Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Apa Itu Keputihan yang Tidak Normal? Penjelasan, Gejala, dan Pengobatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

apa itu keputihan
Keputihan yang tidak normal jangan diremehkan

Apa itu Keputihan? – Halo Sahabat Pandawa, apa kabar? Semoga sehat selalu ya! Organ kewanitaan adalah hal yang harus selalu dirawat dan dijaga kebersihannya. Hal tersebut karena Ms. V dan area sekitarnya sangat rentan terserang penyakit kewanitaan.

Ada banyak sekali penyakit kewanitaan yang cukup mengganggu seperti, kandidiasis, erosi serviks, dan juga keputihan. Namun, masalah yang cukup sering dialami seorang wanita adalah keputihan. Hampir semua wanita pernah mengalaminya. Sebenarnya, apakah gangguan iniberbahaya dan bisa menimbulkan masalah baru pada kesehatan organ intim?

Seperti biasa, pada kesempatan kali ini, Klinik Pandawa akan memberikan informasi mengenai penyakit keputihan mulai dari pengertian, gejala, penyebab, diagnosis, dan juga cara mengobatinya. Oleh karena itu, simak baik-baik artikel ini ya untuk penjelasan lebih lanjutnya Sahabat Pandawa. Yuk disimak!

Apa itu keputihan?

Keputihan merupakan kondisi saat keluarnya lendir atau cairan dari vagina. Pada dasarnya gangguan ini ialah cara alami tubuh untuk menjaga kelembapan dan kebersihan organ kewanitaan. Ketika seorang perempuan mengalami gangguan ini, kelenjar vagina dan leher rahim akan memproduksi cairan yang nantinya membawa sel mati dan bakteri. Vagina pun tetap terlindung dari infeksi.

Keputihan umum dan normal terjadi pada perempuan yang masih mengalami menstruasi atau belum menopause. Frekuensi Ibu hamil mengalami masalah ini biasanya meningkat akibat perubahan hormon. Saat perempuan mulai memasuki masa menopause, barulah frekuensi akan menurun.

Anda harus waspada dan berhati-hati apabila cairan keputihan mengalami perubahan seperti warna, tekstur, dan bau. Kondisi ini bisa menjadi gejala keputihan yang tidak normal. Bisa jadi gangguan tersebut disebabkan oleh infeksi ataupun kelainan pada organ reproduksi perempuan. Masalah seperti ini seringkali merupakan salah satu tanda bahwa Anda terkena penyakit kelamin wanita.

Gejala keputihan

Keputihan yang bisa tergolong normal bakal terlihat dari cairan yang keluar dengan ciri sebagai berikut:

  • Tidak berwarna atau berwarna putih.
  • Tak memiliki bauatau tak mengeluarkan bau menyengat.
  • Meninggalkan bercak kekuningan di celana dalam.
  • Tesktur cairan bisa berubah, tergantung dari siklus menstruasi.

Untuk keputihan yang tidak normal bisa dketahui dengan ciri berikut:

  • Cairan akan berbeda warna, bau, ataupun tekstur dari biasanya.
  • Cairan akan keluar lebih banyak dari biasanya.
  • Keluar darah setelah berhubungan seksual atau di luar jadwal haid.

Keputihan yang tak normal ini pun dapat disertai dengan keluhan seperti berikut:

  • Gatal pada area kewanitaan.
  • Nyeri di daerah panggul.
  • Nyeri ketika buang air kecil.
  • Rasa terbakar di sekitar vagina.

Penyebab keputihan

Gangguan yang dialami tiap perempuan bisa berbeda-beda. Mulai dari jumlah cairan yang keluar, warna cairan, dan juga tekstur cairan. Keputihan yang normal umumnya terjadi sekitar enam bulan sebelum seorang perempuan mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh perubahan hormon yang ada di dalam tubuh.

Selain perubahan hormon, masalah ini pun akan normal keluar ketika wanita mendapatkan rangsangan seksual, stress, ataupun saat menyusui.

Berbeda dengan yang normal, keputihan yang tergolong tak normal dapat diakibatkan oleh adanya infeksi dari jamur, bakteri (vaginosis bakterialis, klamidia, dan gonore), ataupun parasit (seperti trikomoniasis). Selain infeksi, gangguan ini juga bisa menjadi gejala dari kanker rahim atau kanker serviks.

Jika gangguan yang terjadi merupakan tanda-tanda dari kanker rahim maka mungkin saja dokter akan menganjurkan Anda untuk menjalani prosedur histerektomi (bedah pengangkatan rahim).

Terdapat beberapa faktor yang bisa membuat seorang perempuan rentan mengalami infeksi vagina & menimbulkan keputihan. Berikut di antaranya:

  • Konsumsi pil KB dan obat kortikosteroid.
  • Menderita penyakit diabetes.
  • Melakukan hubungan seksual tanpa kondom dan sering berganti pasangan.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh, misalnya penyakit HIV.
  • Terdapat iritasi di dalam atau sekitar vagina.
  • Menipisnya dinding vagina akibat menopause.
  • Terlalu sering membersihkan area kewanitaan dengan semprotan air.
  • Menggunakan sabun atau losion yang mengandung parfum atau pewangi.

Diagnosis keputihan

Untuk memastikan apakah keputihan bersifat normal atau tidak, dokter bakal menanyakan gejala gangguan ini, siklus mens, dan seputar hubungan seksual. Setelah itu, dokter pun melakukan pemeriksaan, di panggul untuk mengecek kondisi organ reproduksi wanita seperti vagina, leher rahim, dan rahim.

Selain itu, dokter pun akan melakukan pemeriksaan terhadap cairan dari gangguan tersebut. Perubahan warna yang ada pada cairan tersebut bisa menjadi petunjuk bagi dokter untuk menentukan penyebabnya.

Konsultasi soal keputihan di Klinik Pandawa Jakarta

Setelah Sahabat Pandawa memahami tentang apa itu keputihan, gejala, dan penyebabnya, Sahabat Pandawa bisa melakukan konsultasi kepada dokter kulit dan kelamin apabila gangguan yang Anda alami dirasa tidak normal.

Sahabat Pandawa dapat berkonsultasi dengan dokter kami di KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa memiliki dokter yang berpengalaman dalam menangani hal-hal seputar kulit, kelamin, dan organ intim. Telah banyak pasien kami yang merasa puas dengan pelayanan Klinik Pandawa.

Jika Sahabat Pandawa ingin berkonsultasi maka bisa lewat konsultasi online dengan dokter kami secara GRATIS dengan mengklik link berikut ini KONSULTASI GRATIS. Sahabat Pandawa juga bisa menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.