Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Tes Pap Smear, Salah Satu Cara Mendeteksi Kanker Serviks

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

tes pap smearTes Pap Smear – Halo Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kalian hari ini nih? Di mana pun kamu berada jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan ya! Sahabat Pandawa, kalian pernah mendengar yang namanya tes “pap smear” nggak?

Kanker merupakan penyakit yang cukup ditakuti oleh kebanyakan umat manusia di dunia ini. Pasalnya, kanker ganas dapat merenggut nyawa seseorang. Salah satu kanker yang berbahaya adalah kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Kanker serviks ini biasanya terjadi pada wanita yang aktif secara seksual karena erat keterkaitannya dengan penyakit menular seksual. Nah berbicara mengenai tes pas smear seperti yang telah disinggung di atas tadi, tes ini dapat dilakukan sebagai langkah awal mendeteksi terjadinya kanker serviks pada wanita.

Sahabat Pandawa, kami selalu berkomitmen untuk mengedukasi kalian semua melalui informasi dan juga artikel yang kami sajikan. Terutama artikel yang terfokus pada kesehatan kulit, kesehatan kelamin, edukasi seksual, dan juga tips trik kecantikan (estetika).

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tes pap smear mulai dari pengertiannya, penyakit yang dapat dideteksi, dan juga lokasi yang menyediakan layanan tes ini. Oleh karena itu, sebaiknya kalian menyimak artikel ini sampai selesai supaya mendapat informasi yang bermanfaat. Daripada berlama-lama lagi langsung aja yuk disimak!

 

Apa itu tes pap smear?

Tes pap smear adalah prosedur untuk menemukan kanker serviks (leher rahim) pada wanita. Metode pengecekan ini juga dapat menemukan sel abnormal (sel prakanker) di serviks yang dapat berubah menjadi sel kanker. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel sel pada leher rahim. Tes laboratorium kemudian akan dilakukan untuk menentukan apakah sampel mengandung sel prakanker atau kanker.

 

Tujuan pemeriksaan tes pap smear

Tujuan deteksi dini kanker serviks atau tes ini adalah untuk mencari kelainan pada serviks. Walaupun kanker tergolong penyakit yang fatal, kebanyakan ahli onkologi (ahli penyakit kanker) mengatakan bahwa dari semua jenis kanker, kanker serviks merupakan salah satu yang paling dapat dicegah dan disembuhkan jika terdeteksi sejak dini. Oleh karena itu, deteksi dini kanker serviks diharapkan dapat menurunkan jumlah penderita kanker serviks.

Beberapa tujuan deteksi dini kanker serviks antara lain:

  • Untuk mendeteksi pertumbuhan sel yang menjadi kanker
  • Ketahui apakah sel serviks kamu normal
  • Mendeteksi perubahan prakanker di serviks
  • Mendeteksi infeksi yang disebabkan oleh virus genitourinari dan penyakit menular seksual untuk mendeteksi dan mendeteksi sel abnormal yang hanya terdapat di lapisan luar serviks dan tidak menembus ke dalam
  • Menentukan tingkat keganasan kanker serviks

 

Siapa yang harus melakukan tes pap smear?

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, tes pap smear ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi sel kanker pada serviks supaya tidak menyebar dan tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Lantas, siapakah yang dianjurkan untuk melakukan tes ini?

  • Wanita muda yang sudah menikah atau belum menikah tetapi sangat aktif secara seksual
  • Wanita yang memiliki banyak pasangan seksual atau pernah menderita HPV (human papillomavirus) atau kutil kelamin
  • Wanita berusia di atas 35 tahun
  • Wanita yang mengonsumsi pil KB

 

Risiko tidak melakukan deteksi dini kanker serviks dengan tes pap smear

Sempat disinggung tadi bahwa kanker serviks merupakan kanker yang sangat berbahaya apabila sudah mencapai stadium akhir. Maka dari itu, tes ini sangat dianjurkan untuk mereka yang aktif secara seksual agar dapat mengantisipasi tumbuhnya sel kanker di leher rahim.

Ada pun risiko yang terjadi apabila tidak melakukan tes ini seperti berikut:

  • Nyeri hebat saat kanker menyebar dan menyebar ke saraf, tulang, atau otot
  • Gagal ginjal
  • Penggumpalan darah
  • Pendarahan yang berlebihan
  • Fistula
  • Keputihan yang tidak normal

 

Pentingnya melakukan tes pap smear dan penyakit yang bisa dicegah

Dalam hal deteksi dini, sebaiknya tidak dianggap enteng dan sepele karena tes ini sangat berguna untuk mendetail diagnosis kanker serviks, kanker endometrium, kanker tuba fallopi, dan kemungkinan kanker ovarium, serta bermanfaat sebagai perawatan pascaoperasi, kemoterapi dan radioterapi serta bermanfaat untuk mengetahui proses inflamasi pada berbagai infeksi bakteri dan jamur. Oleh karena itu, perlu segera berkonsultasi dengan dokter yang ahli dan berpengalaman agar dapat segera ditangani dengan cara yang tepat.

 

Layanan tes pap smear di Klinik Pandawa

Sahabat Pandawa, setelah mengetahui apa itu tes pap smear dan juga manfaatnya maka kalian, terutama para Ladies, sangat dianjurkan untuk melakukan tes ini demi mendeteksi kanker serviks sejak dini. Pasalnya kanker ini dapat menimbulkan efek yang mengerikan seperti kematian.

KLINIK PANDAWA adalah salah satu klinik andrologi dan ginekologi terbaik di Jakarta. Kami memiliki layanan tes pap smear yang dapat mendeteksi kanker serviks. Selain itu, Klinik Pandawa mempunyai dokter ginekologi yang sangat profesional dalam menangani penyakit-penyakit kewanitaan.

Jika Anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter kami secara online gratis di KONSULTASI GRATIS atau hubungi 0821-1141-0672 / 021-62313337 whatsapp / SMS / tel. Kami dengan senang hati melayani Anda. Semua rahasia medis dijamin.