Keputihan Seperti Nanah – Penyebab dan Cara Mengatasi

Keputihan adalah cairan yang secara alami serviks produksi agar vagina agar tetap bersih, lembab, dan menjaga keseimbangan pH yang sehat.

Ini bervariasi dalam warna dan konsistensi sepanjang siklus menstruasi dan dapat meningkat selama ovulasi dan gairah seksual.

Namun, setiap perubahan warna, konsistensi, bau, atau jumlah cairan yang keluar dapat mengindikasikan masalah atau infeksi yang mendasarinya, dan penting untuk mencari pertolongan medis jika Anda memiliki masalah atau mengalami gejala yang tidak biasa.

Salah satu masalah yang biasanya terjadi adalah saat keputihan seperti nanah muncul. Lantas apa itu keputihan seperti nanah? Berikut ulasannya.

Keputihan Seperti Nanah pada Vagina

Keputihan Seperti Nanah pada Vagina

Jika Anda mengalami keputihan yang menyerupai nanah, bisa jadi itu menandakan adanya infeksi atau peradangan pada area vagina. Nanah adalah cairan kental berwarna kekuningan yang biasanya menandakan adanya bakteri atau mikroorganisme lainnya.

Penting untuk mencari pertolongan medis jika Anda melihat jenis keputihan ini, karena ini bisa menjadi tanda infeksi yang memerlukan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Artikel Lainnya: Keputihan Putih Susu – Penyebab, Gejala, & Cara Mengatasi

Infeksi yang Menyebabkan Keputihan Seperti Nanah

Ada beberapa infeksi yang bisa menyebabkan keputihan seperti nanah. Beberapa infeksi yang menyebabkannya antara lain sebagai berikut:

1. Vaginosis Bakteri

Vaginosis bakteri adalah pertumbuhan berlebih dari bakteri berbahaya di vagina. Ini dapat menyebabkan keluarnya cairan putih keabu-abuan dengan bau amis yang kuat.

2. Infeksi Ragi

Infeksi ragi, terjadi akibat pertumbuhan jamur Candida yang berlebihan, dapat menyebabkan keluarnya cairan seperti keju cottage yang kental, putih. Hal ini bisa terjadi dengan rasa gatal, kemerahan dan iritasi.

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

IMS tertentu, seperti gonore atau klamidia, dapat menyebabkan keluarnya nanah. Infeksi ini juga dapat menyebabkan gejala lain seperti nyeri saat buang air kecil, nyeri panggul, atau perdarahan abnormal.

Sangat penting untuk menemui penyedia layanan kesehatan untuk pemeriksaan yang akurat dan perawatan yang tepat. Mereka akan mengevaluasi gejala Anda, melakukan tes atau pemeriksaan yang diperlukan, dan meresepkan obat jika Anda memerlukannya.

Sangat penting untuk segera mengatasi masalah keputihan untuk mencegah komplikasi dan memastikan kesehatan vagina yang optimal.

Kenali Keputihan Tidak Normal, Berbahaya Jika Dibiarkan ! (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Baca Juga: 13 Cara Mengatasi Keputihan

Mencegah Keputihan Seperti Nanah

Untuk membantu mencegah keputihan abnormal yang menyerupai nanah, penting untuk menjaga kebersihan vagina yang baik dan menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan vagina dan mengurangi risiko infeksi:

  • Menjaga kebersihan alat kelamin yang baik
  • Mengenakan pakaian dalam yang punya sirkulasi bagus
  • Melakukan seks yang aman
  • Hindari douching
  • Mempertahankan pola makan yang sehat
  • Tetap terhidrasi
  • Hindari iritasi
  • Menjaga kebersihan kamar mandi yang baik
  • Mengelola stress Anda dengan baik

Ingat, jika Anda mengalami keputihan yang tidak normal, seperti keputihan bau nanah, penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk evaluasi yang tepat dan pengobatan yang tepat.

Mereka akan dapat menentukan penyebab yang mendasarinya dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan Anda.

Cara Mengatasi Keputihan Seperti Nanah

Cara Mengatasi Keputihan Seperti Nanah

Jika Anda mengalami keputihan abnormal yang menyerupai nanah, penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk diagnosis yang akurat dan pengobatan yang tepat.

Perawatan akan tergantung pada penyebab yang mendasari keputihan yang tidak normal. Berikut adalah beberapa pengobatan umum untuk kondisi yang dapat menyebabkan keputihan menyerupai nanah:

1. Vaginosis Bakteri

Biasanya Anda bisa mengobatinya dengan antibiotik, seperti metronidazole atau clindamycin, yang diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan. Obat-obatan ini membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di vagina.

2. Infeksi Ragi

Penyakit ini bisa Anda obati dengan obat antijamur, seperti flukonazol (oral) atau krim antijamur (topikal), yang dapat diperoleh tanpa resep atau dengan resep dokter.

Penting untuk mengikuti rejimen pengobatan yang direkomendasikan dan menyelesaikan seluruh rangkaian pengobatan.

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Perawatan untuk IMS yang menyebabkan keputihan yang tidak normal akan tergantung pada infeksi tertentu. IMS seperti gonore atau klamidia biasanya diobati dengan antibiotik yang tenaga medis resepkan.

Penting untuk menyelesaikan pengobatan lengkap dan memberi tahu pasangan seksual mana pun sehingga mereka juga dapat diuji dan diobati jika perlu.

Sangat penting untuk mencari perhatian medis untuk pemeriksaan yang akurat dan perawatan yang tepat. Anda tidak bisa melakukan pemeriksaan dan pengobatan sendiri karena mungkin tidak secara efektif mengatasi penyebab yang mendasarinya dan berpotensi menyebabkan komplikasi.

Penyedia layanan kesehatan akan mengevaluasi gejala Anda, melakukan tes atau pemeriksaan yang Anda perlukan, dan merekomendasikan rencana perawatan yang paling tepat untuk kasus khusus Anda.

Selain perawatan medis, penting untuk mengikuti praktik kebersihan vagina yang baik dan mempertahankan gaya hidup sehat untuk mendukung kesehatan vagina.

Baca Juga: Keputihan Tidak Normal – Ini Ciri-ciri dan Waspada 5 Penyakit ini

Kapan Harus ke Dokter?

Anda bisa memeriksakan diri ke dokter jika mengalami keputihan yang menyerupai nanah.

Meskipun penting untuk diingat bahwa tidak semua kasus keputihan yang tidak normal selalu serius, sebaiknya konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan yang akurat dan pengobatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa situasi ketika Anda mendapatkan anjuran untuk mencari perhatian medis:

  • Perubahan warna atau konsistensi
  • Adanya gejala lain
  • Keputihan yang tidak biasa setelah aktivitas seksual
  • Gejala berulang atau terus menerus
  • Kekhawatiran mengenai infeksi menular seksual

Klinik Utama Pandawa merupakan klinik keputihan dan klinik kulit dan kelamin dengan fokus layanan mengatasi masalah keputihan. Buat sebagian orang, kesehatan organ intim sangatlah perlu demi menunjang rasa percaya diri.

Kehadiran Klinik Ginekologi Jakarta terbaik seperti Klinik Utama Pandawa, untuk memberikan solusi sekaligus mengedukasi terkait layanan yang berhubungan dengan organ intim termasuk salah satunya adalah mengatasi masalah keputihan

Selain memudahkan pasiennya untuk melakukan konsultasi, Klinik Pandawa juga berkomitmen untuk menjaga privasi para pasiennya agar mereka bisa melakukan perawatan dengan aman serta nyaman.

Referensi:

Tim Medis Klinik Utama Pandawa
Latest posts by Tim Medis Klinik Utama Pandawa (see all)
Share: