Hymenoplasty: Tujuan, Tindakan, & Biaya Operasi Keperawanan

Apakah Anda pernah mendengar tentang operasi selaput dara? Istilah operasi selaput dara dalam dunia medis disebut dengan Hymenoplasty.

Bertujuan untuk apa operasi selaput dara dan berapa biaya yang harus Anda lakukan jika melakukannya? Simak informasinya berikut.

Apa yang Dimaksud dengan Hymenoplasty?

Sebagian dari Anda mungkin merasa asing dengan istilah operasi selaput dara. Seperti yang Anda ketahui selaput dara adalah bagian dari vagina, yang posisinya bisa secara annular maupun lainnya. Ketika selaput dara robek, maka tidak bisa kembali utuh seperti semula.

Cara untuk mengembalikan hymen seseorang harus melakukan tindakan operasi. Meskipun secara medis fungsi selaput dara sendiri sebenarnya belum diketahui secara jelas, tetapi faktanya banyak orang yang tertarik melakukan operasi selaput dara.

Operasi selaput dara ini termasuk cepat durasi pelaksanaannya. Menurut beberapa referensi,  Hymenoplasty hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Namun, sebelum Anda berniat melakukan tindakan operasi ini harus memperhatikan kesiapan mental dan fisik. 

Penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter ahli, untuk meyakinkan diri dengan keputusan yang diambil. Operasi selaput dara ini berbeda dengan operasi pada umumnya, sebab area tersebut adalah hal yang sensitif. Yuk tonton video dibawah ini tentang peremajaan vagina:

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Apa Tujuan Operasi Hymenoplasty?

Apakah Anda penasaran mengapa seseorang melakukan operasi selaput dara? Tujuan melakukan tindakan operasi selaput dara bagi setiap orang bisa saja memiliki alasan beragam.

Beberapa jawabannya bisa karena ingin meningkatkan rasa percaya diri, ataupun memang karena faktor lainnya.

Perlu Anda pahami, bahwa tidak semua vagina memiliki selaput dara sejak lahir. Seperti yang Anda ketahui, bahwasanya selaput dara ini selalu dikaitkan dengan masalah keperawanan.

Padahal, menurut medis perawan tidaknya seseorang tidak bisa diukur menggunakan pemeriksaan selaput dara.

Dilakukannya operasi selaput dara tersebut, bisa membuat wanita yang mengalami kerusakan hymen bisa memilikinya kembali.

Begitupun dengan wanita yang sebelumnya memang tidak memiliki selaput dara bisa mendapatkan kepercayaan dirinya dengan melakukan tindakan operasi tersebut.

Artikel Lainnya: 3 Jenis Operasi Vagina yang Harus Diketahui

Apakah Operasi Hymenoplasty Aman?

Memilih melakukan operasi Hymenoplasty bagi seseorang bukanlah hal mudah. Terdapat beberapa pertimbangan yang seperti apakah operasi tersebut aman?

Bagaimanapun mendengar kata operasi tentu terdapat pandangan menakutkan bagi sebagian orang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, bahwasanya tindakan operasi selaput dara tersebut aman selama dilakukan oleh dokter ahli dalam bidangnya.

Pastinya sebelum melakukan tindakan operasi, Anda juga sudah dipastikan melewati beberapa tahapan persiapan terlebih dahulu.

Perlu Anda ketahui bahwasanya melakukan Hymenoplasty memerlukan durasi waktu 6 minggu untuk penyembuhannya. Namun, hal tersebut juga tidak bisa menjadi patokan tergantung dengan kondisi fisik masing-masing.

Terdapat 3 metode dalam melakukan operasi selaput dara meliputi simple hymenoplasty, alloplant hymenoplasty dan flaps hymenoplasty.

Metode simple hymenoplasty dipilih apabila kondisi selaput dara pasien dalam kerusakan yang kecil, sehingga untuk membuatnya utuh perlu menyatukan sisa-sisanya.

Berbeda dengan cara alloplant hymenoplasty, dimana pada prosedur tersebut dokter akan membuat jaringan hymen karena selaput dara aslinya robek terlalu besar.

Terakhir yaitu metode flaps hymenoplasty, artinya dokter membuat rekonstruksi selaput dara yang berasal dari tubuh pasiennya langsung.

Baca Juga: Selaput Dara Itu Letaknya Dimana dan Warna Apa?

Apakah Hymenoplasty Bisa Gagal?

Bagaimana, tertarik untuk melakukan tindakan operasi keperawanan? Sebagai catatan bagi Anda bahwa melakukan operasi selaput dara sebetulnya tidak bisa mengembalikan keperwanan sesorang.

Namun, tindakan operasi tersebut bisa membuat Anda memiliki selaput dara utuh dan saat robek keluar darah.

Lalu, apakah Hymenoplasty bisa gagal? Tentu saja setiap tindakan operasi memiliki kemungkinan untuk gagal. Namun, jika melihat dari track recordnya yang telah ada resiko Hymenoplasty gagal minim sekali, apalagi jika pelaksanaanya sesuai SOP.

Andaikan operasi selaput dara mengalami kegagalan dalam pelaksanaannya, maka akan dilakukan tindakan lanjutan.

Apa saja tindakan yang bisa dilakukan? Tentunya hal tersebut melihat berapa persen tingkat kegagalannya, umumnya tindakannya yaitu pemberian obat tambahan hingga pembedahan.

Baca Juga: Biaya Operasi Perawan di Jakarta 2023

Tindakan Pemulihan Pasca Operasi Selaput Dara Apa Saja?

Bagi Anda yang berniat melakukan operasi selaput dara, maka juga penting mengetahui tindakan pemulihan pasca operasi. Memang bukan tergolong operasi besar, tetapi untuk mempercepat proses penyembuhan perlu beberapa perlakuan.

Operasi Hymenoplasty memang bukan termasuk golongan operasi besar, tetapi untuk mempercepat proses penyembuhan terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika pasca operasi seperti menghindari aktivitas berat terlebih dahulu.

Melakukan aktivitas berat pasca operasi dapat memicu terjadinya rusaknya jahitan. Perlu Anda ketahui jahitan yang digunakan perlu waktu agar dapat menyatu dengan sendirinya secara alami.

Selain harus memperbanyak istirahat, Anda juga tidak boleh menggunakan pakaian terlalu ketat selama pemulihan.

Selain itu, selama proses pasca operasi Anda juga harus secara rutin melakukan pembersihan area sensitif menggunakan air dan sabun. Hal tersebut memang dapat menimbulkan rasa nyeri, bahkan terdapat kasus mengalami pembengkakan.

Namun, ini hanya berlangsung dalam kurun waktu 2 sampai 3 minggu. Perlahan rasa nyeri dan pembengkakan tersebut akan menurun seiring berjalannya waktu.

Jadi, pastikan juga Anda meminum obat penghilang nyeri dan resep khusus yang telah diberikan untuk mempercepat pemulihan pasca operasi.

Selama proses pemulihan Anda juga harus tetap melakukan konsultasi, sampai kondisi benar-benar pulih kembali.

Perlu Anda ingat bahwasanya jenis operasi selaput dara tersebut tidaklah permanen, jadi bisa rusak setelah melakukan aktivitas seksual maupun karena jatuh.

Baca Juga: Waktu yang Dibutuhkan Untuk Menembus Selaput Dara

Berapa Biaya Hymenoplasty di Jakarta?

Apabila Anda tertarik untuk melakukan operasi keperawanan tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, sebab di Jakarta sendiri sudah tersedia. Mengenai biaya operasi selaput dara di Jakarta masih terbilang terjangkau.

Kisaran berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan ini tergantung dengan kesulitan tindakan operasi yang akan dilakukan. Cara agar bisa mengetahui besarnya biaya yang harus Anda keluarkan yaitu dengan berkonsultasi dahulu.

Tenang saja, melakukan konsultasi sebelum memutuskan untuk operasi selaput dara tersebut gratis. Anda bisa berkonsultasi secara aman dan nyaman melalui via WhatsApp dengan dokter Klinik Utama Pandawa. Melalui hasil konsultasi Anda bisa lebih yakin dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan operasi atau tidak.

Baca Juga: Promo Hymenoplasty (Diskon 50%) – Treatment Kewanitaan

Kapan Harus Operasi Hymenoplasty?

Bagaimana, tertarik untuk melakukan operasi Hymenoplasty? Mengenai kapan Anda harus melakukan operasi selaput dara ini kembali lagi ke keyakinan pribadi. Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal, baik dari segi biaya dan mencari klinik terpercaya.

Tentunya Anda tidak ingin salah pilih bukan, mengingat operasi selaput dara termasuk dalam hal sensitive. Jika Anda tertarik melakukan operasi selaput dara, saat ini sudah ada klinik ginekologi terbaik di Jakarta yaitu Klinik Operasi Hymenoplasty atau Klinik Treatment Kewanitaan.

Klinik operasi hymenoplasty terpercaya di Klinik Utama Pandawa. Klinik Pandawa memiliki klinik ginekologi Jakarta dan klinik kulit dan kelamin yang sudah berpengalaman dan terbukti memberikan yang terbaik bagi pasiennya.

Jika Anda masih bingung terkait prosedur dan apa saja yang harus dilakukan pasca operasi, Klinik Pandawa memberikan fasilitas bebas konsultasi dokter secara gratis di sini:

Jadi, Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mempersiapkan diri, dan biaya untuk melakukan Hymenoplasty. Dari segi biaya klinik tersebut terkenal terjangkau, menyesuaikan dengan kompleksitas metode operasi yang dilakukan.

Referensi:

Share: