Search
Close this search box.

Berapa Biaya Pengobatan Kandidiasis? – Klinik Pandawa

Kandidiasis merupakan infeksi jamur karena semua jenis candida (sejenis ragi). Bila mengenai mulut, kandidiasis sering disebut orang awam sebagai sariawan. Tanda dan gejalanya meliputi bercak putih di lidah atau area lain di mulut dan tenggorokan.

Selain di mulut, kandidiasis juga bisa mempengaruhi vagina atau mungkin disebut sebagai infeksi jamur atau sariawan vagina. Kandidiasis merupakan salah satu penyakit yang umum ditemui.

Apa itu Kandidiasis?

Kandidiasis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh jamur dan bisa mempengaruhi mulut, penis, atau vagina. Penyakit yang satu ini bisa mengakibatkan demam bersama dengan gejala lain tergantung bagian yang terlibat.

Kandidiasis memiliki tanda yang berbeda tergantung bagian mana yang terkena. Ketika mengenai vagina, terkadang kelur cairan putih seperti keju dari vagina. Selain itu, rasa ruam dan gatal juga bisa terjadi ketika Anda mengalami kandidiasis.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Gejala Kandidiasis

Tanda dan gejala kandidiasis bervariasi tergantung pada area yang terkena. Sebagian besar infeksi kandidiasis menyebabkan komplikasi seperti gatal,

kemerahan, dan rasa tidak nyaman. Perlu dicatat jika komplikasi bisa menjadi parah atau fatal jika tidak ditangani dengan tepat.

Pada orang sehat (imunokompeten), kandidiasis biasanya merupakan infeksi lokal pada kulit, kuku tangan atau kuku kaki (onikomikosis), atau membran mukosa, termasuk rongga mulut dan faring (sariawan), kerongkongan, dan alat kelamin (vagina, penis, dll.).

Sedangkan pada orang immunocompromised, infeksi kandidiasis di kerongkongan terjadi lebih sering daripada pada individu yang sehat dan memiliki potensi untuk menyebabkan kondisi yang cukup serius.

Selain itu kandidiasis juga bisa menyebabkan berbagai gejala mental seperti kabut otak, masalah ingatan, kesulitan berkonsentrasi, kecemasan, depresi, cepat marah, perubahan suasana hati, dan bahkan psikosis dalam kasus yang jarang terjadi.

Hal ini dikarenakan kandidiasis bisa menyebabkan racun yang memengaruhi otak dan sistem saraf yang membuat masalah dari sisi emosional dan kognitif.

Baca Juga: Infeksi Jamur Pada Kulit, Jangan Anggap Enteng, Awas Menular

Pemeriksaan Kandidiasis

Pemeriksaan Kandidiasis
Ilustrasi Pemeriksaan Kandidiasis

Pemeriksaan kandidiasis cukup beragam tergantung di bagian mana Anda terkena penyakit yang satu ini.

Ketika terjadi kandidiasis oral, biasanya pemeriksaan akan dilakukan di sekitar mulut khususnya di bagian yang ada bercak putih dan iritasi.

Sampel dari area yang terinfeksi juga dapat diambil untuk menentukan organisme apa yang menyebabkan infeksi. Selain itu pemeriksaan mikroskopis atau pembiakan juga bisa dilakukan untuk mendiagnosa kandidiasis.

Selain itu pemeriksaan yang menggabungkan metode swab dan inkubasi juga bisa dilakukan terkait kandidiasis meskipun metode yang satu ini menjadi salah satu metode pemeriksaan yang mungkin cukup rumit untuk dilakukan.

Baca Juga: Penis Gatal? Wah, Bisa Jadi Gejala dari Penyakit Kelamin Tuh!

Biaya Pengobatan Kandidiasis

Biaya pengobatan kandidiasis berbeda-beda tergantung dokter atau Klinik Kulit dan Kelamin tempat Anda melakukan pemeriksaan.

Selain itu, metode tes yang dilakukan atau panjang penelitian sebelum Anda dinyatakan terkena kandidiasis juga akan berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan.

Melakukan konsultasi dahulu sebelum melakukan pemeriksaan bakal membuat Anda mengetahui lebih dulu biaya pasti mengenai pengobatan kandidiasis.

Klinik Pandawa merupakan Klinik Kulit dan Kelamin terpercaya yang memiliki dokter, tenaga medis, fasilitas lengkap, dan teknologi canggih untuk mengobati kandidiasis. Anda bisa melakukan konsultasi dokter kulit di Klinik Pandawa terkait biaya kandidiasis.

Apakah Kandidiasis Menular?

Jamur kandidiasis bisa menyebar dari satu orang ke orang lain namun tidak berarti penularannya seperti virus flu.

Jika Anda bersentuhan dengan seseorang yang menderita kandidiasis, Anda belum tentu mengembangkan infeksi karena ragi pada orang lain tidak mengubah keseimbangan ragi dan bakteri dalam tubuh Anda, tetapi kemungkinan itu dapat mengubah keseimbangan Anda dan menyebabkan infeksi.

Untuk orang tua yang menyusui bayi yang baru lahir, jika anak Anda terkena kandidiasis oral, infeksi tersebut dapat berpindah ke Anda melalui air liur bayi Anda. Jika ini terjadi, maka Anda bisa melakukan pengobatan bersama bayi Anda untuk mencegah infeksi terjadi kembali.

Baca Juga: Miss V Gatal? Segera Atasi Sebelum Terkena Komplikasi Berbagai Penyakit Berbahaya!

Konsultasi Dokter di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa merupakan Klinik Kulit dan Kelamin  terbaik serta terpercaya yang memiliki Dokter terpercaya dan berpengalaman, staf medis yang ramah dan cekatan, serta fasilitas dan teknologi yang lengkap serta canggih.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan metode pemeriksaan terkait pengobatan kandidiasis yang tepat tanpa rasa khawatir dan tetap nyaman selama prosesnya.

Anda bisa melakukan berbagai konsultasi terkait kandidiasis  di Klinik Utama Pandawa untuk mendapatkan hasil terbaik. Selain itu Klinik Utama Pandawa memberikan berbagai kenyamanan salah satunya adalah menjaga rahasia setiap pasiennya.

Pertanyaan Terkait Kandidiasis

Kandidiasis Apakah Bisa Sembuh?


Kandidiasis tentunya bisa disembuhkan jika penanganannya tepat. Namun ketika Anda tidak mengobatinya, kandidiasis bisa menjadi penyakit yang sangat berbahaya untuk Anda.

Apakah Kandidiasis Menular


Jamur kandidiasis bisa menyebar dari orang ke orang namun penularannya tidak seperti penularan flu.

Referensi:

Share: