Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Punya Bercak-bercak Putih di Kulit? Bisa Jadi Kamu Terkena Vitiligo, Segera Atasi!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Apa Itu Penyakit Vitiligo – Halo Sahabat Pandawa semua! Gimana kabar kalian semua hari ini nih? Semoga kamu dan juga semua Sahabat Pandawa di mana pun berada tetap diberikan kesehatan jasmani dan rohani dari Tuhan Yang Maha Esa ya! Sahabat Pandawa, indikator cantik menurut kamu apa sih? Kulit yang putih, rambut panjang, badan kurus, atau apa lagi?

Memang sebenarnya indikator kecantikan sangatlah subjektif karena bisa berbeda-beda setiap orang dalam menilainya. Ada yang mengatakan kalau cantik itu harus putih, ada juga yang mengatakan kulit gelap eksotis juga cantik. Namun, pandangan universal sepertinya lebih setuju dengan kulit yang bersih tanpa bercak.

Omong-omong soal bercak, ada banyak loh gangguan kulit yang bisa menimbulkan munculnya bercak-bercak pada tubuh, terutama wajah. Bercak ini bisa bermacam-macam, mulai dari warna kemerahan, kecokelatan, kehitaman, dan juga bercak putih. Kehadiran bercak ini bisa menganggu kecantikan seseorang.

Terdapat sebuah penyakit kelainan pada kulit yang bisa membuat penderitanya memiliki bercak-bercak putih pada kulitnya. Gangguan ini disebut dengan vitiligo. Vitiligo merupakan sebuah penyakit yang membuat warna kulit menjadi memudar sehingga terlihat beberapa bercak putih. Penyakit ini dapat muncul di bagian tubuh mana pun seperti wajah, punggung, tangan, dan kaki.

Pada dasarnya, penyakit ini tidak berbahaya. Akan tetapi, masalah ini cenderung menganggu “kecantikan” seseorang. Beberapa orang tidak percaya diri dengan gangguan kulit ini sehingga banyak yang memiliki keinginan untuk menghilangkannya.

Sahabat Pandawa, seperti biasanya nih kami akan terus memberikan artikel dan informasi kesehatan untuk semua Sahabat Pandawa, terutama seputar kesehatan kulit, kelamin, edukasi seks, dan juga tips trik estetika (kecantikan). Pada kesempatan kali ini kami bakal mengupas tuntas tentang ap itu penyakit vitiligo mulai dari pengertian, gejala, penyebab, dan juga cara menghilangkannya.

Oleh karena itu, sebaiknya Sahabat Pandawa memerhatikan artikel ini sampai selesai agar informasi yang kamu tangkap bisa bermanfaat. Yuk disimak!

Apa itu penyakit vitiligo?

Vitiligo merupakan penyakit yang mengakibatkan warna kulit menjadi memudar. Selain bisa terjadi pada area kulit mana pun di tubuh, pigmen warna yang memudar ini juga bisa terjadi di bagian dalam mulut, mata, dan juga rambut.

Vitiligo termasuk penyakit yang berlangsung dalam jangka panjang (kronis) dan diperkirakan terjadi pada 1 dari 100 orang. Meski bisa terjadi pada semua orang, vitiligo biasanya terjadi sebelum usia 20 tahun dan lebih jelas tampak pada orang yang berkulit gelap.

Gejala penyakit vitiligo

Gejala vitiligo ialah berupa munculnya bercak hipopigmentasi pada tubuh. Awalnya, bercak yang timbul berwarna lebih muda dari kulit, kemudian semakin lama akan memutih secara bertahap. Timbulnya bercak dimulai dari bagian tubuh yang kerap terkena sinar matahari seperti wajah, bibir, tangan, kaki, lalu menyebar ke bagian tubuh lain.

Gejala lain dari vitiligo meliputi berikut ini:

  • Hilangnya pigmen warna pada rambut, bulu mata, alis, dan janggut sehingga terlihat seperti beruban.
  • Hilangnya pigmen warna di bagian dalam mulut, hidung, bagian hitam mata, serta di area intim.
  • Pada beberapa kasus, bagian tengah bercak berwarna keputihan, sedangkan pinggirannya berwarna kecokelatan ataupun kemerahan.
  • Sejumlah pengidap akan merasa nyeri dan gatal di area kulit yang terkena gangguan ini.
  • Muncul ruam di daerah kulit yang terkena vitiligo setelah terpapar sinar matahari.

Bercak vitiligo biasanya muncul secara simetris di kedua sisi tubuh, lalu berkembang dan berhenti terus-menerus. Waktu penyebaran dan seberapa cepat bercak berhenti menyebar tidak bisa dipastikan. Pada kasus yang jarang terjadi, bercak hanya timbul di salah satu sisi tubuh lalu menyebar selama satu sampai dua tahun, setelah itu berhenti.

Segera temui dokter jika warna rambut, kulit, ataupun mata mulai memudar. Penanganan yang tepat pada tahap awal bisa memperlambat perkembangan penyakit ini.

baca juga : Penyakit Psoriasis, Gangguan Kulit Kering Bersisik yang Mirip dengan Eksim

Penyebab dan faktor risiko vitiligo

Kamu telah mengetahui apa itu penyakit vitiligo dan juga gejalanya. Selain itu kamu pun harus memahami penyebab dan faktor risiko dari penyakit ini. Warna kulit, mata, dan juga rambut dihasilkan oleh sel pigmen tubuh. Pada penderita penyakit ini, sel tersebut akan berhenti memproduksi warna (pigmen tubuh). Dampaknya, akan muncul bercak putih di kulit dan uban pada rambut.

Belum diketahui secara pasti mengapa sel pigmen bisa berhenti memproduksi zat pigmen tubuh, akan tetapi kondisi ini diduga terkait beberapa faktor berikut:

  • Kelainan genetik yang diturunkan.
  • Penyakit autoimun yang akan menghancurkan sel-sel tubuh sehat, termasuk juga sel pigmen tubuh.
  • Paparan sinar matahari, terpapar bahan kimia, ataupun stres juga diduga bisa memicu terjadinya vitiligo.

Cara mengatasi vitiligo di Klinik Pandawa Jakarta

Jika kamu menemukan gejala-gejala penyakit vitiligo seperti di atas maka kamu dapat menghubungi dokter kulit dan kelamin untuk melakukan konsultasi. Kami merekomendasikan kamu ke KLINIK PANDAWA untuk pemeriksaan lebih lanjut dan solusi untuk mengatasinya. Klinik Pandawa memiliki dokter kulit yang telah berpengalaman dalam menangani kasus vitiligo dan masalah kulit lainnya.

Bila kamu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pengobatan maka kamu dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga dapat menghubungi kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.