Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

7 Jenis Psoriasis yang Bisa Mengancam Kesehatan Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Setiap orang pasti menginginkan kulit yang sehat dan jauh dari segala masalah penyakit kulit. Tetapi sayangnya sebagai organ tubuh terluar, kulit rentan sekali alami masalah seperti penyakit kulit eksim dan psoriasis. Apalagi penyakit psoriasis yang akan kita bahas ini punya banyak jenisnya. Dan rata-rata beberapa jenis psoriasis mempunyai gejala atau tanda yang berbeda-beda.

jenis psoriasis dan tandanya

Mengenal penyakit kulit psoriasis

Untuk sahabat pandawa yang belum tahu dan mengenal, gangguan psoriasis merupakan penyakit kulit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel kulit baru yang terlalu cepat sehingga sering kali dijumpai kulit mengelupas, bersisik, tebal, dan beruam merah.

Gangguan kulit ini termasuk penyakit autoimun yang belum diketahui pasti penyebabnya. Selain karena masalah sistem kekebalan tubuh, psoriasis biasanya muncul dipicu oleh berbagai faktor baik dari dalam diri maupun lingkungan.

 

Seberapa umumkah penyakit ini?

Penyakit kulit ini cukup umum terjadi dan di temukan pada lingkungan sekitar, dan rata-rata biasanya terjadi pada orang dewasa. Wanita dan pria sama-sama rentan untuk terkena penyakit kulit ini. Kamu bisa mengurangi peluang terinfeksi dengan mengurangi penyebabnya.

Penyakit Psoriasis, Gangguan Kulit Kering Bersisik yang Mirip dengan Eksim

Gejala dan Jenis Psoriasis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tiap jenis psoriasis bisa memiliki gejala atau tanda yang berbeda-beda. Adapun beberapa gejala dan jenis psoriasis yang wajib kamu tahu, diantaranya:

  1. Jenis Psoriasis Vulgaris atau plak

Jenis psoriasis ini merupakan jenis psoriasis yang paling umum terjadi. Dihimpun dari american academy of dermatology, berikut beberapa gejala dan tanda-tandanya.

  • Ruam merah pada kulit dengan sisik tebal berwarna perak.
  • Lapisan kering, tipis, dan berwarna putih keperakan yang menutupi plak.
  • Paling sering muncul di kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bawah.
  • Kulit kering dan pecah-pecah hingga berdarah.
  • Rasa gatal dan terbakar pada area yang terkena.
  1. Jenis Psoriasis Kuku

Meskipun bukan yang utama, tetapi psoriasis kuku juga merupakan akibat dari psoriasis. Gejala dan tanda dari jenis psoriasis ini berupa perubahan warna kuku, muncul cekung kecil, pertumbuhan kuku abnormal dan kuku mudah lepas. Psoriasis jenis ini rentan terjadi pada bagian kuku yang mengalami cedera dan berbeda dengan jamur kuku.

  1. Psoriasis Inversa

Jenis psoriasis ini biasa ditemukan di area lipatan kulit seperti ketiak, alat kelamin dan lipatan bokong. Gangguan kulit jenis ini dipicu oleh infeksi jamur kulit.

Kehadirannya ditandai dengan tanda dan gejala seperti sebagai berikut.

  • Ruam merah yang terlihat halus di kulit.
  • Peradangan pada kulit yang akan memburuk saat bergesekan dan berkeringat.
  • Munculnya lapisan putih keperakan yang sangat tipis.
  • Kulit terasa nyeri.
  1. Psoriasis pustular

Jenis psoriasis pustular ini ditandai ruam-ruam merah yang bisa melepuh dan berisi nanah. Ruam bisa muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk muncul secara berkelompok di tangan, kaki dan ujung jari. Lepuhan berisi nanah bisa menghilang dan meninggalkan bekas luka (koreng). Gejala pengidap psoriasis ini seperti demam, menggigil, ruam terasa gatal, hingga penurunan berat badan.

  1. Psoriasis Eritrodermik

Jenis psoriasis eritroderma ini termasuk kasus langka yang jarang menyerang dan ditemui. Masalah kesehatan yang satu ini biasanya membuat tumbuh dipenuhi dengan ruam-ruam merah mengelupas yang gatal dan terasa seperti terbakar.

  1. Psoriasis Gutata

Jenis psoriasis gutata merupakan gangguan kulit yang sering muncul di usia anak-anak hingga remaja. gangguan kulit ini biasanya dipicu oleh infeksi bakteri seperti radang tenggorokan.

Kemunculan jenis ini ditandai dengan adanya benjolan-benjolan kecil di kulit secara tiba-tiba. Seringnya benjolan ini menutupi sebagian besar tubuh, kaki, dan lengan. Terkadang ada juga muncul di kulit kepala, wajah maupun telinga.

  1. Psoriasis arthritis

Tak hanya peradangan di kulit, jenis psoriasis ini seringnya bisa membuat sendi terganggu seperti membuat bengkak bahkan nyeri. Meski tidak sampai melumpuhkan, jenis yang satu ini bisa membuat sendi terasa kaku dan rusak secara bertahap. Sehinhha, seseorang berisiko tinggi alami kelainan sendi secara permanen.

Terkadang, gejala ini sulit dibedakan dengan penyakit infeksi jamur. Padahal bila diamati lebih jelas, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya.

Ciri khas gangguan kulit ini merupakan timbulnya sisik berwarna keperakan, yang mana hal ini tidak muncul pada bercak yang disebabkan oleh infeksi jamur. Selain itu, bagian tengah pada lesi dari infeksi jamur kerap terlihat bersih, sedangkan bagian pinggirannya masih terlihat aktif dan terasa gatal. Hal ini juga kerap disebut central healing.

Kenali Berbagai Jenis Penyakit Kulit Berbahaya Sebelum Terjadi Komplikasi

Kapan harus ke dokter?

Apabila kamu mengalami gejala-gejala di atas atau menemukan keanehan lain di kulit, temui dokter ahli untuk lakukan pemeriksaan. Bicarakan dengan dokter seputar keluhan kamu dan dapatkan pengobatan yang tepat.

Kini kamu tak perlu khawatir lagi, kamu bisa berkonsultasi gratis bersama dokter ahli Klinik Pandawa. Melalui WA/TLP/SMS di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Semua data pasien terjamin kerahasiaannya.