Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Penyakit Eksim: Pengertian, Gejala, Penyebab, Pengobatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

penyakit eksim

 

Penyakit Eksim – Halo-halo Sahabat Pandawa, bagaimana kabar hari ini? Semoga Sahabat Pandawa sekalian sehat selalu yah! Memang cukup penting menjaga kesehatan di masa-masa pandemik seperti ini, termasuk menjaga kesehatan kulit. Kulit yang sehat dan bersih akan terlihat lebih menarik di mata orang.

Dalam menjaga kesehatan kulit, tentunya terdapat beberapa penyakit yang selalu mengintai kulit Anda. Apabila Anda tidak benar dalam merawatnya maka bisa saja penyakit-penyakit kulit bisa menjangkit. Salah satu penyakit kulit yang mudah menjangkit ialah penyakit eksim.

Seperti biasanya, Klinik Pandawa akan memberikan informasi-informasi seputar kesehatan kulit, kelamin, dan estetika. Pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa akan membahas tentang penyakit eksim mulai dari pengertian, gejala, penyebab, dan pengobatan. Maka dari itu, simak terus artikel ini ya Sahabat Pandawa untuk penjelasan lebih lengkapnya. Yuk disimak!

Pengertian penyakit eksim

Eksim atau yang disebut juga dengan dermatitis atopik merupakan suatu penyakit yang membuat kulit menjadi kemerahan, gatal, kering, sampai terasa terbakar. Masalah ini biasanya lebih sering menimpa anak-anak, tetapi bisa juga menimpa orang dewasa.

Eksim umumnya banyak menyerang bagian kulit kepala, tangan, dan wajah (terutama pipi). Masalah tersebut tentunya bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman serta mengganggu penampilan Anda.

Penyakit ini tak sama dengan dengan penyakit kulit lainnya karena eksim bersifat kronis ataupun bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tak hanya itu, penyakit ini akan hilang-timbul ataupun kambuhan. Secara umum, pengidapnya yang mempunyai riwayat penyakit asma dan rintis alergi.

Gangguan ini juga sering menyerang bagian tubuh seperti tangan, kaki, lipatan paha, dan juga telinga. Sensasi gatal yang luar biasa bakal membuat penderitanya merasa ingin menggaruknya. Padahal, sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena bisa memicu infeksi lainnya.

Tak sampai di situ, dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan aktivitas dan tidur terganggu. Oleh karena itu, Sahabat Pandawa harus memahami secara mendalam mulai dari gejala, penyebab, sampai pengobatannya.

Gejala penyakit eksim

Eksim tidak selalu sama pada setiap orang. Banyak kasus yang menyebut bahwa penyakit ini kerap muncul di bagian wajah, kepala, leher, siku, pergelangan tangan atau kaki, lutut, sampai pada bagian vital lainnya.

Namun, kebanyakan kasus mengatakan bahwa penyakit ini bakal menimbulkan rasa gatal yang luar biasa di malam hari sehingga dapat mengganggu tidur dan aktivitas yang dilakukan pada malam hari.

Pada beberapa kasus, gangguan eksim bakal menghilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Namun, banyak juga yang akan mengidap penyakit ini secara berkepanjangan hingga seumur hidupnya.

Berikut adalah beberapa gejala penyakit eksim yang bisa muncul:

  • Kulit terasa kering.
  • Muncul warna kemerahan di sekitar kulit seperti di bagian tangan, dada, kaki, dan juga kelopak mata.
  • Kulit terasa gatal (bertambah parah di malam hari).
  • Bila terkena eksim atopik, kulit bakal menebal, pecah-pecah, dan bersisik.
  • Terdapat benjolan yang berisi nanah, lalu akan pecah ketika digaruk dan menjadi infeksi atau luka.
  • Umumnya kulit akan membengkak, lebih sensitif, serta terasa perih akibat garukan.
  • Sensasi tidak nyaman serta penyebaran ruam ini umumnya bakal berlangsung selama tiga minggu.
  • Pada bayi dan juga anak-anak, sensasi gatal yang hebat tersebut akan membuat mereka menjadi rewel dan gelisah.

baca juga : Penyakit Psoriasis, Gangguan Kulit Kering Bersisik yang Mirip dengan Eksim

Penyebab penyakit eksim

Sebenarnya, penyakit ini belum dapat diketahui dengan pasti apa yang menjadi penyebabnya. Akan tetapi, banyak ahli yang menduga bahwa eksim terjadi akibat ketidakmampuan sel kulit untuk memperbaiki kerusakan karena adanya mutasi gen filaggrin.

Selain itu, penyakit ini umumnya dapat menurun di keluarga meskipun tidak selalu seperti itu. Gangguan kulit ini sebenarnya hampir sama dengan reaksi alergi karena hal dipicu oleh faktor yang berasal dari dalam ataupun luar tubuh. Hal inilah yang membuat kulit timbul ruam kemerahan dan gatal.

Berikut beberapa penyebab orang dapat terjangkit penyakit yang satu ini:

  • Mengalami penurunan jumlah ataupun bentuk protein yang disebut dengan filaggrin di kulit. Protein ini berguna untuk mempertahankan kulit agar tetap terhidrasi dengan normal.
  • Mempunyai alergi terhadap makanan, cuaca, ataupun benda-benda tertentu.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Faktor genetik, yaitu orang tuanya memiliki riwayat penyakit ini.
  • Mempunyai kulit yang kering, mudah berkeringat, dan juga kebiasaan menggaruk.
  • Menggunakan sabun ataupun skincare yang mengandung zat kimia penyebab iritasi kulit.
  • Faktor cuaca yang terlalu kering ataupun terlalu dingin.

Pengobatan eksim di Klik Pandawa Jakarta

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sahabat Pandawa sekalian. Setelah membaca artikel ini, jika Anda menemukan adanya gejala-gejala eksim pada tubuh Anda maka segeralah konsultasikan kepada dokter kulit.

Salah satu klinik yang memiliki dokter kulit berpengalaman adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa sudah sangat ahli dalam menangani pasien eksim dan juga penyakit kulit lainnya. Telah banyak pasien yang berhasil sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS.Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.