Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Miss V Gatal? Segera Atasi Sebelum Terkena Komplikasi Berbagai Penyakit Berbahaya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

vagina gatalVagina Gatal – Oh iya Sahabat Pandawa, wanita merupakan makhluk yang spesial. Salah satu hal yang spesial dari wanita ialah organ reproduksinya yang ajaib dan kompleks. Sebab dari itu, seringkali wanita mengalami masalah dan gangguan pada area genital atau organ reproduksi mereka. Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada vagina atau miss V. Seperti vagina bengkak, vagina nyeri, dan juga vagina gatal. Namun, gangguan yang paling sering terjadi pada organ reproduksi wanita adalah vagina gatal. Gatalnya alat kelamin wanita ini bisa menjadi pertanda ada masalah di sana.

Miss V yang mengalami kegatalan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Ini bisa menjadi pertanda dari iritasi, infeksi bakteri, infeksi virus, infeksi jamur, ataupun bisa menjadi gejala dari penyakit-penyakit yang cukup berbahaya. Oleh karena itu, masalah ini tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan yang lebih serius.

Seperti biasa, kami selalu memberi informasi serta artikel kesehatan untuk kamu semua, terutama seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, edukasi seksual, dan juga tips trik seputar estetika (kecantikan).

Nah kali ini kita akan membahas mengenai masalah vagina gatal mulai dari pengertiannya, gejala yang berbahaya, mengatasinya, dan juga cara mencegahnya. Oleh karena itu kamu sebaiknya membaca artikel ini sampai selesai agar informasi yang kamu dapat bisa bermanfaat. Daripada berlama-lama lagi langsung aja yuk disimak Sahabat Pandawa!

Vagina gatal

Vagina gatal bisa menjadi gejala dari terjadinya iritasi, infeksi jamur, infeksi bakteri, infeksi virus, bahkan dapat pula menjadi pertanda dari gejala penyakit berbahaya. Terjangkit penyakit menular seksual, penggunaan bahan kimia, infeksi, sampai dengan stres bisa menjadi faktor pemicunya. Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi dan pencegahannya.

Gangguan ini adalah kondisi yang umum terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa serta cenderung tidak terlalu berbahaya. Walaupun begitu, bila masalah ini terus berlanjut hingga lebih dari beberapa hari atau disertai dengan munculnya gejala lain maka sebaiknya kamu segera memeriksakan keluhan ini ke dokter ginekologi atau dokter spesialis kulit dan kelamin.

8 Penyebab Vagina Gatal

Gatal pada vagina bisa  terjadi akibat satu atau kombinasi beberapa faktor pemicu. Oleh sebab itu, dokter perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apa penyebab pasti dari masalah ini. Berikut ini merupakan beberapa penyebab umum yang seringkali menjadi penyebab masalah ini:

  • Pemakaian bahan kimia

Pemicu gatal bisa akibat dari terkena berbagai bahan kimia yang terkandung di dalam sabun, kondom, krim, tisu, ataupun pembalut yang digunakan. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui kandungan bahan kimia yang ada pada berbagai benda tersebut.

  • Infeksi jamur sebabkan vagina gatal

Kondisi ini disebut juga dengan kandidiasis vagina. Kandidiasis vagina merupakan keadaan ketika jamur yang ada pada vagina dan vulva tumbuh secara tidak terkontrol. Infeksi ini lebih berisiko terjadi ketika wanita sedang mengandung, mengonsumsi antibiotik, aktif berhubungan seksual, dan saat sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun. Selain gatal, jamur juga akan mengakibatkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental.

  • Vaginosis bakterialis

Keberadaan bakteri-bakteri sehat di vagina merupakan sebuah hal yang normal. Akan tetapi sebaliknya, bakteri jahat bisa menyebabkan infeksi dan rasa gatal pada vagina. Selain gatal, biasanya vaginosis bakterialis disertai dengan gejala lain seperti rasa perih dan keluarnya cairan yang beraoma tidak sedap dari vagina.

  • Terkena penyakit menular seksual

Ada beberapa penyakit menular seksual yang bisa menimbulkan rasa gatal pada vagina. Beberapa di antaranya adalah seperti herpes genital, klamidia, trikomoniasis, dan gonore. Jika kamu merasakan gangguan ini maka sebaiknya melakukan cek laboratorium untuk memastikan penyakit menular seksual apa yang kamu idap.

  • Menopause

Menurunnya produksi hormon estrogen pada akhir masa reproduksi wanita dapat membuat dinding vagina menipis serta mengeringsehingga menyebabkan vagina menjadi gatal dan iritasi. Selain karena menopause, keadaan ini juga bisa terjadi pada perempuan yang sedang menyusui.

  • Lichen sklerosis sebabkan vagina gatal

Lichen sclerosis merupakan bercak putih yang muncul pada kulit di sekitar area kelamin. Kondisi yang cukup jarang terjadi ini biasanya dialami wanita setelah menopause. Penyakit kulit lainnya semisal eksim atau psoriasis juga bisa menimbulkan gatal.

  • Kanker vulva

Gatal juga dapat pertanda dari adanya kanker pada organ vital wanita, terutama kanker vulva. Jika kamu mengidap kanker vulva, maka sebaiknya kamu harus melalui serangkaian perawatan serta pengobatan. Pada keadaan ini, mungkin dokter akan merekomendasikan kamu untuk melakukan operasi pengangkatan kanker, tergantung tingkat stadium yang kamu alami.

Biaya operasi pengangkatan kanker vulva memang relatif mahal. Sebelum menjalani prosedur ini, sebaiknya kam menanyakan terlebih dulu dengan dokter mengenai kelebihan dan kekurangan dari pengangkatan kanker vulva.

  • Stres

Meski jarang terjadi, namun kedaan emosional yang tidak stabil bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga mengakibatkan tubuh lebih berisiko mengalami gatal dan iritasi. Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan yang membuat kamu merasa senang agar terhindar dari stress.

Waspadai gejala ini

Iritasi pada vagina biasanya bisa membaik dengan sendirinya. Bila tidak membaik, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Segera kunjungi dokter apabila gangguan gatal pada vagina diiringi dengan gejala-gejala seperti berikut:

  • Keluar cairan abormal dari vagina.
  • Terdapat bisul atau luka seperti sariawan pada bibir vagina.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Gejala-gejala abnormal lain tidak hilang hingga lebih dari satu minggu.
  • Gatal disertai pendarahan dan pembengkakan.

Periksakan Vagina Gatal di Klinik Pandawa

Apabila kamu merasa kondisi ini berlangsung hingga berhari-hari tanpa ada perubahan maka sebaiknya kamu segera menemui dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter ginekologi. Sebab, masalah ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi atau bisa jadi indikasi dari penyakit berbahaya.

Kamu dapat memeriksakan hal ini ke KLINIK PANDAWA untuk penanganan lebih lanjutnya. Kami memiliki dokter yang sudah berpengalaman dalam mengatasi berbagai masalah kelamin dan kewanitaan. Banyak pasien yang berhasil sembuh dan puas dengan pelayanan klinik kami.

Bila ingin berkonsultasi mengenai masalah kamu maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga bisa mengontak kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.