Search
Close this search box.

4 Faktor Risiko Pemicu Kondiloma Akuminata (Kutil Kelamin)

Kondiloma Akuminata atau dikenal sebagai kutil kelamin merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual yang paling umum. Mayoritas orang yang aktif secara seksual dengan berganti-ganti pasangan bisa terinfeksi kondiloma akuminata.

Kondiloma akuminata bakal mempengaruhi jaringan lembab di area genital. Mereka bisa terlihat seperti benjolan kecil dengan warna seperti daging dan punya penampilan menyerupai kembang kol. Di satu sisi, kutil terkadang terlalu kecil untuk dilihat.

Bicara soal kondiloma akuminata, yang menarik untuk dibahas adalah mengenai faktor risiko yang menjadi pemicu kondiloma akuminata. Lantas apa saja faktor risiko yang bisa menjadi pemicu kondiloma akuminata? Berikut pembahasannya!

1. Berhubungan Seks dengan Banyak Pasangan Tanpa Kondom

Melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan tanpa kondom merupakan penyebab utama terjadinya kutil kelamin. Pasalnya, kutil kelamin bisa menyebar dengan sangat cepat lewat hubungan seksual.

Oleh sebab itu, untuk mencegah faktor risiko yang satu ini, jika Anda kerap kali berhubungan seks dengan banyak pasangan, maka sebaiknya Anda menggunakan kondom. Namun jika kondiloma akuminata sudah terjadi, Anda harus datang ke Klinik Kulit dan Kelamin terpercaya untuk melakukan pengobatan.

Artikel Lainnya: Ciri ciri Kutil Kelamin, Biasanya Menyerupai Kembang Kol

2. Kebiasaan Merokok

Biasanya infeksi yang satu ini disebabkan oleh infeksi Human papillomaviruses (HPV) lewat hubungan seksual. Namun ada studio epidemiologi yang menunjukan bahwa perokok berisiko lebih tinggi daripada bukan perokok untuk mengembangkan kutil kelamin.

Bukan hanya kutil kelamin, perokok juga bisa mengembangkan sejumlah penyakit seperti sitologi serviks yang abnormal, neoplasia intraepitel serviks derajat 3 atau kanker serviks, dan infeksi HPV yang persisten.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

3. Penggunaan Kontrasepsi Oral

Menurut National Library of Medicine ada penelitian yang membahas mengenai hubungan antara kontrasepsi oral dengan masalah kutil kelamin. Hasilnya tentu mengejutkan di mana wanita dengan kutil kelamin punya hubungan signifikan dengan penggunaan pil kontrasepsi oral.

Studi menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan kontrasepsi oral mungkin berisiko lebih tinggi mengalami kutil kelamin.

Baca Juga: Cara Mengobati Kutil Di Kelamin Wanita Seketika!

4. Pernah Mengalami Infeksi Menular Seksual Lainnya

Buat Anda yang pernah mengalami infeksi menular seksual lainnya, ini bisa menjadi pemicu kondiloma akuminata. Dengan begitu Anda perlu rutin mengunjungi Klinik Kelamin Jakarta atau dokter terpercaya untuk membicarakan hal tersebut.

Untuk mengetahui hal ini secara detail, Anda bisa berkonsultasi dengan Klinik Kulit dan Kelamin terpercaya seperti Klinik Utama Pandawa untuk mendapatkan perawatan demi mencegah Anda terkena penyakit kutil kelamin, khususnya jika Anda sudah pernah terkena infeksi menular seksual sebelumnya.

Referensi:

Share: