Search
Close this search box.

4 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini di Klinik Utama Pandawa

Ejakulasi dini merupakan sebuah kondisi ketika seseorang mencapai orgasme lebih cepat dari yang mereka mau dalam aktivitas seksual.

Penyakit ini adalah salah satu yang paling umum hinggap pada pria. Penyakit yang satu ini terbagi dua yaitu primer dan sekunder.

Ejakulasi dini primer merupakan ejakulasi dini yang terjadi sepanjang kehidupan seksual seseorang. Sedangkan sekunder mereka dapatkan setelah periode fungsi seksual normal.

Beberapa faktor kerap mempengaruhi kondisi tersebut seperti faktor psikologis seperti kecemasan, stres, atau masalah hubungan, serta faktor fisik seperti ketidakseimbangan hormon, kondisi medis tertentu, atau sensitivitas penis.

Umumnya ejakulasi dini bisa disembuhkan melalui sejumlah teknik seperti teknik psikologis dan perilaku. Dalam beberapa kasus, intervensi medis kerap Anda perlukan.

Memperbaiki ejakulasi dini bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang karena menghindari mereka dari rasa stress dan memperbaiki hubungan Anda dengan pasangan. Kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai penyakit tersebut.

Apa itu Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini adalah kondisi saat seseorang tidak mampu mempertahankan ejakulasi mereka sesuai dengan keinginan mereka.

Hal ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi, yang menyebabkan ketidakpuasan dan frustrasi pada salah satu atau kedua pasangan yang terlibat.

Ejakulasi dini dianggap sebagai masalah seksual yang umum, dan dapat memiliki efek psikologis dan emosional pada individu dan hubungan.

Artikel Lainnya: Inilah Beragam Penyebab Ejakulasi Dini yang Perlu Pria Waspadai

Penyebab dan Faktor Risiko Ejakulasi Dini

Penyebab pasti ejakulasi dini tidak bisa dipastikan. Tapi penyebabnya diyakini karena faktor psikologis, biologis, dan interpersonal. Sedangkan faktor risiko dari penyakit ini adalah sebagai berikut:

  • Usia
  • Orang dengan masalah kesehatan
  • Orang yang mengalami masalah psikologis
  • Disfungsi ereksi
  • Orang dengan masalah genetik
  • Orang dengan gaya hidup tertentu seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi narkoba, dan alkohol

Penting untuk diingat bahwa faktor risiko ini tidak menjamin berkembangnya ejakulasi dini, dan individu tanpa faktor risiko ini tetap dapat mengalami kondisi tersebut.

Selain itu, memiliki satu atau lebih faktor risiko ini tidak berarti bahwa ejakulasi dini tidak dapat dihindari.

#TanyaDokter #Eps4 : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini – Part1 (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Bagaimana Ejakulasi Mempengaruhi Kehidupan Seksual dan Hubungan Personal?

Ejakulasi dapat memiliki efek fisik dan psikologis pada kehidupan seksual dan hubungan pribadi seseorang. Beberapa cara masalah ini mempengaruhi kehidupan seksual dan hubungan personal Anda antara lain:

1. Karena Kepuasan Seksual

Ejakulasi adalah bagian aktivitas seksual yang alami dan menyenangkan. Bagi sebagian besar individu, itu berkontribusi pada rasa pemenuhan dan kepuasan seksual.

Kemampuan mengontrol ejakulasi dan memperpanjang aktivitas seksual dapat meningkatkan kenikmatan dan keintiman seksual.

2. Emosional yang Tidak Sejahtera

Ejakulasi dan kepuasan seksual dapat berdampak positif pada kesejahteraan emosional. Terlibat dalam pengalaman seksual yang memuaskan dapat melepaskan endorfin, mengurangi stres, dan meningkatkan rasa rileks dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Sebaliknya, rasa khawatir yang terkait dengan penyakit ini bisa menyebabkan meningkatnya stress, rasa cemas, dan turunnya kepercayaan diri.

3. Komunikasi Menjadi Kurang Intim

Ketika ejakulasi dini terjadi, biasanya pasangan akan merasakan dampaknya lewat komunikasi yang kurang intim. Ini bisa menyebabkan masalah. Padahal, ketika hal ini terjadi, Anda bisa melakukan komunikasi dengan pasangan secara terbuka.

Penting untuk diperhatikan bahwa dampak ejakulasi pada kehidupan dan hubungan seksual dapat bervariasi dari orang ke orang. Setiap individu dan hubungan adalah unik, dan pentingnya faktor terkait ejakulasi mungkin berbeda.

Baca Juga: Benarkah Ejakulasi Dini Bisa Menghambat Kehamilan?

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini di Klinik Pandawa

Sebagai sebuah masalah dan penyakit, tentunya ejakulasi dini bisa diobati. Anda bisa melakukan beberapa cara pengobatan terkait masalah ini. Beberapa caranya antara lain sebagai berikut:

1. Metode Start-stop

Metode yang satu ini adalah teknik yang umumnya orang gunakan mengatasi ejakulasi dini. Ini melibatkan penghentian sementara rangsangan seksual sebelum mencapai titik ejakulasi, membiarkan gairah mereda, dan kemudian melanjutkan aktivitas seksual.

Teknik ini membuat seseorang mendapatkan kontrol lebih baik terkait ejakulasi dan memperpanjang durasi serta aktivitas seksual yang dijalani.

2. Metode Squeeze

Metode squeeze atau biasa orang kenal sebagai teknik pemerasan adalah teknik perilaku yang dapat membantu mengatasi ejakulasi dini. Ini melibatkan penerapan tekanan ke pangkal penis untuk mengurangi gairah dan menunda ejakulasi. Teknik ini dapat dilakukan sendiri atau dengan pasangan.

3. Pengobatan Medis

Ada berbagai obat yang tersedia yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi ejakulasi dini. Obat-obatan tersebut umumnya bisa diperoleh dari dokter ketika Anda melakukan konsultasi. Beberapa obat yang umumnya bisa Anda gunakan antara lain:

  • Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRI)
  • Antidepresan Trisiklik
  • Anestesi Topikal
  • Inhibitor Phosphodiesterase-5 (PDE5)

Anda perlu mencatat jika obat-obatan tersebut memiliki potensi efek samping sehingga penggunaannya harus Anda komunikasikan dengan dokter atau tenaga medis yang berkaitan.

Obat dan dosis spesifik akan tergantung pada keadaan individu dan riwayat medis.

#TanyaDokter #Eps4 : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini – Part 2 (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

4. Konseling dan Terapi Pasangan

Konseling dan terapi memiliki banyak manfaat bagi pasangan yang mengalami ejakulasi dini.

Hal ini bisa membantu mengatasi aspek psikologis, emosional, dan relasional dari kondisi tersebut, memungkinkan pasangan untuk bekerja sama menuju kepuasan seksual yang lebih baik dan kesejahteraan hubungan secara keseluruhan.

Sedangkan terapi pasangan melibatkan kedua pasangan menghadiri sesi bersama.

Ini memberikan lingkungan yang aman dan mendukung untuk secara terbuka mendiskusikan masalah, meningkatkan komunikasi, dan mengatasi masalah emosional atau hubungan yang terkait dengan ejakulasi dini.

Terapi pasangan dapat membantu meningkatkan keintiman, memperkuat hubungan emosional, dan mengembangkan strategi untuk mengelola dampak terkait ejakulasi dini.

Baca Juga: Bahaya Ejakulasi Dini Ini Jangan Sampai Anda Alami! Atasi Segera

Cara Mencegah Ejakulasi Dini

Melakukan gaya hidup sehat bisa berkontribusi terkait kesehatan seksual secara menyeluruh dan berpotensi membantu mencegah penyakit ini.

Meskipun perubahan gaya hidup mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan kondisi ini, namun ini bisa menjadi salah satu langkah pencegahan terbaik.

Berikut ini adalah beberapa faktor gaya hidup yang mungkin bermanfaat. Penasaran? Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Olahraga Teratur

Melakukan olahraga teratur tentunya akan menciptakan efek positif pada fungsi seksual dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Olahraga membantu meningkatkan aliran darah, mengurangi stres, dan meningkatkan suasana hati, yang secara tidak langsung dapat berkontribusi pada kinerja dan kontrol seksual yang lebih baik.

2. Membatasi Penggunaan Alkohol

Konsumsi alkohol dan penggunaan narkoba yang berlebihan dapat mengganggu kinerja seksual dan kontrol ejakulasi.

Membatasi atau menghindari zat-zat tersebut dapat mendukung kesehatan seksual secara keseluruhan.

3. Diet Sehat

Diet bergizi yang mencakup berbagai buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat dapat mendukung kesehatan dan fungsi seksual secara keseluruhan.

Mempertahankan diet seimbang dapat membantu mengatur berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan kesejahteraan umum.

4. Mengurangi Stres

Stres dan kecemasan dapat menyebabkan ejakulasi dini. Terlibat dalam aktivitas pengurangan stres seperti teknik relaksasi (misalnya, pernapasan dalam, meditasi, yoga), olahraga teratur, dan melakukan hobi atau minat dapat membantu mengelola tingkat stres dan meningkatkan kinerja seksual.

Kapan Harus ke Dokter Spesialis Andrologi di Klinik Utama Pandawa?

Ketika Anda mengalami sejumlah gejala di atas maka Anda bisa langsung melakukan konsultasi ke Dokter Spesialis Andrologi di Klinik Utama Pandawa.

Melakukan konsultasi dan pengobatan sangat penting karena ejakulasi dini jika dibiarkan akan menyebabkan sejumlah masalah yang membuat kualitas dan produktivitas hidup Anda menurun.

Jika Anda tertarik untuk melakukan pengobatan, Anda bisa datang atau konsultasi ke Klinik Spesialis Andrologi di Klinik Utama Pandawa. Dengan dokter terpercaya, fasilitas lengkap, dan teknologi terkini, Klinik Pandawa siap membantu Anda mendapatkan tes tersebut.

Klinik Pandawa juga merupakan Klinik Ejakulasi Dini dan Klinik Kulit Kelamin terbaik di Jakarta yang sudah sangat berpengalaman serta terpercaya.

Anda juga bisa melakukan konsultasi online secara gratis di Klinik Pandawa untuk mendapatkan perawatan dan informasi seputar pengobatan ejakulasi dini sesegera mungkin (Rahasia Terjamin).

Kesimpulan

Ejakulasi dini merupakan penyakit yang bisa mengganggu dan umum terjadi di masyarakat. Mengetahui pengobatan, pengertian, dan cara mencegah penyakit ini akan sangat membantu Anda terlepas dari penyakit ini.

Jika tidak ditangani dan dibiarkan, penyakit ini akan membuat Anda mengalami banyak kerugian mulai dari hubungan yang memburuk dengan pasangan sampai kurangnya rasa percaya diri.

Referensi:

Share: