Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Ujung Kepala Mr. P Bengkak? Waspada Terkena Infeksi Balanitis!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

ujung kepala penis bengkakUjung Kepala Penis Bengkak – Penis merupakan organ vital pria yang berfungsi sebagai saluran keluarnya urine dan juga sperma. Organ ini memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya karena jika tidak dirawat dengan baik maka berbagai penyakit dapat menjangkit.

Kamu pernah nggak mengalami gangguan pada penis? Contohnya seperti ujung kepala penis bengkak. Sebenarnya ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Namun, pada umumnya ujung kepala penis bengkak karena adanya peradangan yang disebut juga dengan balanitis.

Pada beberapa waktu lalu Klinik Pandawa sudah pernah membahas mengenai balanitis, yaitu peradangan pada kepala penis. Nah, salah satu dampak dari balanitis adalah membengkaknya kepala penis serta kemerahan dan gatal. Kalau tidak ditangani dengan segera, masalah ini bisa berbahaya lho ke depannya!

Seperti biasa nih Sahabat Pandawa, Klinik Pandawa bakal selalu memberikan informasi dan artikel kesehatan, khususnya seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, dan juga estetika (kecantikan). Pada kesempatan kali ini, Klinik Pandawa akan membahas mengenai ujung kepala penis bengkak mulai dari pengertian, gejala, penyebab, bahaya komplikasi, dan juga cara mengobatinya hingga sembuh total. Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai habis ya Sahabat Pandawa supaya bisa menangkap informasi ini secara menyeluruh dan lengkap. Yuk disimak!

BACA JUGA: Keluar Nanah Pada Ujung Penis Awas Penyakit Kelamin Ini

Ujung kepala penis bengkak

Ujung kepala penis bengkak biasanya terjadi karena terdapat peradangan pada kepala penis. Dalam istilah medis, masalah ini disebut dengan balanitis. Balanitis ialah peradangan yang terjadi pada ujung kepala penis (disebut juga glans penis). Balanitis biasanya disebabkan oleh infeksi atau penyebab lainnya.

Peradangan kepala penis merupakan penyakit yang sering ditemukan dalam praktik klinis. Gangguan ini dapat terjadi pada pria di segala usia. Balanitis juga dapat dialami oleh wanita yang ditandai dengan peradangan pada klitoris, tetapi kondisi tersebut jarang ditemukan.

Balanitis terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Zoon’s Balanitis (paling sering ditemukan karena adanya inflamasi/infeksi), Circinate Balanitis (terjadi karena arthritis reaktif), dan juga Pseudoepitheliomatous Keratotic and Micaceous Balanitis (kulit seperti berkerak dan munculnya lepuh).

BACA JUGA: Kenali Gejala Sifilis Sekunder Muncul Ruam-ruam pada Tubuh

Gejala ujung kepala penis bengkak

Biasanya balanitis memiliki gejala atau ciri-ciri yang sangat mudah dideteksi. Salah satu gejala utamanya adalah kemerahan pada ujung kepala penis (bisa disertai dengan luka lepuh ataupun tidak). Selain itu, penderitanya sering mengeluhkan adanya rasa sakit, gatal, dan terjadi pembengkakan pada kepala penis. Tanda lainnya adalah keluarnya cairan yang berbau tidak sedap, nyeri ketika buang air kecil, sampai gejala sistemik semisal demam, malaise, dan bengkaknya kelenjar getah bening (limfadenopati) di daerah lipat paha (inguinal).

Berikut adalah beberapa gejala dari balanitis yang umum terjadi:

  • Penis terasa gatal dan seperti terbakar.
  • Keluarnya cairan berwarna kekuningan dan berbau tidak sedap dari penis.
  • Kulup terasa kencang.
  • Terdapat benjolan di pangkal paha akibat membengkaknya kelenjar getah bening.

Penyebab ujung kepala penis bengkak

Bengkaknya kepala penis umumnya terjadi akibat infeksi karena gaya hidup seksual yang kurang baik ataupun infeksi yang ditularkan secara nonseksual. Gangguan ini juga biasanya disebabkan oleh alat kelamin yang kotor (tidak menjaga kebersihan), terutama pada laki-laki yang belum disunat.

Kulup penis yang tidak disunat bisa membuat bakteri dan penyakit berkumpul di bawahnya. Hal inilah yang kemudian bisa menjadi salah satu penyebab bengkaknya kepala penis. Selain itu, penyebab balanitis lainnya bisa berupa iritasi, alergi, atau kondisi lainnya semisal fimosis.

Faktor utama yang menyebabkan balanitis adalah alat kelamin yang tidak disunat. Penelitian menyebut 1 dari 30 laki-laki yang belum disunat mengalami balanitis.

Faktor risiko lainnya adalah tidak menjaga kebersihan penis. Beberapa jenis sabun, disinfektan, dan zat kimia dapat mengiritasi kulit penis. Gaya hidup seksual yang buruk juga meningkatkan risiko terjadinya infeksi menular seksual. Faktor lainnya adalah kelainan seperti fimosis, serta keadaan yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

BACA JUGA: Vagina Kamu Bengkak? Berikut Adalah Faktor yang Bisa Membuat Vagina Membengkak


Bahaya komplikasi ujung kepala penis bengkak

Pada dasarnya, masalah ini tidak terlalu bahaya apabila segera ditangani dengan benar. Akan tetapi, jika penanganan terlambat dan infeksi sudah semakin parah maka dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Tentunya komplikasi-komplikasi tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan kamu.

Beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat kasus yang parah adalah priapismus (ereksi berkepanjangan tanpa ada rangsangan seksual), fimosis (kulup penis yang tidak dapat ditarik), dan juga kanker penis meskipun kasus ini jarang terjadi.

Cara mengobati ujung kepala penis bengkak di Klinik Pandawa Jakarta

Ujung kepala penis yang bengkak tidak boleh kamu biarkan begitu saja. Selain karena menyiksa diri, dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi-komplikasi berbahaya seperti yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu segeralah konsultasikan dengan dokter kulit dan kelamin mengenai keluhan kamu supaya bisa ditangani segara.

Salah satu klinik yang memiliki dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa telah berpengalaman dalam menangani pasien dengan keluhan serupa dan berbagai penyakit kulit & kelamin lainnya. Sudah banyak pasien kami yang berhasil sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Apabila Sahabat Pandawa menginginkan informasi lebih lanjut maka Anda bisa melakukan konsultasi online dengan dokter kami secara GRATIS di bit.ly/rollkonsul. Anda juga dapat menghubungi kami lewat nomor  0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.