Search
Close this search box.

Lidah Berjamur – Gejala dan Cara Mengatasinya

Lidah berjamur atau yang juga bernama kandidiasis oral adalah infeksi jamur pada permukaan lidah yang menyebabkan lapisan putih atau bercak putih pada lidah dan rongga mulut.

Kondisi ini merupakan gejala dari infeksi jamur Candida albicans yang bisa mempengaruhi siapa saja, baik bayi maupun orang dewasa yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Apa itu Lidah Berjamur?

Lidah berjamur adalah kondisi medis akibat adanya lapisan putih pada permukaan lidah atau di sekitar lidah. Lapisan putih ini dapat menempel pada lidah, gusi, dan langit-langit mulut.

Kondisi ini akibat infeksi jamur Candida albicans yang tumbuh dan berkembang biak pada permukaan mulut dan rongga mulut.

Penyebab Lidah Berjamur

Infeksi jamur Candida albicans adalah penyebab utama masalah ini.

Namun, beberapa faktor juga dapat menyebabkan kondisi ini terjadi, seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah, diabetes, dan penggunaan gigi palsu yang tidak terawat dengan baik.

Artikel Lainnya: Infeksi Jamur Pada Kulit, Jangan Anggap Enteng, Awas Menular

Gejala Lidah Berjamur

Masalah ini memiliki tanda dengan adanya lapisan putih pada sekitar lidah.

Gejala kandidiasis oral lainnya meliputi mulut kering, iritasi di rongga mulut, lidah yang terasa sakit atau terbakar, dan sensasi terbakar di lidah atau di rongga mulut. Biasanya, masalah ini juga disertai dengan bau mulut yang tidak sedap.

Infeksi Jamur di Mulut (Oral Thrush) – Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa

Siapa Yang Rentan Terserang Lidah Berjamur?

Ada beberapa orang yang rentan terserang masalah ini. Penasaran siapa saja yang rentan terserang masalah ini? Berikut ulasannya:

Lidah Berjamur Pada Bayi

Bayi yang baru lahir dan bayi yang sedang dalam fase pertumbuhan gigi rentan terkena masalah ini.

Hal ini karena sistem kekebalan tubuh mereka yang masih belum sepenuhnya berkembang, sehingga membuat mereka lebih mudah terinfeksi jamur Candida albicans.

Namun, kondisi ini mudah diobati pada bayi dengan perawatan yang tepat. Beberapa cara untuk mengobati balita yang mengalami infeksi jamur Candida albicans antara lain:

1. Krim antijamur

Dokter dapat meresepkan krim antijamur yang mengandung clotrimazole atau nystatin untuk dioleskan pada area yang terinfeksi.

2. Obat antijamur

Dokter juga dapat meresepkan obat antijamur yang diminum seperti fluconazole untuk membantu mengatasi infeksi.

3. Perawatan kebersihan

Menjaga kulit bayi tetap bersih dan kering sangat penting untuk membantu pengobatan infeksi jamur Candida albicans. Pastikan untuk mengganti popok secara teratur dan membersihkan daerah yang terinfeksi dengan sabun yang lembut.

4. Menjaga kebersihan lingkungan

Jangan berbagi benda-benda seperti handuk, selimut, atau sikat dengan orang lain karena dapat membawa dan menyebar jamur.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Menyusui bayi dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya dan mencegah infeksi jamur.

Juga pastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup dan tidur yang cukup untuk membantu mendukung sistem kekebalan tubuhnya.

Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang infeksi jamur Candida albicans pada bayi Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Penting untuk mengobati infeksi dengan tepat agar bayi dapat pulih dengan cepat dan mencegah infeksi yang lebih serius. 

Lidah Berjamur Pada Orang Dewasa

Orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga rentan terkena masalah ini.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi kemungkinan terkena penyakit ini pada orang dewasa adalah penggunaan antibiotik dalam jangka waktu yang lama, penggunaan gigi palsu yang tidak terawat dengan baik, dan kondisi medis tertentu seperti diabetes.

Selain itu, kondisi kekebalan tubuh yang lemah juga dapat memicu tumbuhnya jamur pada lidah. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko ini pada lidah adalah kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi serta meminimalisir faktor risiko di atas guna mencegah jamur tumbuh pada mulut Anda.

Jika sudah terjadi infeksi jamur pada lidah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Faktor Risiko Lidah Berjamur Akibat Kandidiasis Oral

Faktor Risiko Lidah Berjamur Akibat Kandidiasis Oral
Faktor Risiko Lidah Berjamur Akibat Kandidiasis Oral

Masalah ini merupakan kondisi di mana terdapat pertumbuhan jamur pada permukaan lidah.

Salah satu faktor risiko untuk terjadinya masalah ini adalah Kandidiasis Oral, yaitu infeksi jamur pada rongga mulut yang dapat menyebar ke lidah.

Beberapa faktor risiko Kandidiasis Oral meliputi kekurangan sistem kekebalan tubuh, penggunaan antibiotik jangka panjang, penggunaan obat-obatan tertentu seperti steroid, kebiasaan merokok, serta diabetes mellitus.

Selain itu, orang yang mengalami xerostomia atau kekurangan air liur juga berisiko lebih tinggi mengalami Kandidiasis Oral dan lidah berjamur.

Baca Juga: Berapa Biaya Pengobatan Kandidiasis?

Bagaimana Cara Mengatasi Lidah Berjamur?

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah tersebut. Penasaran bagaimana cara mengatasinya? Ini ulasan lengkapnya:

1. Langkah-langkah Perawatan Lidah Berjamur

Perawatan masalah ini meliputi menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara teratur dan menggosok lidah menggunakan sikat gigi yang lembut.

Selain itu, menghindari makanan yang manis dan asam juga dapat membantu mengurangi risiko terkena terkena masalah ini.

Jika gejala tidak membaik dalam waktu beberapa hari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter spesialis yang berkaitan dengan masalah infeksi dalam tubuh.

2. Obat Antijamur

Obat antijamur adalah obat yang bisa Anda gunakan untuk mengobati infeksi terkait dengan jamur.

Pengobatan ini dapat berupa oral atau topikal, dan disesuaikan dengan kondisi pasien.

Sebelum menggunakan obat antijamur, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui dosis dan cara penggunaannya.

3. Sariawan vs Lidah Berjamur: Perbedaannya

Sariawan dan lidah berjamur adalah dua kondisi yang seringkali disalahartikan. Perbedaan utama antara keduanya adalah pada tampilan di mulut.

Sariawan biasanya terlihat seperti luka merah atau putih, sedangkan lidah berjamur ditandai dengan lapisan putih yang menutupi permukaan lidah dan rongga mulut.

Namun, sariawan dan lidah berjamur bisa saja terjadi bersamaan, sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda.

Pencegahan Lidah Berjamur

Lidah Berjamur Pada Anak
Lidah Berjamur pada Anak

Untuk mencegah masalah ini, pertama-tama pastikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menyikat gigi dan membersihkan lidah dengan sikat gigi khusus lidah.

Selain itu, hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan yang dapat merusak kesehatan mulut dan memicu infeksi jamur. Selalu jaga kebersihan mulut dan pastikan untuk selalu mengeringkan lidah setelah membersihkannya.

Selain itu, menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang banyak mengandung gula juga dapat membantu mencegah infeksi jamur di mulut.

Jika telah terinfeksi, segera mencari pengobatan medis dengan cara berkonsultasi dengan dokter atau dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan efektif untuk mengatasi lidah berjamur. 

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika Anda mengalami gejala masalah ini dan sudah tidak nyaman dengan kondisi lidah Anda dalam waktu yang berkepanjangan, maka Anda wajib ke Klinik Kulit dan Kelamin di Klinik Utama Pandawa.

Selain itu kamu juga bisa ke Klinik Kelamin Jakarta untuk pemeriksaan lainnya yang terkait dengan jamur. Apalagi Klinik Utama Pandawa memiliki tenaga medis dan staf medis yang terpercaya serta berpengalaman di bidangnya.

Silahkan konsultasi dokter kelamin secara gratis di Klinik Pandawa (Rahasia Terjamin).

Pertanyaan Terkait Lidah Berjamur

Apakah lidah berjamur bisa sembuh?


Penyakit ini bisa sembuh dengan pengobatan yang tepat. Masalah ini terjadi saat jamur tumbuh di permukaan lidah dan menimbulkan rasa sakit dan perih.

Jamur ini biasanya muncul akibat kurang bersihnya mulut dan tubuh, serta faktor lain seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Untuk menyembuhkan masalah ini, dokter akan meresepkan obat antijamur serta memberikan saran untuk menjaga kebersihan mulut dan tubuh secara teratur.

Dengan pengobatan yang tepat, masalah ini bisa sembuh dengan baik dan mencegahnya kembali terjadi di masa depan.

Apa penyebab lidah berjamur putih?


Lidah berjamur putih datang akibat pertumbuhan jamur pada permukaan lidah. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan pH di dalam mulut atau kekurangan gizi.

Selain itu, penggunaan antibiotik juga dapat menyebabkan pertumbuhan jamur pada lidah.

Masalah ini dapat terlihat seperti lapisan putih yang menutupi seluruh atau sebagian permukaan lidah, dan seringkali disertai dengan rasa tidak nyaman atau sakit di mulut.

Untuk mencegah masalah ini, penting untuk menjaga keseimbangan pH di dalam mulut dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Kenapa lidah berwarna putih dan tenggorokan sakit?


Lidah berwarna putih dapat disebabkan oleh berjamurnya lidah.
Lidah berjamur ini biasanya terjadi pada orang yang makan makanan yang terkontaminasi atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, tenggorokan sakit juga menjadi salah satu penyebab lidah berwarna putih. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan atas seperti flu atau tonsilitis.

Jika Anda mengalami gejala ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Referensi:

Green Tongue: Should You Worry?, Healthline diakses 2023: https://www.healthline.com/health/green-tongue

Seven causes of a green tongue, Medical News Today diakses 2023: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321481

Share: