Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Pernah Mengalami Kencing yang Terasa Panas? Waspada Terkena Penyakit Kelamin!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

kencing panasKencing Panas – Sahabat Pandawa, kalian pernah merasakan gangguan buang air kecil yang cukup mengganggu nggak, seperti kencing panas? Memang terdengar aneh, tapi inilah yang bisa dialami semua orang dewasa. Sistem urinaria atau yang dikenal saluran kemih terdiri dari beberapa organ dan juga jaringan, mulai dari ginjal, kandung kemih, ureter, sampai dengan uretra. Terkadang, seringkali terjadi gangguan atau masalah di sistem urinaria ini. Beberapa gangguan ini bisa menandakan terjadi infeksi ringan hingga indikasi penyakit menular seksual lho!

Salah satu masalah di sistem pembuangan urine adalah kencing yang terasa panas. Tak jarang orang mengalami gejala ini. Ternyata, suhur urine yang tinggi dapat menjadi gejala dari sebuah penyakit yang menyerang saluran kemih ataupun alat kelamin.

Sahabat Pandawa, kita selalu memberikan informasi dan juga artikel kesehatan untuk kalian semua. Terutama artikel yang kami sajikan seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, dan sex education, dan juga tips trik kecantikan atau estetika.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kencing panas yang dapat menjadi pertanda bahwa ada masalah di saluran kemih. Kita akan kupas tuntas mulai dari pengertian, gejala, penyebab, bahaya, sampai dengan cara mengatasinya. Daripada berlama-lama lagi langsung aja yuk disimak artikelnya!

 

Kencing panas

Biasanya orang buang air kecil setiap hari. Dapat dikatakan bahwa buang air kecil adalah suatu keharusan. Jika tidak, bisa diartikan ada organ di dalam tubuh yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Pernahkah kamu mengalami masalah saat buang air kecil seperti dengan suhu urine lebih tinggi dari biasanya?

Banyak orang yang percaya bahwa kencing panas terkait dengan rutinitas minum air panas. Terlepas dari suhu air yang kita minum, panas atau dingin, suhunya dengan cepat menyesuaikan dengan suhu internal tubuh.

Artinya ketika masuk ke lambung atau dikeluarkan melalui urine, suhunya akan sesuai dengan suhu tubuh kita, bukan seperti saat minum. Namun, kencing panas bisa jadi pertanda gangguan kesehatan, lho!

BACA JUGA: JANGAN DISEPELEKAN BILA LUKA MUNCUL DI AREA DUBUR, WASPADA INFEKSI KELAMIN

Gejala kencing panas

Rasa panas saat buang air kecil bisa terasa menyakitkan dan bahkan bisa membuat orang tersebut menahan kencingnya. Tentunya hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa gejala dari masalah ini:

  • Pembengkakan pada alat kelamin atau uretra
  • Keluarnya cairan dari vagina atau penis
  • Demam
  • Urine berbau tidak enak
  • Kebutuhan untuk buang air kecil meningkat
  • Kesulitan buang air kecil
  • Disertai mual dan muntah
  • Sakit punggung atau perut

Bagaimana cara mengatasinya? Perawatan urine panas tergantung pada penyebab yang mendasari. Karena urin bisa menjadi panas karena berbagai alasan, dan banyak diagnosis memiliki gejala yang sama, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba pengobatan rumahan.

Lantas apa saja penyebab kesehatan yang bisa menyebabkan kencing panas?

BACA JUGA: KENALI GEJALA SIFILIS SEKUNDER MUNCUL RUAM-RUAM PADA TUBUH

Berbagai penyebab kencing panas

Masalah ini seringkali dikaitkan dengan berbagai penyakit yang menyerang area intim dan sekitarnya. Berikut ini adalah berbagai penyebab buair air kecil yang terasa panas:

  • Infeksi saluran kemih (ISK)

Salah satu gejala awal yang umum dan paling sering terjadi adalah infeksi saluran kemih (ISK) di mana rasa kencing panas atau perih saat buang air kecil. Meski pun lebih sering terjadi pada wanita, pria juga bisa mengalami gangguan ini. Penyebab utama infeksi saluran kemih adalah bakteri, seperti E. coli yang masuk ke saluran kemih kita.

Tidak hanya kencing panas, kamu pun bisa mengalami gejala lain seperti tidak tuntasnya buang air kecil yang menyebabkan sering buang air kecil, bau urine tidak sedap, dan buang air kecil yang disertai dengan darah. Jika infeksi saluran kemih tidak kunjung sembuh, kemungkinan peradangan ini bisa menyebar ke ginjal dan menyebabkan efek kesehatan yang jauh lebih parah.

 

  • Infeksi di sekitar area kelamin

Pada wanita, infeksi dapat disebabkan oleh jamur atau kuman penyebab vaginitis atau peradangan vagina dan juga vulvodynia. Sedangkan infeksi organ kelamin pada pria bisa disebabkan oleh peradangan pada epididimis atau yang dikenal dengan epididimitis dan radang prostat (prostatitis). Infeksi ini dapat menjadi salah satu faktor kencing panas.

Epididimis adalah tabung yang berisi sperma di testis. Infeksi atau peradangan pada tabung ini dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil. Pria dengan epididimitis juga mungkin mengalami pembengkakan di sekitar testis, nyeri pada penis atau testis, dan demam. Kondisi yang menyakitkan ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau pembedahan, dan dapat diobati dengan antibiotik dan istirahat.

 

  • Penyakit menular seksual (PMS)

Jenis penyakit menular seksual tertentu seperti klamidia sebenarnya juga bisa menjadi penyebab dari rasa panas dan nyeri saat buang air kecil. Klamidia juga dapat menyebabkan keluarnya cairan dari vagina atau penis, dan pada pria, dapat menyebabkan testis bengkak atau nyeri.

Mereka yang menjalani kehidupan seks yang berbahaya atau sering berganti pasangan rentan terhadap infeksi menular seksual. Siapapun yang pernah melakukan hubungan seksual dapat tertular PMS meskipun hasil tesnya negatif. Beberapa orang dengan PMS acuh tak acuh dalam jangka waktu lama, sehingga mereka dapat mengidap PMS tanpa indikasi. Tidak ada gejala bukan berarti kamu tidak mengidap penyakit ini.

 

Bahaya komplikasi kencing panas

Bagi kamu yang aktif secara seksual dan kerap bergonta-ganti pasangan maka risiko menerima penyakit menular seksual akibat seks bebas akan meningkat. Jadi, jika tidak ditangani dengan baik, kamu dapat terkena masalah ini. Gangguan ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti infeksi saluran kemih hingga penyakit menular seksual yang sangat berbahaya.

BACA JUGA: Nyeri saat Buang Air Kecil? Waspada Pertanda Infeksi Berbahaya di Kelamin

Cara mengatasi kencing panas

Sahabat Pandawa, bila kamu mengalami gejala dari kencing panas dan cukup tersiksa maka sebaiknya berkonsultasi dengan praktisi kesehatan tepercaya. Lebih baik segera melakukan pemeriksaan sebelum kamu mengalami berbagai komplikasi yang mengerikan.

Kamu dapat mengunjungi KLINIK PANDAWA untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli kami yang sudah profesional dalam menangani berbagai pasien dengan masalah serupa. Sudah banyak pasien kami yang sembuh dan puas dengan pelayanan klinik kami.

Jika kamu membutuhkan informasi dan penjelasan lebih lanjut, konsultasikan dengan konsultan medis kami secara gratis melalui KONSULTASI GRATIS atau hubungi 0821-1141-0672 / 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Semua rahasia medis dijamin.