Search
Close this search box.

Infeksi Jamur Kulit Tinea Versicolor: Bahaya atau Tidak?

Infeksi jamur kulit tinea versicolor atau biasa kita kenal dengan “panu” adalah infeksi jamur pada kulit yang cukup umum. Infeksi jamur tinea menyebabkan perubahan warna pada kulit.

Penderita panu akan mengalami bercak berwarna putih, kuning, merah, merah muda atau coklat.

Gejala Infeksi Jamur Tinea Versicolor

Infeksi jamur tinea versicolor biasanya tidak menyebabkan gejala yang parah, tetapi dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit. Gejala tinea versicolor paling sering muncul di bagian atas tubuh, seperti leher, dada, lengan, dan punggung.

  • Muncul bercak-bercak perubahan warna kulit, biasanya di punggung, dada, leher, dan lengan atas, yang mungkin tampak lebih terang atau lebih gelap dari biasanya
  • Gatal ringan
  • Bersisik

Artikel Lainnya: Penyebab Pityriasis Alba, Penyakit Mirip Panu

Penyebab Infeksi Jamur Tinea Versicolor

Pertumbuhan berlebihan pada jamur yang secara alami ada di kulit Anda adalah hal utama yang menyebabkan infeksi ini. Cuaca panas, kelembapan, dan paparan sinar matahari dapat memperburuk infeksi jamur tinea atau panu. 

Kenali Infeksi Kulit Akibat Jamur (Tinea), Awas ada yang Menular! (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Apakah Infeksi Jamur Kulit Tinea Versicolor atau Panu Berbahaya?

Panu sebenarnya tidak berbahaya atau menular, tetapi dapat menimbulkan rasa gatal yang cukup mengganggu. Penyakit kulit ini dapat mempengaruhi semua warna kulit secara berbeda. 

Infeksi jamur kulit tinea versicolor dapat menyebabkan bercak-bercak kecil membulat pada kulit yang berwarna lebih terang atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya. 

Bercak-bercak tersebut bisa terlihat berwarna putih, merah muda, merah, coklat, cokelat muda atau kuning. 

Pada kulit yang lebih gelap, panu tampak akan berwarna putih atau cokelat muda. Pada kulit yang lebih terang atau lebih pucat, panu tampak berwarna kemerahan atau merah muda.

Terkadang bercak-bercak ini dapat menjadi bersisik dan kering. Seiring waktu, bercak-bercak tersebut akan melebar, sehingga menutupi area yang lebih luas pada kulit.

Baca Juga: Infeksi Jamur Pada Kulit, Jangan Anggap Enteng, Awas Menular

Kapan Harus ke Dokter untuk Pengobatan Panu atau Infeksi Tinea Versicolor?

Pengobatan Panu Atau Infeksi Tinea Versicolor
Pengobatan Panu atau Infeksi Tinea Versicolor

Walaupun infeksi ini terkadang cukup mengganggu, tetapi umumnya mengobati panu adalah perkara mudah. Mengobati panu bisa dengan krim dan lotion khusus penyakit kulit yang banyak dijual di pasaran.

Tetapi jika keadaannya semakin memburuk seperti, area panu yang makin melebar atau infeksi jamur yang muncul terus-menerus maka harus ditangani langsung oleh dokter ahli kulit dan kelamin.

Untuk pengobatan infeksi tinea versicolor, Anda dapat mengunjungi Klinik Kulit dan Kelamin terbaik di Jakarta seperti Klinik Utama Pandawa.

Klinik Pandawa merupakan Klinik Jamur Kulit dan Klinik Kulit dan Kelamin terbaik yang dapat menyediakan diagnosa mendetail dan dokter-dokter spesialis penyakit kulit yang profesional dan berpengalaman.

Sekali lagi, walaupun infeksi jamur kulit tinea versicolor atau panu tidak menular dan tidak terlalu berbahaya, namun bila muncul terus-menerus, ada baiknya melakukan penanganan medis.

Referensi:

Share: