Wajib Tahu! 5 Ciri Kutil Kelamin pada Wanita

Kutil Kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang banyak mejangkiti orang-orang yang sering berganti-ganti pasangan dan tidak mengetahui riwayat kesehatannya.

Penyakit ini bisa menyebar karena virus dan jika Anda tidak mengobatinya maka akan sangat berbahaya.

Pada wanita, kutil kelamin memiliki ciri-ciri yang wajib Anda ketahui. Lantas seperti apa ciri-ciri kutil kelamin pada wanita? Untuk mengetahuinya lebih dalam kita akan membahas mengenai ciri-ciri kutil kelamin pada wanita.

Kutil Kelamin Itu Apa?

Condyloma acuminate atau kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang memiliki ciri-ciri pertumbuhan kecil berwarna kulit atau merah muda di bagian kelamin wanita. Biasanya kutil tersebut akan muncul di labia, di bagian pembukaan vagina, atau di dekat anus.

Menurut penelitian, wanita lebih banyak terkena kutil kelamin daripada pria. Selain itu di Amerika Serikat, kutil kelamin menjadi penyakit menular seksual paling umum yang sering orang jumpai.

Artikel Lainnya: Kutil Kelamin Pria – Pengertian, Penyebab, dan Ciri-cirinya

Penyebabnya Apa Sih?

Adapun penyebab kutil kelamin adalah human papillomavirus (HPV). Umumnya di dunia ini ada lebih dari 100 jenis tipe HPV yang tentunya bisa menyebabkan sejumlah masalah. Untuk kutil kelamin, HPV tipe enam dan 11 menjadi penyebab utama kutil.

Virus ini menyebar lewat kontak kulit ke kulit secara langsung. Caranya bisa lewat seks oral, seks anal, hubungan seksual, atau kontak lain pada area genital. Selain itu infeksi HPV tidak bisa ditularkan lewat dudukan toilet.

Apakah Kutil Kelamin Bisa Menular? (Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa)

Perlu dicatat bahwa kutil biasanya tidak selalu terlihat. Meski begitu, virus masih bisa menular. Anda juga perlu memahami jika mengobati.

Kutil bisa saja tidak mengurangi kemungkinan penyebaran virus. Oleh karena itu, semua orang yang aktif berhubungan seksual harus dianggap menjadi sumber potensial HPV, bukan hanya penderita yang memiliki kutil yang terlihat.

Kutil mungkin muncul berminggu-minggu hingga satu tahun atau lebih setelah terpapar virus. Anda juga mungkin tidak tahu kapan dan bagaimana Anda bisa terinfeksi.

Baca Juga: Apakah Kutil Kelamin Bisa Sembuh?

Ciri-ciri Kutil Kelamin pada Wanita

Ciri-ciri Kutil Kelamin pada Wanita

Kutil berwarna kulit atau merah muda, dan mungkin halus dan rata atau timbul dengan tekstur kasar. Biasanya kutil terletak di labia atau di bagian pembukaan vagina meskipun kenyataannya kutil bisa berada di dalam anus atau di sekitarnya.

Meski umumnya tanpa gejala, beberapa kutil kelamin wanita kerap merasa gatal, terbakar, atau nyeri di area genital. Selain itu ciri-ciri kutil kelamin wanita bisa berbeda-beda juga tergantung individunya.

Kutil kelamin biasanya tumbuh dalam jumlah tunggal meskipun bisa juga berkelompok. Gejala kutil kelamin ini biasanya ringan sampai sedang dan dapat datang dan pergi seiring berjalannya waktu.

Namun, ada potensi gejala lain yang bisa terjadi akibat infeksi ini. Misalnya, kutil kelamin dapat menyebabkan pendarahan setelah berhubungan seks.

Meski gejalanya kurang umum, namun kemungkinan mengenai ciri-ciri selalu ada. Beberapa ciri-ciri lainnya antara lain:

  • Pertumbuhan berwarna daging atau abu-abu di sekitar vagina, anus, atau paha atas
  • Pertumbuhan seperti kembang kol
  • Pertumbuhan mungkin bersifat internal
  • Gatal atau berdarah dari vagina atau anus
  • Perubahan aliran urin

Untuk lebih akurat, melakukan pemeriksaan obgyn secara rutin bisa membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda dan apakah Anda punya kutil kelamin atau tidak.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kutil Kelamin yang Tidak Berbahaya

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika sejumlah gejala mulai terjadi atau ada rasa ketika vagina Anda mengalami gatal atau nyeri terbakar, Anda wajib memeriksakan diri ke dokter.

Hal ini untuk mengetahui soal penyakit apa yang menimpa Anda. Semakin cepat diketahui, maka semakin cepat ditanggulangi.

Anda bisa melakukan pemeriksaan di Klinik Pandawa Jakarta soal kutil kelamin. Klinik Pandawa Jakarta merupakan klinik kutil kelamin dan klinik kulit dan kelamin terpercaya serta berpengalaman yang mampu memberikan pelayanan terbaik serta pemeriksaan akurat mengenai kutil kelamin.

Anda juga bisa melakukan konsultasi online di Klinik Pandawa agar mendapatkan penanganan yang lebih cepat.

Referensi