Bentuk Miss V seperti Jengger Ayam – Klinik Kulit Kelamin

Perubahan bentuk miss v yang seperti jengger ayam tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman dan kekhawatiran pada wanita. Selain itu, bentuk miss v seperti jengger ayam juga akan membuat tingkat kepercayaan diri menurun. Berikut ini hal yang harus diperhatikan untuk mengatasinya.

Apakah Bentuk Vagina seperti Jengger Ayam Itu Normal?

Bentuk miss v yang berubah seperti jengger ayam tentunya menimbulkan pertanyaan tersendiri bagi para wanita. Apalagi kejanggalan karena perubahan tersebut langsung akan membuat seseorang merasa khawatir.

Jengger ayam sendiri memiliki iri bentuknya cukup panjang dan keriput yang menyerupai kulit ringan. Perubahan tersebut akan mengganggu tampilan vagina yang tidak lagi seperti keadaan normal. Kondisi ini perlu diwaspadai oleh wanita dan harus segera diatasi agar tidak mengganggu rasa percaya diri.

Namun, apabila bentuk vagina yang seperti jengger ayam tersebut telah terjadi sejak lahir, berarti merupakan bentuk anatomi tubuh. Kondisi bentuk vagina tersebut bisa diatasi asalkan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis.

Artikel Lainnya: Ciri-Ciri Kutil Kelamin yang Tidak Berbahaya

Penyebab Bentuk Vagina seperti Jengger Ayam

Perubahan bentuk miss v seperti jengger ayam bisa terjadi karena beberapa jenis penyebab. Salah satunya adalah adanya indikasi bahwa seorang wanita terkena penyakit menular seksual. Berubahnya bentuk vagina seperti jengger ayam ini bisa disebabkan oleh kondiloma akuminata.

Penyakit tersebut biasa disebut sebagai kutil kelamin yang bentuknya menyerupai jengger ayam. Infeksi kondiloma akuminata ini disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Penyakit ini dapat terjadi karena seorang wanita melakukan hubungan seksual yang beresiko.

Hubungan seksual secara bergonta-ganti pasangan tanpa menggunakan kondom bisa menyebabkan penyakit kutil kelamin. Perubahan ini diawali dengan bentuk vagina yang menyerupai kembang kol berukuran kecil, lalu kian membesar menyerupai jengger ayam.

Penyebab lain bentuk miss v berubah seperti jengger ayam, yaitu penggunaan sex toys yang tidak bersih. Kondisi perubahan miss v yang seperti jengger ayam tersebut juga bisa terjadi karena aktivitas seksual secara anal.

Apabila perubahan bentuk vagina tersebut dibiarkan bisa bertambah parah karena dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita. Hal ini karena infeksi virus HPV bisa menimbulkan perubahan pada struktur sel vagina yang terjangkit dan menjadi komplikasi.

Kondiloma akuminata ini ditandai dengan vagina yang bentuknya seperti lipatan jengger ayam. Hal ini bisa menyerang pada wanita mulai dari usia 15 hingga 30 tahun. Secara umum, penularan ini terjadi karena adanya hubungan seksual dengan berganti pasangan dan tidak menggunakan kondom.

Tak hanya itu saja, wanita yang memiliki gangguan imunitas karena mengkonsumsi obat tertentu juga bisa menjadi penyebab miss v seperti jengger ayam. Selain itu, kelainan ini juga dapat ditularkan dari ibu ke bayi melalui proses persalinan.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Apakah Bentuk Miss V Menyerupai Jengger Ayam Bisa Diobati Secara Alami?

Perubahan bentuk miss v seperti jengger ayam cukup mengkhawatirkan bagi wanita dan hendaknya segera diobati. Ada beberapa cara alami mengobati infeksi ini melalui penggunaan obat herbal. Simak ulasan lengkap berikut mengenai cara mengobati bentuk vagina seperti jengger ayam secara alami.

1. Witch Hazel

Cara pertama adalah menggunakan witch hazel yang berasal dari ekstrak tanaman semak hamamelis virginiana. Ekstrak tanaman ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan dan astringent tinggi yang kaya akan manfaat bagi kulit sensitif.

Salah satu khasiat utama dari witch hazel, yaitu mengatasi iritasi pada kulit sensitif dan efeknya lebih lembut. Bahan alami ini juga terbilang ampuh untuk mengatasi kulit terbakar karena paparan sinar matahari berlebih, bersisik, gatal, dan kemerahan.

Witch hazel memiliki efek anti radang karena kandungan polifenol yang cukup tinggi. Akan tetapi, bahan alami ini tetap tidak boleh diaplikasikan langsung ke area vagina bagian dalam dan mukosa. Selain itu, pengobatan perubahan bentuk vagina tersebut sebaiknya tetap dalam pengawasan dokter.

2. Tea Tree Oil

Berikutnya, ada tea tree oil berupa minyak esensial dari daun melaleuca alternifolia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Tea tree oil dikenal sebagai salah satu jenis bahan produk perawatan kulit yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengurangi gejala iritasi.

Minyak esensial ini memiliki kandungan antimikroba yang bisa digunakan untuk meminimalisir infeksi virus, salah satunya penyakit jengger ayam pada vagina. Namun, penggunaannya tidak boleh secara sembarangan karena tea tree oil memiliki efek panas.

Penggunaan tea tree oil sebaiknya disertai dengan konsultasi dokter sebelum mengoleskannya ke bagian tertentu. Bahan alami tersebut bisa membantu mengatasi perubahan bentuk vagina seperti jengger ayam, tetapi dengan takaran yang tepat.

3. Ekstrak Teh Hijau

Satu lagi cara mengobati perubahan bentuk vagina seperti jengger ayam, yakni menggunakan ekstrak teh hijau. Hal ini karena ekstrak teh hijau mengandung zat polyphenon E dan sinecatechin yang tinggi untuk mengobati kutil pada kelamin.

Cara menggunakannya, yaitu mengoleskan campuran ekstrak teh hijau dan minyak kelapa ke bagian kutil kelamin. Akan tetapi, penggunaannya tetap harus hati-hati karena bisa menimbulkan rasa perih dan iritasi pada kulit di area organ intim.

Baca Juga: Macam-Macam Kutil Kelamin

Cara Mengobati Bentuk Vagina seperti Jengger Ayam

Bentuk Miss V Seperti Jengger Ayam 2
Ilustrasi Bentuk Miss V seperti Jengger Ayam

Selain menggunakan bahan alami, bentuk miss v seperti jengger ayam juga bisa diatasi secara medis melalui bantuan dokter ahli. Pasien bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk menemukan solusi atas permasalahan ini. Berikut ini penjelasan cara mengobati bentuk vagina seperti jengger ayam.

1. Melakukan Operasi atau Pembedahan

Cara pertama yang bisa digunakan dan terbilang paling ampuh untuk mengatasi vagina seperti jengger ayam, yaitu dengan melakukan operasi. Tindakan operasi ini akan dilakukan oleh dokter spesialis yang sudah memiliki prosedur medis khusus.

Tindakan operasi ini bisa dilakukan apabila penyakit kutil kelamin tersebut tidak dapat diatasi dengan obat. Prosedur operasi untuk mengatasi bentuk vagina seperti jengger ayam juga bervariasi tergantung hasil akhir yang ingin didapatkan.

Jenis pertama adalah operasi yang menggunakan sinar laser untuk menghilangkan kutil kelamin. Ada juga operasi kauterisasi untuk menghilangkan kutil kelamin menggunakan arus listrik.

Pengobatan juga bisa dilakukan melalui eksisis dimana dokter akan melakukan pembedahan untuk menghilangkan kutil.

Penyakit ini juga bisa diatasi menggunakan operasi cryosurgery berupa prosedur membengkokan kutil kelamin menggunakan nitrogen cair. Jenis pembedahan yang dipilih tentunya akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien,

Meskipun perubahan bentuk vagina seperti jengger ayam bisa diobati melalui operasi, namun harus tetap diwaspadai agar tidak menimbulkan efek berbahaya. Sebab, permasalahan pada kelamin wanita ini bisa meningkatkan resiko kanker serviks.

2. Menggunakan Obat Secara Tepat

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan obat secara tepat sesuai hasil konsultasi dengan dokter. Setidaknya ada dua jenis pilihan obat dari dokter, yaitu yang digunakan secara dioles dan dikonsumsi langsung.

Obat oles atau salep ini memiliki kandungan trikloroasetat yang bisa mengatasi jengger ayam secara efektif. Namun, penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati dan disesuaikan dengan resep dokter. Selain itu, ada salep yang mengandung katekin untuk meningkatkan imun dan mematikan HPV.

Ada juga obat berupa podofilotoksin yang berguna untuk mencegah pertumbuhan kutil di area vagina. Dokter juga akan memberikan obat berjenis imiquimod agar imunitas tubuh bisa meningkat, sehingga virus HPV penyebab kondoloma akuminata bisa dibasmi dengan cepat.

Baca Juga: Penyebab Kutil Kelamin Apakah Berbahaya ?

Cara Mencegah Miss V Agar Tidak Berubah Bentuk seperti Jengger Ayam

Wanita juga bisa melakukan beberapa langkah pencegahan agar tidak mengalami perubahan bentuk miss v seperti jengger ayam. Langkah ini bisa dilakukan secara jangka panjang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut cara mencegah bentuk vagina agar tidak berubah seperti jengger ayam.

1. Menghentikan Aktivitas Merokok

Bagi wanita perokok sebaiknya segera menghentikan kebiasaan ini agar tidak mudah terserang infeksi HPV penyebab kutil kelamin. Merokok bisa menjadi salah satu kebiasan buruk bagi wanita, terutama jika sudah pernah terserang kutil kelamin.

Hal ini karena kebiasan merokok bisa menyebabkan kutil ayam yang sebelumnya sembuh akan kembali kambuh lagi. Apalagi perubahan vagina seperti jengger ayam karena kutil kelamin termasuk salah satu penyakit yang bisa menular dengan cepat.

Oleh sebab itu, seseorang yang pernah terkena penyakit ini harus memulai hidup sehat agar tidak kambuh lagi, termasuk terkait rokok ini. Tak hanya itu saja, bagi wanita yang merasakan gejala perubahan bentuk miss v juga sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

2. Mengenakan Kondom Ketika Berhubungan Seksual

Penggunaan kondom ketika berhubungan seksual juga menjadi salah satu langkah pencegahan agar bentuk vagina tidak berubah seperti jengger ayam. Hal ini penting terutama bagi wanita yang memiliki lebih dari satu pasangan dalam berhubungan seksual.

Fungsi dari penggunaan kondom tidak hanya untuk mencegah kehamilan, tetapi juga meminimalisir penularan infeksi virus HPV. Akan tetapi, bagi wanita yang sudah mengalami perubahan miss v seperti jengger ayam sebaiknya menghindari hubungan seksual, meskipun menggunakan kondom.

Apabila kutil kelamin ini sudah terjadi, sebaiknya segera jadwalkan konsultasi dengan dokter spesialis agar mendapatkan diagnosis yang akurat. Setelah itu, dokter spesialis akan membantu mencari solusi terbaik untuk mengatasi jengger ayam.

3. Vaksin HPV

Langkah berikutnya untuk mencegah bentuk miss v seperti jengger ayam adalah mengkuti vaksinasi HPV. Sesuai dengan namanya, fungsi vaksinasi ini adalah untuk melindungi tubuh agar tidak mudah terserang infeksi virus HPV.

Vaksinasi HPV ternyata juga memilki banyak manfaat bagi wanita, salah satunya untuk mencegah kanker serviks. Pemberian vaksinasi ini akan membuat tubuh semakin kuat, sehingga permasalahan bentuk vagina seperti jengger ayam bisa dicegah.

Pemberian vaksinasi HPV bisa dimulai pada perempuan dengan usia mulai 9 hingga 45 tahun. Jadwal pemberiannya mulai dari 2 sampai 3 kali yang disesuaikan dengan usia.

Baca Juga:

4. Tidak Berganti Pasangan Hubungan Seksual

Satu lagi cara mencegah perubahan bentuk vagina seperti jengger ayam, yakni tidak berganti pasangan hubungan seksual. Hal ini karena jengger ayam merupakan infeksi virus HPV yang terjadi karena aktivitas seksual.

Sering berganti pasangan hubungan seksual bahaya karena bisa meningkatka resiko tertular HPV. Apalagi jika Anda tidak mengetahui riwayat kesehatan pasangan sebelum melakukan hubungan seksual.

Bagi yang merasa ingin memastikan apakah permasalahan bentuk miss v seperti jengger ayam bisa langsung datang ke Klinik Kutil Kelamin atau Klinik Kelamin Jakarta. Klinik Kutil Kelamin terbaik dan terpercaya yaitu Klinik Utama Pandawa.

Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamain yang menyediakan berbagai perawatan dengan dokter ahli yang akan memberikan jawaban terhadap permasalahan kesehatan pasien secara medis.

Referensi:

Share: