Search
Close this search box.

Pengaruh Ejakulasi Dini Pria pada Wanita – Klinik Pandawa

Apa itu ejakulasi dini? Bagi Anda yang belum mengerti, ejakulasi dini merupakan keluarnya cairan yang terjadi lebih cepat saat berhubungan.

Hal tersebut sering terjadi pada pria, tetapi jangan anggap remeh begitu saja. Pengaruh ejakulasi dini pria pada wanita bisa mengganggu hubungan.

Hubungan yang harmonis bisa menjadi terganggu karena ejakulasi dini. Bahkan ejakulasi dini menjadi salah satu tanda-tanda disfungsi seksual secara umum. Ingin tahu apa saja pengaruh ejakulasi dini dan cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut.

Penyebab Terjadinya Ejakulasi Dini

Ejakulasi Dini Pria 2
Ejakulasi Dini Pria

Sebelum membahas mengenai pengaruh dan tips mengatasi ejakulasi dini, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya apa saja. Berikut penjelasannya.

1. Faktor Emosional

Pertama, faktor yang bisa menjadi pemicu seseorang mengalami ejakulasi dini adalah emosional.

Hal ini bisa karena depresi, kecemasan, rasa bersalah dan adanya rasa kurang percaya diri terhadap tubuh. pikiran-pikiran negatif tentang representasi seksual juga bisa menjadi penyebabnya.

2. Kondisi Fisik

Selain faktor emosional, kondisi fisik juga dapat menjadi penyebab terjadinya ejakulasi dini.

Beberapa kondisi fisik yang dimaksud seperti produksi hormone tidak normal, neurotransmitter yang tidak seimbang, terjadinya peradangan hingga infeksi prostat dan faktor genetik.

TanyaDokter #Eps4 : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini – Part1 (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Artikel Lainnya: 4 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini di Klinik Utama Pandawa

Apa Saja Pengaruh Ejakulasi Dini Pada Pria dan Wanita?

Tentunya kondisi ejakulasi dini pada pria juga dapat mempengaruhi wanita, dan ini penting diperhatikan. Untuk penjelasannya ada di bawah ini.

1. Harus Berupaya Keras Bila Ingin Mendapatkan Keturunan

Menurut penelitian yang dilakukan pada 500 pasangan, menyebutkan bahwa waktu rata-rata penetrasi hingga ejakulasi sekitar 5 menit.

Bagi pria yang mengalami ejakulasi dini, hal itu bisa membuat wanita menjadi kurang merasa puas sehingga sulit mencapai klimaks.

Bahkan apabila hal itu terjadi sebelum waktu penetrasi, maka ini juga bisa menghambat proses pembuahan. Tentu saja hal tersebut membuat pasangan harus lebih ekstra berjuang untuk mendapatkan keturunan.

2. Memicu Terjadinya Stress

Pengaruh ejakulasi dini pria pada wanita juga bisa memicu stres. Jadi, sebenarnya saat pria mengalami ejakulasi dini yang stress tidak hanya dirinya, melainkan pasangannya pun juga merasakan hal sama.

Jika sudah mengalami stress biasanya hal tersebut akan terlihat dari tindakan pasangan. Hal yang sering terlihat adalah berkurangnya perhatian intim dan rangsangan, karena merasa takut mengecewakan.

3. Membuat Hubungan Menjadi Tidak Harmonis

Jika tahu bahwa mengalami ejakulasi dini, maka segera cari solusi. Ejakulasi dini dapat mempengaruhi hubungan menjadi tidak harmonis.

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang menyatakan bahwa durasi hubungan seksual ini adalah hal penting dalam menjaga keharmonisan pasangan.

Baca Juga: Inilah Beragam Penyebab Ejakulasi Dini yang Perlu Pria Waspadai

Cara Mengatasi Ejakulasi DIni yang Mudah

Pengaruh ejakulasi dini pria pada wanita ini masih bisa dicari jalan keluarnya. Simak beberapa cara mengatasi ejakulasi dini pada penjelasan berikut ini.

1. Terapkan Teknik Berhenti dan Mulai

Ketika ingin memulai hubungan mulai dengan melakukan rangsangan hingga menunjukan tanda-tanda orgasme. Kemudian setelah sekitar 30 detik, hentikan rangsangan tersebut. Mengenai durasi waktu berhenti Anda bisa menyesuaikan dengan pasangan.

Setelah itu Anda dapat melakukan rangsangan kembali, dan bisa mengulanginya hingga 3 sampai 4 kali sebelum mengalami ejakulasi.

2. Teknik The Squeeze

Teknik satu ini kurang lebih sama dengan metode sebelumnya. Hanya saja dalam praktiknya ketika mencapai orgasme dapat meremas bagian kepala penis hingga kehilangan ereksi. Anda bisa mengulangi hal ini sampai beberapa kali sebelum ejakulasi.

#TanyaDokter #Eps4 : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini – Part 2 (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

3. Menghindari Berpikir Erotis

Menurut pengakuan beberapa pria, memikiran hal hal erotis sebelum berhubungan bisa mempengaruhi terjadinya ejakulasi.

Jadi untuk mengatasi ejakulasi dini, Anda bisa mengalihkan pikiran erotis ketika akan melakukan hubungan intim. Tujuan mengalihkan pikiran ini bertujuan untuk membantu mengurangi gairah yang cepat memuncak.

4. Latihan Memperkuat Otot

Melakukan latihan memperkuat otot tidak hanya bermanfaat bagi wanita, melainkan pada pria karena juga bisa mengontrol ejakulasi. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat otot panggul adalah dengan senam kegel.

Namun, untuk melakukan senam kegel ini Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagian otot mana yang perlu diperkuat.

Caranya yaitu dengan memegang erat-erat pada bagian otot selama 3 detik lalu lepaskan dengan waktu sama. Ulangi aktivitas tersebut setidaknya selama 10 kali setiap harinya.

5. Berhubungan Seksual dengan Menggunakan Kondom

Pengaruh ejakulasi dini pria pada wanita bisa Anda atasi dengan cara memakai kondom saat berhubungan intim.

Meskipun pada beberapa orang cara satu ini terbilang kurang nyaman, tetapi penggunaan kondom dapat membuat Anda cukup peka dan bisa bertahan lebih lama.

6. Mastrubasi

Cara lain yang telah dilakukan beberapa pria untuk mengatasi ejakulasi dini yaitu dengan mastrubasi. Hal ini bisa dilakukan pada beberapa jam sebelum melakukan hubungan seksual. Cara ini bisa membantu pria menjadi pemegang kendali selama hubungan intim berlangsung.

7. Melakukan Konsultasi dengan Dokter

Seperti yang Anda ketahui bahwasanya penyebab ejakulasi dini bisa karena faktor emosional dan fisik. Dengan melakukan konsultasi, psikiater bisa membantu dalam mengatasi urusan emosional yang bisa menjadi pemicu ejakulasi dini.

Biasanya dalam hal ini jika tidak terjadi perubahan, maka Anda membutuhkan konsultasi dengan dokter.

8. Mengkonsumsi Obat dengan Resep Dokter

Selain dengan treatment, jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter maka akan diberikan beberapa obat-obatan khusus.

Beberapa obat yang biasa direkomendasikan untuk mengatasi hal tersebut berupa antidepresan, tramadol dan krim maupun semprotan anestesi.

Penggunaan krim atau semprotan anestesi ini dioleskan dibagian kepala penis. Menggunakan krim tersebut bisa membuat berkurangnya sensitivitas.

Namun, pastikan biarkan krim tersebut selama 30 menit dan cuci terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan intim.

Jika tidak Anda cuci terlebih dahulu, dikhawatirkan pasangan bisa kehilangan sensasi. Selain hal itu biasanya dokter juga meresepkan obat khusus untuk disfungsi ereksi.

Namun, resep obat itu kembali lagi sesuai dengan hasil konsultasi terlebih dahulu bersama dokter.

Baca Juga: Benarkah Ejakulasi Dini Bisa Menghambat Kehamilan?

Kapan Harus ke Dokter?

Ejakulasi Dini Pria 3
Ejakulasi Dini pada Pria

Mengetahui penyebab ejakulasi dini lebih pastinya bisa Anda lakukan dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter.

Hal ini bertujuan untuk mendeteksi ejakulasi sejak dini. Tentunya juga untuk menyelamatkan dampak pengaruh ejakulasi dini pria pada wanita.

Anda dapat mendatangi Klinik Pengobatan Ejakulasi Dini atau Klinik Spesialis Andrologi terbaik di Indonesia yaitu Klinik Pandawa.

Klinik ini memiliki fasilitas lengkap seperti layanan pemeriksaan dan pengobatan ejakulasi dini, serta klinik kulit dan kelamin.

Anda juga bisa mendapatkan layanan menarik yaitu konsultasi dokter online gratis dengan rahasia terjaga.

Referensi:

Share: