinar laser. Tetapi, pada sebagian orang, prosedur ini bisa meninggalkan bekas di kulit. Sebab itu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter ahlinya untuk mendapatkan penanganan tepat.

  1. Bedah micro-punch

Untuk menghilangkan bintik putih di bibir akibat Fordyce spots secara cepat dan efektif, dokter bisa melakukan bedah micro-punch. Yakni dengan menggunakan alat medis yang menyerupai pulpen. Hal ini berfungsi untuk meratakan kulit kembali dan membuang jaringan yang tak diinginkan.

  1. Pengobatan topikal

Beberapa jenis obat topikal atau oles untuk menghilangkan Fordyce spots antara lain obat turunan vitamin A. Tetapi, penggunaannya obat topical ini harus sesuai dengan anjuran dokter, sebab obat-obatan ini bisa saja memberikan reaksi samping berupa kulit terasa panas dan mengalami peradangan.

Sebagai tambaha, jangan mencoba mengorek atau memencet bintik Fordyce ini karena tidak akan menghilangkannya tetapi malah bisa menimbulkan infeksi lebih lanjut. Oleh sebab itu, bila kamu ingin segera menghilangkannya, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter kulit.

Baca juga: Dijamin Ampuh! Ini Dia Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah!

Pencegahan Fordyce spots

Sekali lagi kamu tak perlu cemas jika menemukan bintik putih di bibir kamu atau melihat di orang lain, sebab hal tersebut masih normal. Gangguan kulit ini bukanlah penyakit yang mematikan dan bukan penyakit infeksi menular seksual seperti herpes atau kutil kelamin sekalipun.

Bintik Fordyce merupakan hal yang sangat umum dan sekitar 85% populasi manusia memilikinya. Hanya saja, pria dua kali lebih berpotensi banyak memiliki bintik Fordyce dibanding wanita.

Untuk mencegah munculnya Fordyce Spots maka dapat dilakukan beberapa hal seperti berikut ini :

  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Usahakan untuk menghindari makanan siap saji
  • Kurangi makan makanan yang mengandung lemak jenuh dan berminyak.
  • Hindari merokok

 

Kapan harus ke dokter?

Bintik akibat Fordyce terjadi secara alami dan tidak membahayakan nyawa. Perlu disadari bahwa bintik ini tidak menimbulkan rasa sakit, tidak menular dari satu orang ke orang lain, dan tak membutuhkan perawatan khusus.

Tetapi apabila kamu merasa kurang nyaman karena bintik ini dan ingin menghilangkannya, konsultasikan saha dengan dokter Kami di Klinik Pandawa.

Jika terjadi perubahan pada alat kelamin atau wajah dimana bintik Fordyce muncul, kamu harus memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Apabila sahabat pandawa membutuhkan informasi atau pengobatan lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan layanan kami secara gratis di melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS.