Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Penis Gatal? Wah, Bisa Jadi Gejala dari Penyakit Kelamin Tuh!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

penis gatalPenis Gatal Halo Sahabat Pandawa semuanya! Gimana kabar kalian semua nih? Tak bosan-bosannya kami selalu mengingatkan Sahabat Pandawa sekalian untuk tetap menjaga kebersihan maupun kesehatan di mana pun berada! Sahabat Pandawa, kebersihan memang sangat penting untuk dijaga agar terhidar dari berbagai masalah dan gangguan kesehatan.

Nggak cuma kebersihan luar tubuh yang harus kamu perhatikan lho, tetapi juga daerah-daerah yang jarang terkekspos seperti area kelamin juga harus diperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Apabila area tersebut tidak selalu terawatt dengan baik, maka bisa jadi muncul gangguan dan masalah kesehatan di kelamin.

Ada banyak masalah dan gangguan yang dapat terjadi di kelamin bila tak telaten dalam merawatnya. Salah satu gangguan yang paling sering terjadi adalah penis gatal. Masalah ini pasti pernah dirasakan oleh semua pria di dunia ini. Rasa tidak nyaman dan percaya diri dapat muncul karena gangguan kesehatan ini.

Masalah ini sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor. Terdapat banyak faktor pemicu munculnya gangguan penis ini, mulai dari indikasi terkena penyakit menular seksual (penyakit kelamin), infeksi jamur kelamin, sampai dengan penyakit kulit di penis.

Nah Sahabat Pandawa, kami selalu berkomitmen untuk menghadirkan artikel dan juga informasi seputar kesehatan untuk kamu semua. Khususnya bidang kesehatan yang kami bahas adalah seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, edukasi seksual, dan juga tips trik seputar kecantikan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penis gatal, terutama mengenai apa penyebab dari gangguan ini. Oleh karena itu kamu harus menyimak artikel ini sampai selesai supaya mendapatkan informasi dan juga ilmu yang bermanfat. Daripada kelamaan, langsung aja yuk disimak artikelnya!

 

Penis gatal

Gatal pada penis merupakan sebuah kondisi yang cukup umum. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi yang ringan. Namun, ada kalanya penis yang gatal juga menandakan terkena infeksi menular seksual. Penis gatal juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lain, seperti infeksi jamur kelamin, penyakit kudis, pakaian yang terlalu ketat, reaksi alergi, ataupun terjadi gesekan pada kulit.

Gangguan pada penis ini biasanya secara keseluruhan dapat ditangani dengan tepat sesuai pemicunya. Gatal pada penis dapat diobati dengan obat bebas. Namun, jika rasa gatal terus berlanjut, mungkin ada penyebab lain yang memerlukan pemeriksaan medis lebih lanjut.

 

Penyebab penis gatal

Meskipun masalah ini adalah kondisi yang cukup umum, kamu tidak boleh meremehkan penis yang terasa gatal karena hal ini bisa menjadi sebuah indikasi dari penyakit yang berbahaya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab penis gatal yang seringkali terjadi:

 

  1. Infeksi jamur kelamin (kandidiasis)

Salah satu penyebab penis gatal yang paling sering terjadi adalah karena adanya infeksi jamur kelamin atau yang disebut dengan penyakit kandidiasis (candidiasis). Infeksi ini disebabkan oleh jamur Candida, terutama Candida albicans.

Biasanya penyakit ini menyerang wanita, tetapi bisa juga menyerang pria. Saat penyakit ini menyerang, penis bisa menjadi meradang dan gatal di kulit kepala penis. Dalam beberapa kasus, ruam dengan cairan putih yang tidak merata dapat keluar dari Mr. P saat gatal terjadi.

 

  1. Herpes kelamin (herpes genital/ herpes simpleks)

Selain infeksi jamur kandidiasis, masalah ini juga dapat diakibatkan oleh herpes kelamin atau herpes gential. Herpes kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang menimbulkan sensasi gatal di sekitar area kelamin, termasuk juga penis.

Herpes kelamin memiliki ciri-ciri yang dapat diketahui secara langsung. Tanda dan gejala yang paling menonjol dari penyakit ini adalah terdapat benjolan luka lepuh di sekitar area kelamin yang terasa gatal dan panas.

 

  1. Kutil kelamin (kondiloma akuminata)

Kutil kelamin adalah benjolan kecil yang tumbuh di sekitar alat kelamin dan di sekitar anus. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja yang aktif secara seksual. Kutil kelamin tak sama dengan kutil yang tumbuh di bagian tubuh lain karena kondisi ini termasuk ke dalam infeksi menular seksual.

Kutil kelamin berukuran kecil dan warna seperti kulit mungkin sedikit lebih gelap. Oleh karena itu, terkadang sulit untuk melihat kutil dengan mata telanjang. Kutil dapat tumbuh sendiri atau berkelompok dan membentuk struktur seperti brokoli.

 

  1. Balanitis (peradangan kepala penis)

Balanitis merupakan kondisi peradangan pada kulup atau kepala penis. Kondisi ini ditandai dengan kemerahan dan pembengkakan pada kepala penis akibat infeksi bakteri, infeksi jamur atau alergi.

Gejala dari masalah ini adalah kulit kepala penis ataupun kepala penis yang meradang. Peradangan balanitis ini menyebabkan Mr. P tampak kemerahan, membengkak, dan juga terasa gatal.

 

Baca juga: Buah Zakar Gatal? Waspada Terjangkit Infeksi Menular Seksual!

 

  1. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak terjadi ketika kulit bersentuhan dengan sesuatu yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Jika terjadi pada penis, kemungkinan besar disebabkan oleh penggunaan kondom lateks. Kondisi ini bisa menyebabkan penis gatal dan bengkak.

 

  1. Eksim

Eksim adalah sebuah penyakit kulit yang cukup sering terjadi. Eksim kering adalah penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal dan ruam. Ada banyak hal yang bisa memicu gejala eksim kering. Terkadang, eksim bisa terjadi di sekitar kelamin, terutama penis. Hal ini bisa menyebabkan penis gatal. Untuk meredakan gejala, perawatan rumahan sederhana atau perawatan dokter dapat dilakukan.

 

Cara mengatasi penis gatal

Kondisi ini adalah gejala dari sebuah penyakit atau gangguan kesehatan. Beberapa penyakit yang menyebabkan penis gatal bisa menjadi penyakit yang berbahaya, seperti penyakit menular seksual. Oleh karena itu, masalah ini tidak boleh dianggap remeh. Segera periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Kamu bisa mengunjungi KLINIK PANDAWA untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai masalah penis gatal ini. Kami memiliki dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman dalam mengatasi masalah kulit dan kelamin.

Bila Sahabat Pandawa ingin berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah yang kamu alami maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga bisa mengontak kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin. Kami tunggu kamu di KLINIK PANDAWA.