Search
Close this search box.

Persamaan Gonore dan Sifilis, Apa Saja? – Klinik Kulit dan Kelamin

Gonore dan sifilis merupakan penyakit menular seksual yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Namun meski populer, banyak yang masih bingung untuk membedakan kedua penyakit ini. Kenapa? Pasalnya dua penyakit ini meskipun sangat berbeda namun memiliki sejumlah kesamaan.

Beberapa persamaan gonore dan sifilis ini bahkan cenderung membuat masyarakat bingung. Lantas apa saja persamaan gonore dan sifilis yang bisa Anda ketahui? Berikut pembahasan lengkapnya untuk dibahas secara detail.

1. Sama-sama Penyakit Menular Seksual

Gonore dan sifilis memiliki kesamaan yaitu masuk ke dalam salah satu klasifikasi penyakit menular seksual. Bahkan keduanya merupakan masuk ke dalam penyakit menular seksual utama alias penyakit menular seksual yang sering beredar di masyarakat.

Gonore merupakan infeksi yang disebabkan bakteri menular seksual yang menginfeksi pria dan wanita. Gonore sering mempengaruhi tenggorokan, rektum, dan uretra.

Di sisi lain, sifilis merupakan infeksi bakteri yang juga disebabkan lewat kontak seksual dan juga bisa menyebar lewat hubungan seksual.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Artikel Lainnya: 6 Penyakit Menular Seksual yang Umum

2. Sama-sama Bisa Menginfeksi Bayi

Baik gonore maupun sifilis juga bisa menginfeksi bayi jika bayi tersebut dikandung oleh ibu penderita sifilis atau gonore. Untuk ibu penderita gonore, biasanya bayi bisa terinfeksi di bagian mata. Di sisi lain, buat silifis, bayi biasanya bisa trtular lewat plasenta atau ketika proses kelahiran terjadi.

Di satu sisi, bayi yang lahir dari ibu yang terkena sifilis umumnya tidak menunjukan gejala. Tapi di tingkat yang parah, bayi yang tertular gonore bisa mengalami ketulian, kelainan bentuk gigi dan hidung pelana.

Tidak hanya itu, bayi yang lahir dengan sifilis juga bisa lahir prematur, meninggal di dalam kandungan, atau meninggal setelah lahir.

3. Keduanya Sama-sama Menyebabkan Ruam di Tubuh

Kedua penyakit ini juga memiliki kesamaan yaitu sama-sama menyebabkan ruam di tubuh. Untuk kasus sifilis, ruam biasanya terjadi di tahap sekunder. Ketika di tahap primer sifilis tidak diobati, maka penyakit ini akan naik tingkat ke tahao sekunder.

Ruam biasanya akan lebih dulu hadir di batang tubuh yang akhirnya menutupi seluruh tubuh Anda, bahkan di telapak tangan dan kaki Anda.

Ruam pada sifilis juga sifatnya tidak gatal namun bisa disertai luka seperti kutil di mulut atau area genital Anda.

Untuk gonore, ruam disebabkan karena infeksi yang bisa menyebar ke persendian dan area lain di tubuh Anda. Bakteri tersebut bisa menyebar lewat aliran darah serta menginfeksi tubuh Anda.

Ruam adalah salah satu hasilnya ketika infeksi menyebar, diserta dengan demam, luka kulit, bengkak, kaku, dan nyeri sendi.

Baca Juga: Contoh Ruam Sifilis dan Perbedaan dengan Ruam Kulit Jerawat

4. Sama-sama Diobati dengan Antibiotik

Sifilis seperti yang kita ketahui merupakan penyakit yang bisa disembuhkan dengan suntikan antibiotik berupa penisilin atau antibiotik sejenis.

Hal ini juga berlaku untuk gonore di mana penyakit ini bisa disembuhkan juga dengan suntikan antibiotik.

Jika sifilis menggunakan penisilin, maka antibiotik yang biasa digunakan untuk mengobati gonore adalah antibiotik ceftriaxone (suntikan) dan azitromisin oral (Zithromax).

Jika Anda alergi terhadap antibiotik sefalosporin, seperti ceftriaxone, Anda mungkin diberikan gemifloxacin oral (Faktif) atau gentamisin suntik dan azitromisin oral.

Apabila Anda mengalami gejala yang mirip-mirip seperti gonore dan sifilis, maka ada baiknya Anda melakukan konsultasi ke Klinik Kelamin terbaik yaitu Klinik Utama Pandawa.

Klinik Pandawa merupakan Klinik Kulit dan Kelamin terbaik dan terpercaya dengan dokter spesialis yang berpengalaman, ditunjang dengan fasilitas lengkap berteknologi canggih, Anda tidak perlu khawatir ketika melakukan pengobatan terkait gonore dan sifilis.

Baca Juga:

Ada bisa melakukan konsultasi secara online atau datang ke Klinik Utama Pandawa di Gedung Baja Tower B, Lt. GF2, Jl. Pangeran Jayakarta No.55, RT.1/RW.9, Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Referensi:

Share: