penis keluar darah- penyebab kencing berdarah

6 Penyebab Kencing Berdarah Ini Wajib Kamu Waspadai

Gonore | Klinik Kulit | Klinik Kelamin | Info Kesehatan

Siapa yang tidak panik ketika melihat penis keluar darah alias kencing berdarah? Bila kamu mengalami gangguan kencing ini jangan disepelekan. Kamu harus segera berkonsultasi pada dokter ahli untuk tahu penyebab kencing berdarah ini. Pasalnya, beberapa penyebab juga bisa menjadi pertanda ada masalah kesehatan yang menjangkiti tubuh kamu. Penasaran seperti apa penyebab penis keluar darah? Berikut penjelasannya.

penyebab kencing berdarah

Selain kulit, urin ternyata juga bisa menjadi indikator penyakit apa yang sedang terjadi dalam tubuh, terutama jika kencing berdarah. Sebenarnya, warna urin memang bisa berubah-ubah. Bisa dari apa yang kita konsumsi, kecukupan air mineral, ataupun olahraga bisa mengubah warna urin. Namun, biasanya akan hilang beberapa hari dengan sendirinya.

Berbeda bila kencing berdarah disertai rasa nyeri, dan sakit di area bawah. Kemungkinan ada masalah yang terjadi pada tubuh kamu. Bahkan ada beberapa kasus, darah dalam urin tidak terlihat dengan kasat mata dan butuh pemeriksaan laboratorium untuk mengeceknya. Penyebab kencing berdarah pun bisa dipastikan bermacam-macam tak hanya infeksi saluran kemih saja yang bisa membuat khawatir. Maka itu kenalilah beberapa kondisi medis di bawah ini, ya.

Penyebab Kencing Berdarah

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kencing berdarah, diantaranya seperti:

  1. Infeksi saluran kemih

penis keluar darah akibat infeksi saluran kemih

Baik vagina atau penis keluar darah sering dikaitkan atau pertanda ada infeksi saluran kemih pada tubuh. Penyakit ini terjadi ketika bakteri berkembang biak di saluran atau kandung kemih. Masuknya bakteri ke saluran kemih bisa dipicu oleh banyak hal, misalnya pemasangan kateter urine, kebiasaan menahan pipis, aliran urin yang tidak lancar, atau cara membersihkan vagina yang kurang benar. Selain itu, ISK biasanya lebih berisiko terjadi pada ibu hamil atau orang yang sering berganti pasangan seksual.

Selain kencing berdarah, infeksi saluran kemih bisa menimbulkan berbagai gejala lain, seperti sensasi perih atau nyeri saat buang air kecil, anyang-anyangan, sering buang air kecil, bau urin menyengat, dan nyeri di bagian perut atau punggung bawah.

BACA JUGA; Penis Kamu Keluar Darah? Eh, Pertanda Penyakit Apa Nih?

  1. Infeksi Menular Seksual

penyebab kencing berdarah gejala IMS

Penyebab kencing berdarah juga bisa menjadi indikasi atau pertanda bahaya infeksi menular seksual. Pasalnya beberapa penyakit infeksi menular seksual seperti gonore, herpes genital, penyakit klamidia bisa memicu penis keluar darah.

Pertanda lainnya bisa ditandai dengan nyeri atau sakit saat buang air kecil, terasa panas atau sensasi terbakar saat buang air kecil. Kemudian bisa disusul dengan gatal di penis atau vagina, muncul ruam kemerahan di alat kelamin dan rasa nyeri saat beraktivitas seksual.

Dan seperti yang sudah diketahui, bahwa penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual vaginal, oral, maupun anal. Kemudian kontak langsung dengan luka atau cairan kelamin juga bisa terinfeksi penyakit infeksi menular seksual.

Pengobatan infeksi menular seksual biasanya diatasi dengan beberapa pemberian obat antibiotic maupun antivirus untuk penyakit herpes genital. Dan selama pengobatan kamu tidak diperbolehkan beraktivitas seksual dan harus dalam pengawasan dokter ahli.

BACA JUGA; Benjolan Kecil atau Kutil Kelamin, Apakah Berbahaya?

  1. Gangguan Penyakit ginjal

penyebab kencing berdarah - Gangguan ginjal

Kemungkinan lain penyebab kencing berdarah juga bisa terjadi oleh karena gangguan atau penyakit ginjal. Gejalanya bisa serupa dengan infeksi saluran kemih dan biasanya diserta rasa sakit di area perut atau punggung bawah.

Selain itu, penis keluar darah bisa pertanda batu ginjal, gagal ginjal, glomerulonephritis ataupun kanker ginjal. Untuk itu diburuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

BACA JUGA; Nyeri saat Buang Air Kecil? Waspada Pertanda Infeksi Berbahaya di Kelamin

  1. Pembesaran prostat

Gangguan Ginjal Picu Penis Keluar Darah

Pada pria, pembesaran atau kelainan pada prostat merupakan salah satu penyebab kencing berdarah yang cukup sering terjadi. Umumnya kondisi ini terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun.

Beberapa penyakit pada prostat yang dapat memicu kencing berdarah antara lain pembesaran prostat jinak (BPH), radang prostat, dan kanker prostat.

Selain penis keluar darah, pembesaran prostat juga bisa menyebabkan kesulitan buang air kecil, atau sering buang air kecil, lebih banyak buang air kecil di malam hari, dan sensasi kurang tuntas setelah buang air kecil.

BACA JUGA: Infeksi Jamur Candida: 7 Gejala Penting yang Perlu Anda Ketahui

  1. Kanker

Kanker ginjal, kanker kandung kemih, atau kanker prostat stadium lanjut bisa memicu adanya darah dalam urin. Norm Smith, MD, seorang ahli urologi dari NorthShore University Health System, Amerika Serikat, mengatakan bahwa kencing berdarah tersebut merupakan akibat dari iritasi atau inflamasi. Jenis kanker tersebut juga bisa memicu gejala nyeri saat kencing, kelelahan, serta nyeri di punggung, pinggang, atau pelvis.

  1. Olahraga ekstrim

penyebab kencing berdarah olahraga ekstrim

Menurut keterangan dari Natioal Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, olahraga ekstrim dan berlebihan bisa memicu adanya darah dalam urin. Olahraga yang terlalu berat bisa menyebabkan cedera pada ginjal. Ketika ginjal terluka, darahnya bisa juga terbawa keluar lewat urin.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kencing berdarah. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal gangguan kencing atau penis keluar darah dan gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk konsultasi bersama Klinik Pandawa.

BACA JUGA; Pria Wajib Waspada, Berikut 6 Faktor Penyebab Mr. P Menciut

Pengobatan Kencing Berdarah

Pengobatan dilakukan berdasarkan penyebab kencing berdarah. Oleh sebab itu, diperlukan tes urin untuk mengetahui pemicunya. Jika disebabkan oleh salah satu penyakit infeksi menular seksual seperti gonore maka akan berbeda dengan pengobatan infeksi saluran kemih, dan seterusnya.

Untuk itu hubungi layanan KONSULTASI ONLINE GRATIS atau WA/ SMS/ TLP melalui 0821-1141-0672 (Rahasia Terjamin).

 

 

 

ditinjau oleh dr.Agusmawi

referensi:

WebMD (2022). Blood in Urine (Hematuria).
WebMD (2022). Kidney Disease.

National Health Service UK (2020). Urinary Tract Infections (UTIs).

National Health Service UK (2022). Health A to Z. Blood in Urine.

Newsletter

Subscribe

Subscribe to our newsletter to get the first information & Special offer every week.