penyakit psoriasis

Penyakit Psoriasis, Gangguan Kulit Kering Bersisik yang Mirip dengan Eksim

penyakit psoriasisPenyakit Psoriasis – Halo Sahabat Pandawa semua! Gimana kabar kalian hari ini? Ingat ya, tetap jaga selalu kebersihan dan juga kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani di mana pun Sahabat Pandawa berada! Kebersihan memang penting untuk diperhatikan, apalagi di tengah kondisi wabah pandemi ini.

Terkadang, penyakit datang tidak hanya karena kita kurang menjaga kebersihan. Ada banyak faktor lain yang membuat kita bisa mengalami gangguan penyakit, seperti faktor bawaan misalnya. Terdapat beberapa penyakit kulit yang memang terjadi akibat bawaan keturunan, contohnya seperti eksim dan juga psoriasis.

Menyinggung mengenai penyakit psoriasis, ini merupakan sebuah penyakit kulit dengan kondisi terjadinya peradangan pada kulit. Biasanya gejala dari penyakit ini adalah munculnya ruam merah, kulit menebal, bersisik, terasa kering, dan mudah terkelupas.

Nah, seperti biasanya, kita akan memberikan kamu informasi serta artikel kesehatan, terutama mengenai kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips trick seputar estetika atau kecantikan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit psoriasis, yaitu gangguan peradangan pada kulit mulai dari pengertian, gejala, penyebab, dan juga cara mengatasinya. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyimak artikel ini sampai selesai supaya informasi yang kamu ambil bisa bermanfaat. Daripada kelamaan, mendingan langsung aja disimak yuk artikelnya Sahabat Pandawa!

Penyakit psoriasis

Penyakit psoriasis merupakan sebuah penyakit kulit dengan kondisi terjadinya peradangan pada kulit. Biasanya gejala dari penyakit ini adalah munculnya ruam merah, kulit menebal, bersisik, terasa kering, dan mudah terkelupas. Terkadang, gangguan ini juga diikuti dengan rasa gatal dan nyeri pada area yang meradang. Umumnya masalah kulit ini lebih sering terjadi di area sekitar lutut, siku, punggung bagian bawah, dan juga kulit kepala.

Psoriasis ialah jenis gangguan kulit yang bisa terjadi pada siapa pun, akan tetapi lebih sering terjadi pada orang berusia 15-35 tahun. Penyakit ini tidak menular sehingga kontak langsung dengan ruam di kulit pengidapnya tidak akan membuat orang lain terkena masalah ini juga.

Gejala penyakit psoriasis

Gangguan ini akan menimbulkan berbagai gejala yang muncul, berupa perubahan pada kulit, yaitu seperti berikut ini:

  • Muncul ruam yang terlihat semacam bercak berwarna merah.
  • Kondisi ruam terasa kering dan tebal.
  • Ruam menjadi bersisik dan berwarna putih keperakan.
  • Ruam dapat membuat kulit menjadi pecah-pecah dan mudah berdarah.

Ruam kulit pada penyakit psoriasis akan terasa gatal, nyeri, serta perih seperti sensasi terbakar. Ruam ini kebanyakan kasus muncul pada area siku, lutut, leher, kaki, tangan, wajah, serta kulit kepala.

Selain menyebabkan keluhan pada kulit, gangguan ini pun bisa membahwa dampak seperti keluhan pada kuku dan sendi. Kuku penderita penyakit psoriasis akan menebal dan pengidapnya bisa mengalami radang sendi atau yang disebut dengan psoriasis arthritis.

Gejala dari masalah ini akan berlangsung selama beberapa hari, bahkan beberapa minggu serta bersifat parah. Setelah itu, gejalanya bisa menghilang sepenuhnya. Gejala baru akan muncul lagi apabila terdapat faktor pemicu yang memicu timbulnya gejala.

Gejala penyakit psoriasis juga bisa bervariasi, tergantung dari jenis psoriasis yang diidap penderitanya. Jenis psoriasis yang seringkali terjadi ialah psoriasis plak. Kondisi ini diisyarati dengan munculnya bercak merah kering serta bersisik.

Ruam yang terjadi pun bisa pula menyerupai tetesan air, yang merupakan gejala dari psoriasis gutata. Selain jenis plak dan gutata, ada pula psoriasis pustular. Pada jenis pustular, ruam kulit yang timbul akan menjadi bernanah.

 baca juga :Penyakit Eksim: Pengertian, Gejala, Penyebab, Pengobatan

Penyebab penyakit psoriasis

Penyebab dari gangguan ini belum bisa diketahui secara pasti, akan tetapi dugaan yang paling kuat dari penyebab psoriasis ialah gangguan pada sistem kekebalan tubuh serta faktor bawaan keturunan.

Pada kondisi yang normal, sel kulit lama bakal mati dan tergantikan oleh sel kulit yang baru tiap beberapa minggu. Akan tetapi, pada pengidap penyakit ini proses pergantian kulit terjadi lebih cepat dari biasanya, yaitu setiap beberapa hari. Dampak yang timbulkan adalah terjadi penumpukan sel kulit mati serta muncul ruam psoriasis yang cukup khas.

Meksipun penyebab masalah ini sendiri belum bisa dipastikan, namun terdapat beberapa faktor yang diduga bisa memicu munculnya gejala penyakit psoriasis, antara lain seperti berikut ini:

  • Merokok.
  • Konsumsi minuman beralkohol.
  • Stres.
  • Kekurangan vitamin D.
  • Infeksi, seperti infeksi tenggorokan atau infeksi kulit.
  • Cedera kulit, seperti tergores, gigitan serangga, ataupun terbakar cahaya matahari.
  • Terjadi perubahan hormon pada tubuh, semisal pada wanita yang sedang dalam kondisi menstruasi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, sepeti lithium, obat untuk malaria, ataupun obat untuk hipertensi.
  • Cuaca terlalu dingin atau kering.

Cara mengatasi penyakit psoriasis di Klinik Pandawa Jakarta

Setelah membaca artikel ini kamu jadi mengetahui seputar penyakit psoriasis. Semoga artikel ini bis bermanfaat untuk kalian semua ya! Apabila kamu mengalami gangguan ini beserta gejala yang sudah dipaparkan di atas tadi maka sebaiknya kamu segera menemui dokter special kulit dan kelamin.

Kamu dapat mengunjungi KLINIK PANDAWA JAKARTA untuk melakukan pengobatan lebih lanjut mengenai masalah kamu ini. Kami mempunyai dokter spesialis kulit dan kelamin yang sudah berpengalaman dalam menangani masalah psoriasis dan juga penyakit kulit lainnya seperti dermatitis, eksim, dan juga kutil.

Bila Sahabat Pandawa ingin berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah kamu maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga bisa mengontak kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.

Newsletter

Subscribe

Subscribe to our newsletter to get the first information & Special offer every week.