Search
Close this search box.

Cara Mengobati Kutil Di Kelamin Wanita Seketika!

Muncul benjolan di kelamin kewanitaan?  Waspada, kutil kelamin. Kutil di kelamin wanita sama seperti kutil kelamin pada pria yakni disebabkan oleh virus HPV. Virus HPV ini bisa menular melalui kontak seksual maupun kontak langsung seperti memegang kutil, berbagi handuk, pakaian dalam, dll. Sebagai cara mengobati kutil di kelamin wanita maupun pria, harus ditangani langsung oleh dokter ahli kulit dan kelamin, agar tidak berlanjut parah.

Cara Mengobati Kutil Di Kelamin Wanita benjolan

Mengenal virus HPV penyebab kutil kelamin

Kutil kelamin dengan nama lain Kondiloma Akuminata, disebabkan oleh virus HPV (human papillomavirus).

Virus HPV dan kutil kelamin tergolong dalam infeksi menular seksual, sebab rentan menular melalui kontak sekssual (anal, oral maupun vaginal) dan juga kontak langsung (menyentuh kutil, berbagi pakaian, handuk, dll).

Dari ratusan tipe HPV, kiranya ada 4 tipe HPV yang umum menginfeksi manusia dan perlu diwaspadai, yakni:

  • Tipe 6 & 11 yang sebabkan kutil kemaluan pria maupun wanita, serta kanker pada penis (jenis risiko rendah).
  • Tipe 16 & 18 yang penyebab utama kanker serviks (leher rahim) dan kanker miss v dengan jenis risiko tinggi.

Kemunculan daging tumbuh tidak hanya berada di area kelamin saja, kutil ini juga bisa muncul di anus/ bokong, kulit luar, bibir, maupun dalam mulut. Jika ditemukan di area bibir ataupun dalam mulut, bisa diakibatkan karena seks oral.

Gejala kutil di kelamin wanita dengan pria bisa berbeda-beda tergantung kondisi. Ketika Anda terpapar, rata-rata, benjolan di kelamin atau daging tumbuh tidak langsung muncul. Tapi bisa berupa ruam merah, rasa gatal, muncul benjolan di luar permukaan kulit hingga rasa sakit saat berhubungan intim.

Benjolan kutil ini jika digaruk maka bisa memudahkan penyebaran, kutil dapat membesar dan bisa menyerupai jengger ayam. Ketika benjolan tersebut sudah membesar dan menyerupai jengger ayam, Anda perlu mencari cara mengobati kutil di kelamin dengan tepat.

Faktor risiko Anda rentan terinfeksi HPV

Ketahuilah kutil di kelaminn wanita maupun pria bisa kambuh lagi bila Anda tidak benar-benar menjaga kesehatan seksual dan menjauhi penyebabnya. Nah, inilah beberapa faktor risiko Anda rentan terinfeksi kutil kelamin maupun HP, meliputi:

  • Sering berganti pasangan seksual & tidak memakai alat pengaman
  • Berbagi handuk, pakaian dalam, sex toys.
  • Menyentuh langsung luka atau kutil terbuka
  • Daya tahan tubuh sedang lemah
  • Sedang dalam pengobatan terapi/ kemoterapi
  • Kurang menjaga kebersihan dan kesehatan seksualitas.
  • Tidak mengenal riwayat seksual pasangan Anda
  • Beriwayat infeksi menular seksual lainnya

Ketahuilah, bila virus HPV pada wanita bisa sebabkan perkembangan sel kanker serviks bila terlambat diobati. Jika sudah memicu perkembangan sel kanker serviks, dikhawatirkan akan sebabkan gangguan kesuburan atau kesulitan hamil.

Begitu juga pada pria, bila terlambat pengobatan kutil kemaluan dapat memicu perkembangan sel kanker penis, testis, tenggorokan maupun kanker anus.

BACA JUGA: Gatal dan Muncul Benjolan di Kemaluan, Waspada Kutil Kelamin

Cara mengobati kutil di kelamin wanita

Ada banyak cara mengobati kutil di kelamin, namun tak sedikit pula yang mengobatinya dengan cara sendiri seperti mencubit, mencabut hingga dengan obat kutil sembarangan.

Ketika Anda berniat untuk mengatasi kutil kelamin dengan cara sendiri, dikhawatirkan bisa menimbulkan komplikasi lebih lanjut. Untuk menghindari, sebaiknya serahkan pada dokter ahli kutil kelamin.

Cara mengobati kutil di kelamin wanita, bisa dilihat dahulu ukuran dan lokasi keberadaannya. Apabila kutil pada kewanitaan masih berukuran kecil dan bisa dijangkau, maka bisa diobati tanpa operasi dan diobati dengan obat oles, begitupun pada pria.

Namun, kapan saatnya kutil pada kewanitaan harus operasi?

Ketika muncul kutil di kewanitaan, mengganggu aktivitas seksual, buang air kecil atau buang air besar, ada pendarahan, miss v bengkak, kutil berukuran besar, maka dokter biasanya akan menganjurkan untuk operasi laser kutil kelamin.

Operasi laser kutil di kemaluan ini tidak memerlukan banyak waktu dan rawat inap. Sebelum tindakan, tentunya Anda akan diberikan obat anestesi. Operasi laser tidak perlu dijahit sehingga tidak menimbulkan pendarahan.

Selain dengan operasi laser, kutil juga bisa dihilangkan dengan cara krioterapi. Dimana benjolan di kelamin tersebut dibekukan dengan cairan nitrogen selama 10-20 detik, kemudian kutil tersebut akan terlepas.

Begitu juga apabila terjadi pada wanita hamil, maka perlu konsultasi dengan dokter kandungan dan dokter kutil-kelamin untuk mendapatkan pengobatan HPV yang tepat dan tuntas.

BACA JUGA: Langsung Sembuh! Inilah Cara Mengobati Kencing Nanah

Lakukan ini sebagai pencegahan Kutil Vagina ataupun HPV

Jika Anda tak mau terinfeksi HPV atau penyakit kutil berbahaya ini, sebaiknya Anda waspada dan mencegah dengan cara di bawah ini;

  • Cegah kutil kelamin dengan vaksinasi rutin HPV bisa dimulai saat remaja hingga dewasa muda. Vaksin ini nantinya berfungsi untuk mencegah penyakit HPV, terutama penyakit yang disebabkan oleh virus jenis 6, 11, 16, dan 18.
  • Hindari gonta-ganti pasangan saat berhubungan seksual. Sebab, bisa meningkatkan risiko terjadinya kutil kelamin dan penyakit menular seksual lainnya (gonore, sipilis, HIV/AIDS).
  • Gunakan kondom saat berhubungan intim dengan pasangan guna mencegah penyakit seksual menular masuk dalam tubuh dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Jika diperlukan ajak pula pasangan Anda untuk turut pemeriksaan guna mengetahui ada tidaknya indikasi penyakit kelamin atau mencegah penularan berulang.

Hubungi layanan pengobatan kutil kelamin Jakarta via SMS/TLP/ CHAT di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin.

Share: