Search
Close this search box.

Operasi Selaput Dara, Bisa Perawan Lagi? | Tujuan & Biayanya

Operasi selaput dara adalah prosedur untuk merekonstruksi atau membenahi selaput dara yang robek.

Operasi ini termasuk golongan operasi sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menjalankan prosedurnya. Berikut informasi selengkapnya mengenai operasi selaput dara.

Penjelasan Singkat Mengenai Selaput Dara

Selaput dara atau hymen adalah selembar jaringan yang sangat tipis dan elastis. Ini terletak di dalam lubang vagina sekitar 1 sampai 2 senti dari bibir vagina. Selaput dara memiliki fungsi sebagai penyaring agar kotoran tidak masuk ke dalam vagina.

Karena selaput dara memiliki karakteristik yang tipis, maka rentan tersobek. Tersobeknya selaput dara tidak hanya karena aktivitas seksual saja namun bisa jadi karena kecelakaan, penggunaan tampon, dan aktivitas seperti berolahraga.

Pengertian Operasi Selaput Dara

Operasi selaput dara atau yang biasa disebut sebagai operasi hymnoplasty adalah tindakan pemulihan untuk selaput dara yang rusak atau sobek.

Saat melakukan operasi, Anda akan diberi anestesi lokal sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang rasa sakit selama proses operasi.

Tujuan Operasi Selaput Dara

Operasi selaput dara atau operasi perawan bukanlah jenis operasi yang penting. Jika ada beberapa masalah serius atau terjadi kelainan pada selaput dara maka operasi perawan sangat dianjurkan untuk dilakukan. Berikut beberapa tujuan dilakukannya operasi perawan.

1. Membenahi Selaput Dara yang Tersumbat

Apabila terjadi penyumbatan pada membran selaput dara, ini akan berdampak pada aliran darah saat menstruasi. Maka dari itu, operasi sangat diperlukan untuk membuat sebuah lubang kecil untuk memperlancar aliran darah.

2. Membenahi Selaput Dara yang Ketebalannya di atas Rata-Rata

Pada kasus ini, selaput dara membentuk struktur yang rumit dan lebih tebal daripada umumnya. Hal ini berdampak pada hubungan seksual karena sperma terblokir oleh selaput dara yang tebal ini. Maka dari itu, diperlukan tindakan operasi hymenoplasty.

3. Memulihkan Selaput Dara yang Tersobek Secara Tidak Sengaja

Beberapa hal seperti kecelakaan, olahraga, dan juga penggunaan tampon dapat memicu terjadinya kerusakan yang tidak disengaja. Operasi hymenoplasty bisa memulihkan kerusakan tersebut agar utuh kembali.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Artikel Lainnya: Ini Dia Cara Mengembalikan Keperawanan Hanya 60 Menit Kelar!

Cara Mengetahui Selaput Dara Robek atau Tidak

Beberapa orang merasakan sakit serta mengalami pendarahan ringan saat terjadinya robekan pada selaput dara. Namun, ada juga yang tidak merasakan apa-apa karena selaput dara sangat tipis dan fleksibel.

Salah satu cara untuk mengetahui selaput dara sudah robek atau belum adalah dengan menggunakan cermin. Anda bisa mengarahkan cermin pada lubang vagina, akan terlihat selaput tipis pada bagian bawah lubang vagina jika selaput dara masih utuh.

Siapa Saja yang Perlu Menjalani Operasi Hymenoplasty

Dengan alasan seksual maupun non seksual, siapapun dengan kondisi selaput dara yang robek atau rusak bisa menjalankan prosedur operasi ini. Berikut penjelasan mengenai siapa saja yang memerlukan operasi hymenoplasty.

1. Wanita yang Ingin Memperbaiki Selaput Dara

Memperbaiki selaput dara bertujuan agar dapat memuaskan pasangan saat melakukan hubungan seksual. Operasi ini juga bisa para wanita lakukan untuk mendapat tanda keperawanan saat menikah karena tuntutan sosial

2. Wanita yang Pernah Hamil dan Melahirkan

Wanita yang pernah hamil dan melahirkan tentunya mengalami perenggangan pada area vaginanya. Maka dari itu, operasi perawan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengencangkan otot pada lubang vagina agar kencang kembali.

3. Korban Kekerasan Seksual atau Pemerkosaan

Korban kekerasan seksual atau pemerkosaan yang mengakibatkan robeknya selaput dara dapat melakukan prosedur operasi ini. Dengan perbaikan selaput dara, harapannya dapat memberikan ketenangan psikologi untuk korban kekerasan seksual.

4. Penderita Selaput Dara Imperforata

Operasi hymenoplasty dianjurkan untuk wanita yang mengalami selaput dara imperforata. Ini adalah kondisi di mana selaput dara menutupi keseluruhan lubang vagina sehingga menghalangi jalannya darah menstruasi.

5. Penderita Selaput Dara Berlubang Mikro

Selaput dara berlubang mikro adalah kondisi di mana bukaan pada selaput dara penderitanya terlalu kecil. Hal ini sangat berpengaruh pada siklus menstruasi. Darah akan susah keluar bahkan tidak keluar sama sekali apabila bukaan pada selaput dara terlalu kecil.

Baca Juga: Selaput Dara Robek Tak Mesti Karena Hubungan Seksual

Perlukah Melakukan Operasi Hymenoplasty?

Perlunya menjalani operasi hymenoplasty bergantung kepada pribadi masing-masing. Karena selaput dara memiliki karakteristik yang sangat tipis sehingga mudah tersobek meskipun tidak melakukan hubungan seksual.

Beberapa hal yang bisa mengakibatkan robekan pada selaput dara yaitu aktivitas fisik yang berat,  olahraga menunggang kuda, bersepeda, dan juga proses pemeriksaan ginekologi yang melibatkan alat khusus yang dimasukkan pada lubang vagina.

Tindakan operasi ini diperlukan apabila Anda ingin memulihkan kondisi selaput dara yang tersobek entah itu secara sengaja ataupun tidak sengaja. Wanita yang pernah hamil juga bisa melakukan operasi ini untuk mengencangkan otot.

Pada kasus tertentu, wanita memiliki selaput dara yang karakteristiknya sangat elastis. Hal ini menyebabkan tidak adanya darah saat melakukan penetrasi seksual. Bahkan ada juga yang tidak memiliki selaput dara.

Dengan demikian, ada atau tidak adanya darah pada saat hubungan seksual pertama kali bukan sebagai tolak ukur wanita perawan atau tidak perawan. Jadi, secara medis operasi ini tidak mengembalikan keperawanan namun membantu memperbaiki kondisi selaput dara.

Prosedur Operasi Hymenoplasty

Operasi hymenoplasty atau operasi hymenoplasty dilakukan oleh ahli bedah di klinik atau rumah sakit. Operasi hymenoplasty tidak memakan waktu yang lama. Durasinya singkat yaitu hanya sekitar 25-45 menit saja. Biasanya prosedur operasi ini tidak perlu menjalani rawat inap.

Operasi perawan adalah prosedur yang sederhana. Sebelum dimulai, pasien akan melakukan posisi litotomi. Posisi litotomi adalah pasien berbaring dengan kedua kakinya dibuka, lutut yang agak ditekuk, dan tungkai kaki diangkat. Setelah itu dokter akan memberikan bius di tulang belakang pasien.

Setelah pemberian bius lokal pada pasien, dokter bedah akan mulai menjahit selaput dara yang telah robek ketika efek bius lokal sudah bekerja. Benang jahit yang digunakan adalah jenis benang yang bisa diserap tubuh.

Setelah operasi selesai, hasil jahitan akan diberi salep antibiotik dan selaput dara yang telah selesai dijahit dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Dokter juga akan meresepkan obat antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi setelah operasi.

Perawatan pasca operasi juga harus diperhatikan agar tidak terjadi infeksi. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan vagina, mengoleskan dan meminum obat antibiotik, serta menghindari melakukan hubungan seksual selama kurang lebih 4 minggu.

Proses pemulihan operasi hymenoplasty tergolong cukup cepat. Sebagian besar pasien bisa melanjutkan aktivitas normal beberapa hari setelah operasi. Kebanyakan wanita juga dapat melakukan hubungan seksual 2 sampai 4 minggu setelah prosedur operasi.

Baca Juga: Vaginoplasty Solusi Miss V Kembali Kencang & Menggigit

Biaya Operasi Selaput Dara di Jakarta

Biaya operasi selaput dara jauh lebih murah dibandingkan dengan operasi berat lainnya.

Anda bisa dengan mudah menemukan tempat untuk operasi hymenoplasty atau selaput dara dengan harga yang terjangkau. Anda juga bisa melakukan konsultasi gratis dengan dokter.

Kapan Harus Operasi Selaput Dara?

Operasi hymenoplasty atau selaput dara dapat dilakukan ketika Anda ingin memperbaiki selaput dara yang telah rusak atau sobek. Proses operasinya singkat dan harganya terjangkau.

Anda bisa mendatangi Klinik Operasi Hymenoplasty untuk melakukan operasi ini.

Tingkat keberhasilan operasi hymenoplasty sangat tinggi yaitu mencapai 98%. Meskipun begitu, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih klinik tempat operasi. Pastikan datang ke Klinik Kulit dan Kelamin terbaik dengan pelayanan yang baik dan ditangani oleh dokter yang profesional.

Hymenoplasty atau operasi perawan adalah cara baru untuk merawat diri sendiri. Anda harus mempertimbangkan dengan baik untuk melakukan operasi ini jika Anda benar-benar peduli dengan detail kecil di tubuh Anda.

Referensi:

Share: