Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Kenali Ciri-ciri Kutil Kelamin Sebelum Penyebarannya Semakin Parah, Mirip Kembang Kol!

Table of Contents

ciri ciri kutil kelaminCiri ciri Kutil Kelamin – Hai Sahabat Pandawa semuanya! Bagaimana kabar kalian hari ini nih? Selalu tetap jaga kebersihan serta kesehatan ya Sahabat Pandawa, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani! Sahabat Pandawa, kamu pernah mengalami sesuatu yang aneh nggak di sekitar area kelamin kamu? Misalnya ada benjolan aneh yang terlihat berkumpul di daerah kemaluan.

Ya, memang kelamin merupakan organ yang cukup rawan terjangkit berbagai masalah dan juga penyakit. Ada banyak banget lho penyakit yang bisa menyerang organ vital dan area sekitarnya, mulai dari bakteri, virus, jamur, dan masih banyak lagi.

Biasanya hal ini diakibatkan karena kamu kurang menjaga kebersihan di area vital, jadinya penyakit mudah hinggap dan datang. Selain itu, gaya hidup seksual yang kurang sehat juga sangat berpengaruh dan berperan besar atas masalah yang terjadi di kemaluan kamu.

Salah satu contoh masalah yang bisa terjadi akibat gaya hidup seksual yang kurang baik adalah munculnya kutil di daerah kemaluan. Penyakit ini biasa disebut dengan kutil kelamin ataupun dalam istilah medisnya bernama kondiloma akuminata.

Ciri ciri kutil kelamin ialah munculnya beberapa bintil-bintil putih kecil yang sekilas mirip dengan kembang kol. Kutil ini bisa timbul secara menyebar, atau bisa juga bergerombol membentuk sekumpulan kutil yang menyerupai kembang kol.

Sahabat Pandawa, tak henti-hentinya kami terus memberikan informasi dan artikel kesehatan untuk kamu semua, khususnya seputar kesehatan kulit, kelamin, tips trik kecantikan atau estetika, dan juga edukasi seksual yang sangat bermanfaat.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyakit kutil kelamin, mulai dari pengertian kutil kelamin, ciri ciri kutil kelamin, penyebab kutil kelamin, dan juga cara menyembuhkan kutil kelamin. Oleh karena itu simak artikel ini sampai selesai ya!

 

Kutil kelamin

Kutil kelamin atau yang dalam istilah medisnya disebut dengan kondiloma akuminata merupakan sebuah kondisi saat daerah intim seseorang ditumbuhi oleh kutil. Ada berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab dari munculyna kutil kelamin. Biasanya masalah ini disebabkan oleh viru HPV (Human Papilloma Virus) jenis tertentu.

Ciri ciri kutil kelamin ialah terdapat bintil yang berwarna putih keabu-abuan atau berwarna senada dengan kulit. Ukuran serta jumlahnya pun bisa beragam, dapat kecil hingga besar, dan dapat tumbuh berkelompok atau satu pada area intim. Kutil kelamin bisa menimpa siapa pun, baik wanita maupun pria.

 

Ciri ciri kutil kelamin

Kutil kelamin berukuran sangat kecil, dengan warna senada dengan kulit atau juga sedikit lebih gelap. Oleh sebab itu, masalah ini terkadang sulit untuk bisa dilihat dengan kasat mata. Kutil dapat tumbuh sendiri (tunggal), dan dapat juga muncul secara berkelompok dan membentuk struktur yang menyerupai kembang kol.

Walau kadang tak tampak, gangguan ini tetap bisa menunjukkan sejumlah gejala. Beberapa di antaranya seperti gatal, terasa tak nyaman di area intim, terasa terbakar, nyeri, sampai dengan terjadi perdarahan ketika berhubungan badan.

Pada pria, kutil kelamin bisa terjadi di beberapa area seperti berikut ini:

  • Batang atau ujung penis
  • Kantung buah zakar
  • Selangkangan
  • Paha bagian atas
  • Sekitar atau di dalam anus.

Pada wanita, bintil kutil bisa terjadi di beberapa area ini:

  • Dinding vagina
  • Vulva (bagian luar vagina)
  • Daerah antara vagina dan anus (perineum)
  • Di dalam vagina atau di dalam anus
  • Leher rahim.

Selain pada kemaluan dan area di sekitar, masalah kutil kelamin pun bisa terjadi di lidah, bibir, mulut, ataupun tenggorokan. Umumnya kondisi ini terjadi akibat melakukan seks oral (menggunakan mulut) dengan orang yang sudah terinfeksi virus HPV.

 

Penyebab kutil kelamin

Tadi telah disebutkan beberapa ciri ciri kutil kelamin. Biasanya, kutil kelamin terjadi karena ada perkembangan virus HPV jenis tertentu. Menurut Badan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), terdapat lebih dari 100 macam virus HPV. Virus HPV 6 dan HPV 11 ialah penyebab lebih yang paling sering, dengan persentase hingga 90% kasus kutil kelamin.

Meskipun jenis virus HPV 6 dan HPV 11 adalah penyebab dari kutil kelamin yang paling sering, virus ini umumnya tidak mengakibatkan kanker. Jenis virus HPV 16 lah yang merupakan penyebab seringnya kasus kanker. HPV jenis 18, 31, dan 45 juga termasuk ke dalam jenis virus yang berisiko menyebabkan kanker, terutama kanker rahim (kanker serviks).

HPV merupakan virus yang sangat mudah menular. Virus ini bisa menular melalui kontak kulit. Hubungan seksual dengan penderita masalah ini adalah penyebab kasus penularan virus HPV yang paling kerap terjadi. Bahkan, hamper setengah dari orang yang berhubungan seksual juga mengidap jenis virus HPV tertentu, berdasarkan laporan dari American Academy of Dermatology.

Faktor risiko dari penyakit ini meliputi individu berumur 17–33 tahun yang masih aktif secara seksual, terlebih lagi bagi mereka yang berhubungan intim tanpa mengenakan kondom. Meski demikian, kondom tidak bisa melindungi seseorang terkena HPV 100%.

 

Cara mengatasi kutil kelamin yang efektif

Setelah membaca artikel ini kamu jadi lebih paham mengenai kutil kelamin, ciri ciri kutil kelamin, hingga penyebab penyakit ini. Nah, apabila pada diri kamu terdapat berbagai ciri ciri kutil seperti yang sudah disebutkan di atas tadi maka sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Kamu bisa mengunjungi KLINIK PANDAWA JAKARTA untuk melakukan pengobatan kutil kelamin. Kami mempunyai dokter spesialis kulit dan kelamin yang telah berpengalaman dalam mengatasi masalah kutil kelamin dan juga penyakit menular seksual lainnya seperti gonore, sifilis, herpes kelamin, dan juga klamidia.

Bila Sahabat Pandawa ingin berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah yang kamu alami maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga bisa mengontak kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.

Tag