Nyeri saat Buang Air Kecil? Waspada Pertanda Infeksi Berbahaya di Kelamin

Nyeri saat Buang Air Kecil? Waspada Pertanda Infeksi Berbahaya di Kelamin

Daftar isi

nyeri saat buang air kecilNyeri saat Buang Air Kecil – Halo Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kalian hari ini nih? Selalu taati protokol kesehatan yang berlaku serta menjaga kesehatan dan kebersihan ya Sahabat Pandawa. Sahabat Pandawa, kalian pernah mengalami keluhan di sekitar kemaluan seperti nyeri saat buang air kecil nggak?

Masalah ini bisa sangat menganggung dan menyakitkan bagi penderitanya. Terkadang, rasa sakit yang muncul ketika berkemih bisa menjadi pertanda kalau kamu mengidap penyakit yang cukup serius. Kira-kira penyakit apa saja yang bisa menyebabkan masalah ini?

Klinik Pandawa akan selalu memberikan edukasi dan juga artikel kesehatan untuk seluruh Sahabat Pandawa di mana pun berada. Terutama mengenai kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips trik seputar kecantikan atau estetika.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai keluhan yang sering dirasakan banyak orang, yaitu nyeri saat buang air kecil. Maka dari itu, kalian harus menyimak artikel ini sampai selesai agar mendapatkan informasi yang bermanfaat. Daripada berlama-lama lagi, langsung aja yuk disimak!

 

Nyeri saat buang air kecil

Buang air kecil (BAK) artinya kencing semestinya dapat membuat kamu lega karena baru saja mengeluarkan kotoran dari tubuh kamu. Namun, pada beberapa kasus, penderita merasakan nyeri saat buang air kecil. Apakah kamu pernah atau sedang mengalaminya?

Nyeri saat buang air kecil tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, kondisi ini bisa jadi merupakan pertanda berbagai kondisi yang berbahaya. Oleh karena itu, kalian harus waspada jika mengalami gejala ini.

 

Penyebab nyeri saat buang air kecil

Masalah ini sering dikaitkan dengan berbagai faktor seperti penyakit menular seksual, infeksi saluran kemih, gangguan pada area genital. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kita akan membahas berbagai penyebab timbulnya gangguan ketika berkemih ini.

 

  • Gonore (kencing nanah)

Gonore atau yang lebih dikenal dengan penyakit kencing nanah ialah salah satu infeksi menular seksual (penyakit kelamin). Penyakit ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae pada area genital seseorang.

Jika mengalami infeksi gonore, maka salah satu gejala yang ditimbulkan adalah nyeri saaat buang air kecil. Oleh karena itu, penyakit ini sangat menyiksa pengidapnya. Gejala lain yang muncul adalah keluarnya cairan serupa dengan nanah dari alat kelamin.

 

  • Sifilis (raja singa)

Selain gonore atau kencing nanah, penyakit menular seksual berbahaya lainnya adalah sifilis atau yang dikenal juga dengan istilah penyakit raja singa. Sifilis ini dapat menyerang pria dan wanita di segala usia tanpa pandang bulu. Penyebab utamanya adalah infeksi bakteri Treponema pallidum.

Gejala yang ditimbulkan dari sifilis adalah munculnya luka dan ruam pada sekitar area genital. Terkadang, dapat muncul gejala lain seperti nyeri saat buang air kecil ataupun gatal di daerah kemaluan. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada penderitanya jika terlambat ditangani.

 

  • Chlamydia (klamidia)

Chlamydia atau yang disebut juga dengan klamidia merupakan infeksi menular seksual lain setelah gonore dan sifilis. Penyakit ini bisa menginfeksi pria dan wanita di segala usia. Biasanya, pengidap penyakit ini akan merasakan gejala yang mirip dengan infeksi menular seksual lainnya seperti sakit saat berhubungan seksual ataupun nyeri saat buang air kecil.

 

  • Infeksi saluran kemih (ISK)

Dalam kasus infeksi saluran kemih, nyeri saat buang air kecil merupakan ketidaknyamanan yang umum. Penyakit ini biasanya terjadi ketika bakteri berbahaya masuk dan menghancurkan saluran kemih manusia.

Infeksi saluran kemih dapat dideteksi dengan tes urine laboratorium. Jika terbukti kamu  mengalami infeksi, dokter akan meresepkan pengobatan antibiotik.

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri atau virus. Namun penyebab tersering adalah Escherichia coli atau E. coli. Biasanya bakteri ini hidup di sepanjang saluran usus dan dikeluarkan melalui feses.

 

  • Infeksi ginjal

Infeksi saluran kemih yang tidak segera mendapat penanganan lebih lanjut dapat menyebabkan bakteri “berenang” ke area ginjal. Bila hal ini terjadi maka ginjal akan terinfeksi, sehingga rasa sakit ketika sedang berkemih akan semakin meningkat.

Jika penyebab nyeri saat buang air kecil adalah infeksi ginjal, penderita juga dapat mengalami berbagai ketidaknyamanan yang menyertai, seperti demam dingin, mual, muntah, urine berwarna hitam, berdarah, atau berbau.

 

Pengobatan di Klinik Pandawa

Gangguan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan menyiksa pengidap masalah ini. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengunjungi dokter yang terkait di bidang penyakit ini. Pasalnya, jika dibiarkan dikhawatirkan akan menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya.

Kamu dapat mengunjungi KLINIK PANDAWA JAKARTA untuk melakukan konsultasi dengan dokter kami seputar keluhan kamu. Klinik Pandawa memiliki dokter ahli penyakit kelamin yang profesional dan tepercaya.

Untuk permasalahan yang kalian alami, kalian bisa melakukan konsultasi gratis dengan dokter online kami di 0821-1141-0672 / 021-6231-3337 (telepon / SMS / WA) atau dengan menggunakan link konsultasi. Dapatkan promo menarik untuk berbagai layanan dan pengobatan di Klinik Pandawa setiap bulannya.