Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Keluar Nanah Pada Ujung Penis Awas Penyakit Kelamin Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Siapa yang tidak panik saat ujung penis keluar nanah sewaktu berkemih? Para pria perlu waspada dengan beberapa kemungkinan buruk bila mengalami keluar nanah pada ujung penis. sebab pada kebanyakan kasus, keluhan ini merupakan pertanda dari infeksi kelamin yaitu gonore.

keluar nanah pada ujung penis

Seorang pria pasti menginginkan area genital terjaga kebersihannya dan dapat berfungsi dengan baik. Seperti yang kita tahu, penis maupun vagina merupakan area genital dan menjadi alat reproduksi. Bila area ini mengalami gangguan maka ada pula beberapa dampak atau komplikasi yang bisa muncul. Sebut saja bisa mengalami infeksi menular seksual dan juga mengganggu kesuburan baik pria maupun wanita.

Nah lalu seperti apa penyakit kelamin gonore yang bisa sebabkan keluar nanah pada ujung penis pria? Yuk kita bahas bersama di bawah ini.

Seperti apa keluar nanah pada ujung penis?

Secara normal, cairan keluar dari penis saat pria saat sedang terangsang secara seksual dan warnanya bening atau keputihan. Dikatakan tidak normal apabila cairan yang keluar adalah nanah yang bewarna kuning atau kehijauan atau bahkan penis keluar darah. Kondisi ini biasanya disertai keluhan nyeri saat berkemih.

Sementara itu keluar nanah pada ujung penis juga sering dikaitkan dengan penyakit kelamin berbahaya yaitu gonore. Tentunya keluhan ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari atau bahkan saat beraktivitas seksual. Para pria tampaknya harus waspada dengan penyakit satu ini.

Apa itu gonore?

Gonore merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri kelamin bernama Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini tentu bisa berpindah alias menular pada orang lain melalui aktivitas seksual dengan perantara cairan kelamin.

Data terakhir dari WHO menunjukkan terdapat 98 juta kasus baru gonore di dunia. Gonore merupakan infeksi menular seksual terbanyak kedua di dunia, setelah klamidia. Gonore umumnya terjadi pada usia produktif 15-49 tahun juga pada orang yang aktif secara seksual.

Apa penyebab keluar nanah pada ujung penis?

Seperti yang disebutkan di atas bila penyebab keluar nanah pada ujung penis disebabkan oleh adanya bakteri penyakit gonore.

Jika kamu memiliki kebiasaan berganti pasangan seksual dan menjalani seks bebas, sepertinya patut waspada dengan penyakit ini. Ketika kamu mengalami keluhan keluar nanah di penis, segeralah konsultasi pada dokter kelamin. Dokter biasanya akan menanyakan aktivitas seksual kamu dan akan mengambil sampel cairan kelamin atau urin untuk diperiksa di laboratorium.

Baca juga: Ujung Kepala Penis Bengkak? Waspada Terkena Infeksi Balanitis!

Gejala gonore

Setelah masa inkubasi, gonore bakal mulai menimbulkan gejala klinis. Gejala klinis muncul karena infeksi lokal.

Pada pria, infeksi dapat terjadi di saluran sperma, prostat, saluran dubur, dan saluran makan. Sedangkan para wanita, infeksi terjadi di mulut rahim, kelenjar bartholini, saluran dubur, saluran makan, saluran telur, dan radang panggul.

Terdapat perbedaan gejala pada pria dan wanita sebab anatomis yakni panjang saluran kemih yang berbeda. Gejala gonore pada pria umumnya keluar nanah pada ujung penis. Sementara gejala gonore pada wanita sulit dideteksi atau tidak punya keluhan. Sebab itu wanita yang terinfeksi gonore biasanya telat terdiagnosis alias sudah parah.

Apa saja komplikasi dari keluar nanah pada ujung penis?

Keluhan penis keluar nanah yang tidak segera diobati dapat berkembang menyebabkan komplikasi. Diantaranya seperti:

– Infertilitas atau kemandulan

Infeksi gonore merusak organ reproduksi sehingga dapat menyebabkan kemandulan. Pada pria, gonore mengganggu produksi sperma. Sedangkan pada wanita, gonore mengganggu indung telur.

– Kehamilan ektopik

Gonore yang mengganggu indung telur dapat membuat seorang wanita hamil di luar kandungan atau ektopik.

– Pada bayi

Bayi yang lahir dari seorang ibu yang terinfeksi gonore dapat mengalami infeksi konjungtiva saat persalinan dan terpapar nanah atau bakteri gonore. Infeksi ini dapat menyebabkan kebutaan.

– Sistemik

Dalam jangka waktu yang lama, gonore yang tak diobati dapat meluas menyebabkan infeksi jantung, selaput otak, dan kerusakan berbagai organ.

Baca juga: Penis Kamu Keluar Darah? Eh, Pertanda Penyakit Apa Nih?

Bagaimana pencegahan keluar nanah pada ujung penis?

Untuk terhindar dari penis keluar nanah yang disebabkan oleh gonore, kamu perlu menerapkan beberapa langkah pencegahan berikut ini:

  • Selalu gunakan kondom atau alat pengaman saat beraktivitas seksual
  • Setia pada satu pasangan seksual dan tidak memiliki riwayat infeksi menular seks
  • Tidak bergantian menggunakan seks toys
  • Terapkan gaya hidup sehat dan jaga kesehatan alat vital

 

Pengobatan di Klinik Pandawa

Seperti itulah beberapa informasi seputar keluhan penis keluar nanah yang disebabkan oleh penyakit kelamin gonore. Perlu diketahui bila sebenarnya penyakit ini bisa disembuhkan asal dengan perawatan atau pengobatan sesuai anjuran dokter ahli.

Pengobatan yang asal dan sembarang akan membuat keluhan menjadi parah dan berdampak kesehatan lainnya. Pengobatan gonore sendiri akan dilakukan dengan pemberian obat antibiotik suntik maupun minum. Antibiotik harus diberikan dan dikonsumsi dengan dosis yang tepat untuk mencegah resistensi dan mutase bakteri.

Kamu pun bisa konsultasi dokter online gratis melalui WA/TLP/SMS di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Semua data pasien terjamin kerahasiaannya.