Search
Close this search box.

Gonore Sembuh Dengan Apa? – Klinik Pandawa

Gonore bisa menyerang baik wanita maupun pria dari segala usia. Lalu, gonore sembuh dengan apa? Penyakit tersebut tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Perlu pengobatan dan perawatan untuk terbebas dari gonore. Berikut cara penyembuhan gonore dan hal yang perlu dilakukan agar tidak terjangkit kembali.

Dampak yang Terjadi Jika Gonore Tidak Segera Mendapatkan Pengobatan

Sebelum membahas tentang bagaimana pengobatan gonore, penting bagi Anda untuk mengetahui dampak jika tidak segera melakukan pemeriksaan. Penyakit gonore bisa terjadi pada orang, tanpa menunjukan gejala-gejala secara umum.

Hal tersebut membuat deteksi penyakit gonore seringnya terlambat. Padahal jika pengidap gonore tidak segera mendapatkan pengobatan, itu bisa menimbulkan masalah cukup kompleks. Beberapa dampak yang terjadi ini pada wanita bisa menyebabkan penyakit radang panggul.

Artikel Lainnya: Konjungtivitis Gonore – Gejala, Penyebab, & Pengobatan

Tidak hanya itu saja efeknya, wanita yang terlambat mendapatkan pengobatan gonore bisa mengalami nyeri kronis, kemandulan hingga hamil ektopik. Ibu hamil penderita gonore juga bisa menularkan infeksinya kepada bayi yang dilahirkan.

Dampaknya pun juga tidak bagus, yaitu bisa menyebabkan gangguan penglihatan, infeksi sendi, hingga infeksi darah. Sedangkan pada pria infeksi gonore yang dibiarkan begitu saja bisa menimbulkan nyeri testis, infeksi di epididimis hingga menjadi tidak subur.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Bagaimana Cara Penyembuhan Penyakit Gonore?

Orang yang mengidap gonore bisa sembuh hanya dengan melakukan pengobatan tanpa perlu rawat inap apabila tidak akut. Penyakit gonore bisa sembuh dengan pengobatan memakai antibiotik. Pemberian antibiotik bisa dilakukan dengan metode oral maupun melalui injeksi.

Namun, pada beberapa kondisi terkadang pemberian antibiotik dilakukan dengan suntikan dan oral. Hal tersebut biasanya diterapkan pada pasien yang memiliki resistensi antibiotik. Antibiotik yang telah diresepkan harus Anda minum dengan waktu 7 hari. .

Jika yang terjangkit gonore adalah sepasang suami istri, umumnya perlu dilakukan pemeriksaan khusus dan harus minum obat adalah keduanya. Tujuannya tentu untuk meminimalisir terjadinya penularan kembali secara berulang.

Baca Juga: Perbedaan Gonore pada Wanita dan Pria

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Perawatan Gonore

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Perawatan Gonore
Ilustrasi Perawatan Gonore

Sebelumnya telah dijelaskan terkait gonore sembuh dengan apa yakni melakukan pengobatan sesegera mungkin dan mematuhi larangan yang diberikan oleh dokter. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika dalam masa perawatan gonore.

1. Mengkonsumsi Antibiotik Sesuai Anjuran

Seperti yang Anda ketahui, bahwa pengobatan gonore yaitu dengan antibiotik. Saat mengkonsumsi antibiotik biasanya tubuh sudah menunjukan tanda-tanda sembuh dari gonore. Namun, meskipun tanda sembuh sudah terlihat, pastikan Anda tetap mengkonsumsinya.

Hal tersebut dikarenakan, infeksi bakteri dalam tubuh Anda masih tetap ada. Jadi, untuk membantu proses perawatan berhasil pastikan mengkonsumsi antibiotik sesuai petunjuk penggunaan. Umumnya antibiotik diberikan untuk jangka waktu 7 hari.

Apabila Anda melakukan perawatan bersama dengan pasangan, pastikan untuk tetap mengkonsumsi antibiotik masing-masing. Jangan sampai Anda menukar obatnya, sebab bisa saja memiliki dosis yang berbeda.

2. Menghindari Hubungan Seksual

Selain dianjurkan mengkonsumsi antibiotik dalam waktu 7 hari Anda juga tidak boleh melakukan hubungan seksual terlebih dahulu. Begitupun 7 hari pasca perawatan berlalu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penularan kembali.

3. Melakukan Pemeriksaan Setelah Jarak 3 Bulan

Setelah dinyatakan sembuh dari proses perawatan, sebaiknya Anda kembali setelah 3 bulan untuk melakukan pemeriksaan ulang. Dengan melakukan pemeriksaan ulang, bisa diketahui kepastian bahwa Anda benar-benar telah sembuh.

Baca Juga:

4. Melakukan Konsultasi jika Timbul Gejala Pasca Perawatan

Berikutnya, tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui bahwa pasca menjalani perawatan bisa saja muncul gejala-gejala tertentu. Apabila Anda mengalami hal tersebut segera lakukan konsultasi agar segera diketahui penyebabnya.

Kapan Anda harus menemui dokter spesialis kulit dan kelamin? Tentu jawabannya saat gejala mulai muncul, sehingga tidak terjadi keterlambatan penanganan. Pemeriksaan bisa dilakukan di Klinik Gonore Jakarta.

Klinik Gonore terbaik dan terpercaya, yaitu: Klinik Utama Pandawa. Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin yang memiliki dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman. Konsultasi dokter kelamin gratis sekarang:

Referensi:

Share: