Search
Close this search box.

Metode Sunat yang Paling Baik, yang Mana? – Klinik Pandawa

Pertanyaan tentang metode sunat yang paling baik adalah subjektif dan bergantung pada preferensi pribadi, budaya, dan keyakinan masing-masing individu.

Sunat adalah praktik medis dan budaya yang berbeda-beda di seluruh dunia, dan alasan untuk melakukan sunat dapat bervariasi.

Apa itu Sunat?

Sunat, atau sirkumsisi, adalah prosedur bedah yang umumnya dilakukan untuk menghilangkan kulit yang melindungi kepala penis (kulup) pada pria. 

Proses ini biasanya pada bayi laki-laki yang baru lahir atau pada anak-anak, remaja, atau orang dewasa.

Tujuan dari sunat dapat bervariasi dan dapat termasuk alasan agama, budaya, atau medis. Berikut beberapa alasan umum mengapa sunat dilakukan:

1. Alasan Keagamaan 

Sunat sering merupakan bagian dari praktik keagamaan dalam beberapa agama, termasuk Islam dan Yahudi. Ini dianggap sebagai tindakan suci dan penghormatan terhadap perintah agama.

2. Alasan Budaya 

Beberapa kelompok etnis atau budaya melaksanakan sunat sebagai tradisi atau simbol identitas budaya.

3. Alasan Kesehatan

Dalam beberapa kasus, sunat dapat direkomendasikan oleh dokter sebagai tindakan medis. 

Sunat bisa mencegah atau mengobati masalah kesehatan tertentu seperti fimosis (kesulitan menarik kulup kembali), balanitis (radang pada kepala penis), atau infeksi saluran kemih berulang.

Metode-Metode Sunat

Ilustrasi Metode Sunat
Ilustrasi Metode-Metode Sunat

Beragam jenis metode sunat telah berkembang selama bertahun-tahun, dan pilihan metode dapat bervariasi berdasarkan budaya, agama, dan preferensi individu. Berikut beberapa jenis metode sunat yang umum:

1. Metode Sunat Konvensional (Metode Klasik)

Ini adalah metode sunat yang paling umum dan sudah ada selama berabad-abad. 

Dalam metode ini, dokter atau profesional medis membuat sayatan pada kulup penis dan kemudian mengangkat kulup yang melindungi kepala penis. Prosedur ini biasanya dengan bantuan alat bedah seperti skalpel.

2. Metode Sunat Klamp (Metode Plastibell)

Metode ini melibatkan penggunaan alat khusus yang disebut “plastibell”, dokter menempatkan alat tersebut di antara kulup dan kepala penis.

Kemudian, sebuah benang ditempatkan di sekitar plastibell untuk menghentikan aliran darah. Setelah beberapa hari, plastibell dan kulup yang mati akan terlepas secara alami.

3. Metode Sunat Laser

Dalam metode ini, laser berguna untuk menghilangkan kulup. Proses ini memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat dan risiko perdarahan yang lebih rendah dibandingkan metode konvensional.

Banyak yang menganggap ini adalah metode sunat yang paling baik, karena lebih efektif, presisi, minim risiko, dan waktu kesembuhan yang hanya sekitar 2-3 hari saja.

4. Metode Sunat Terbalik (Metode Prepex)

Metode ini melibatkan penggunaan alat khusus yang disebut “Prepex” yang ditempatkan di sekitar kulup. 

Alat ini memotong pasokan darah ke kulup sehingga kulup secara bertahap mati dan dapat terangkat dalam beberapa hari.

5. Metode Sunat Sirkumsisi Medis

Metode ini dilakukan oleh dokter atau profesional medis di fasilitas medis yang steril. Prosesnya melibatkan sayatan dan pengangkatan kulup.

Metode ini sering digunakan untuk alasan medis, seperti masalah kesehatan yang terkait dengan kulup.

6. Metode Sunat Tradisional

Di beberapa budaya, metode sunat tradisional masih ada dan dilakukan oleh praktisi non-medis. 

Namun, metode ini sering kali banyak yang menganggap tidak aman karena risiko infeksi dan komplikasi yang lebih tinggi.

Discount Up To 50% Sunat Laser (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Perbandingan Prosedur Sunat

Berikut adalah perbandingan beberapa prosedur metode sunat yang umum digunakan:

1. Metode Sunat Konvensional (Metode Klasik):

  • Prosedur ini melibatkan sayatan pada kulup dan pengangkatan kulup secara langsung.
  • Waktu pemulihan biasanya memerlukan beberapa minggu.
  • Risiko perdarahan dan infeksi dapat terjadi, tetapi dapat terminimalisir dengan perawatan yang tepat.

2. Metode Sunat Klamp (Metode Plastibell):

  • Metode ini menggunakan alat plastibell yang ditempatkan di antara kulup dan kepala penis.
  • Plastibell akan jatuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.
  • Waktu pemulihan biasanya lebih cepat daripada metode konvensional.

3. Metode Sunat Laser:

  • Laser berguna untuk menghilangkan kulup.
  • Prosesnya memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat dan risiko perdarahan yang lebih rendah.
  • Risiko infeksi tetap ada, tetapi lebih rendah daripada metode konvensional.

4. Metode Sunat Terbalik (Metode Prepex):

  • Prepex adalah alat khusus yang ditempatkan di sekitar kulup.
  • Alat ini memotong pasokan darah ke kulup sehingga kulup secara bertahap mati dan terlepas dalam beberapa hari.
  • Waktu pemulihan biasanya lebih cepat dan risiko perdarahan rendah.

Risiko Tidak Sunat

Berikut adalah beberapa risiko yang terkait dengan tidak menjalani sunat:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK) 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang tidak menjalani sunat memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan infeksi saluran kemih daripada mereka yang telah menjalani sunat. 

Sunat dapat membantu mengurangi risiko ISK dengan mengurangi ketersediaan kulit di sekitar bukaan uretra, yang merupakan tempat masuk bagi bakteri penyebab ISK.

2. Infeksi Kulit 

Kulup penis yang menutupi kepala penis dapat menjadi tempat berkembang biak bagi kuman dan bakteri. Jika tidak membersihkan kulup secara teratur dan dengan benar, ini dapat menyebabkan infeksi kulit pada penis.

3. Phimosis 

Phimosis adalah kondisi di mana kulup tidak dapat tertarik dari kepala penis. Ini dapat menyebabkan masalah seperti perdarahan, nyeri, atau infeksi. Sunat adalah salah satu pengobatan yang umum untuk phimosis.

4. Balanitis 

Balanitis adalah radang pada kepala penis. Kulup yang tidak bersih atau infeksi dapat meningkatkan risiko balanitis. Sunat dapat membantu mengurangi risiko ini karena kepala penis terpapar dan lebih mudah untuk membersihkannya.

5. Masalah Kesehatan Lainnya 

Sunat juga dapat membantu mengurangi risiko kanker penis, meskipun risiko kanker ini rendah.

Selain itu, sunat juga dapat membantu mengurangi risiko penularan infeksi menular seksual tertentu, seperti HIV, meskipun tidak menggantikan penggunaan kondom.

Biaya Sunat

Biaya sunat dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi geografis, jenis metode sunat, fasilitas medis, dan apakah prosedur tersebut di lingkungan medis atau sebagai bagian dari tradisi budaya atau agama. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat memengaruhi biaya sunat:

1. Lokasi Geografis

Biaya sunat dapat sangat berbeda berdasarkan lokasi geografis. Di daerah perkotaan atau negara maju, biaya sunat cenderung lebih tinggi daripada di daerah pedesaan atau negara berkembang.

2. Jenis Metode Sunat

Jenis metode tentu mempengaruhi biaya sunat. Metode sunat konvensional atau mekanis mungkin lebih terjangkau daripada dengan metode modern seperti sunat laser atau biomedis.

Contohnya, biaya sunat laser berkisar jutaan rupiah, walaupun lebih mahal tetapi lebih minim risiko dan masa penyembuhannya lebih cepat.

3. Fasilitas Medis

Sunat yang di fasilitas medis atau rumah sakit mungkin lebih mahal daripada di lingkungan non-medis, seperti dalam upacara tradisional.

Biaya tersebut mencakup biaya pelayanan medis, sterilisasi, alat bedah, dan perawatan pasca-sunat.

4. Dokter atau Profesional Medis

Biaya sunat juga dapat bervariasi berdasarkan tarif dokter atau profesional medis yang melakukan prosedur. Dokter dengan pengalaman dan reputasi yang baik mungkin mengenakan biaya yang lebih tinggi.

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika mempertimbangkan metode sunat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis yang berpengalaman dalam prosedur ini. 

Dokter akan dapat memberikan informasi yang tepat tentang keuntungan, risiko, dan perbedaan antara metode sunat yang berbeda.

Banyak yang berpendapat bahwa metode sunat paling baik adalah sunat laser, karena beberapa keunggulannya.

Namun, untuk melakukan prosedur sunat laser, tentu kita harus mengunjungi klinik sunat laser Jakarta terbaik, yaitu Klinik Utama Pandawa.

Klinik Utama Pandawa juga merupakan klinik kulit dan kelamin Jakarta yang terbaik memiliki tim medis yang berpengalaman dalam prosedur sunat laser, serta fasilitas medis yang modern dan steril.

Selain itu, klinik kami juga memiliki standar keamanan dan kebersihan yang ketat, sehingga pasien dapat merasa aman selama prosedur.

Dengan berkonsultasi dan menjalani sunat laser di klinik ini, pasien dapat mengharapkan pelayanan yang profesional dan berkualitas dalam lingkungan yang nyaman dan aman.

Untuk berkonsultasi online dengan dokter secara gratis, silahkan klik linik di bawah ini.

Referensi: 

Share: