Search
Close this search box.

Suntik Keloid, Solusi Atasi Benjolan Bekas Luka yang Membandel

Keloid sendiri adalah bekas luka yang tumbuh melebar dan menonjol dari permukaan kulit. Bekas luka ini dapat tumbuh menyerupai benjolan di bagian tubuh mana saja, tetapi paling sering terbentuk di tangan, kaki, sikut, perut pasca operasi dan lainnya. Keloid sangat mengganggu penampilan, dan bisa sebabkan aktivitas terganggu. Tak banyak orang mencari cara mengatasi luka keloid yaitu dengan injeksi atau suntik keloid. Namun, apa saja manfaat suntik keloid? Selengkapnya di bawah ini ya.

manfaat suntik keloid

Apakah Itu Suntik Keloid?

Suntik keloid merupakan prosedur penyuntikkan obat kortikosteroid ke area kulit yang mengalami benjolan daging agar permukaan kulit kembali rata.

Ketika kulit terluka lebar dan dalam, normalnya jaringan parut akan terbentuk untuk menutupi luka tersebut. Keloid timbul ketika jaringan parut tumbuh berlebihan, mengakibatkan bekas luka tersebut terlihat seperti benjolan daging.

Salah satu keloid yakni akibat kecelakan atau cidera di bagian tangan yang teriris pisau, kaki terluka, hingga biasanya pasca operasi atau bekas luka operasi.

BACA JUGA: Penyakit Psoriasis, Gangguan Kulit Kering Bersisik yang Mirip dengan Eksim

Bagaimana cara kerja injeksi keloid?

Obat kortikosteroid yang digunakan dalam prosedur suntik keloid dapat membantu mengurangi ukuran dan memperbaiki tampilan benjolan dengan beberapa cara. Berikut adalah penjelasannya.

 

  • Jaringan keloid terbentuk dari serat kolagen yang menumpuk. Kortikosteroid dapat mengurangi proses peradangan (inflamasi) yang terjadi pada keloid dengan cara memecah ikatan antara serat-serat ini serta dengan menghambat pergerakan sel darah putih, seperti monosit dan sel fagosit, ke area luka. Kondisi tersebut bisa mencega timbulnya rasa gatal dan nyeri di sekeliling keloid.

 

  • Kortikosteroid dapat mengurangi proses peradangan (inflamasi) yang terjadi pada keloid dengan Kortikosteroid dapat mencegah sel-sel fibroblas yang sudah ada membentuk sel fibroblas lebih banyak. Sel fibroblas sendiri yakni sel penghasil jaringan parut.

 

  • Manfaat Suntik keloid dengan kortikosteroid mampu menghambat perkembangan sel keratinosit, dimana penghasil protein padat di kulit, serta memperlambat proses pertumbuhan sel epitel kulit yang baru pada keliling luka.

 

  • Manfaat Suntik keloid mampu menghambat pembentukan kolagen yang baru di jaringan keloid dan menjaga kerja enzim kolagenasse dalam menguraikan kolagen yang yang sudah terbentuk.

BACA JUGA: 6 Penyebab Kulit Kering yang Wajib Kamu Ketahui & Hindari

Prosedur Suntik Keloid

Obat kortikosteroid akan disuntikkan langsung ke area yang bermasalah yaitu jaringan kulit yang terluka. Berikut beberapa prosedur tahap-tahap suntik keloid, yakni:

  • Pertama-tama, dokter akan memeriksa ukuran, bentuk, dan lokasi keloid sahabat pandawa untuk menentukan jenis obat serta dosis yang sesuai.
  • Sebelum menyuntikkan obat ke dalam kulit, dokter akan membersihkan keloid dan area sekitarnya dengan cairan antiseptik, sebelum menyuntikkan obat kortikosteroid. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya infeksi bakteri pada area suntikan.
  • Selanjutnya, dokter akan menyuntikkan obat ke benjolan luka menggunakan jarum halus.
  • Tergantung kondisi keloid dan respons kulit terhadap pengobatan, dokter mungkin perlu melakukan prosedur ini setiap 4-6 minggu sekali atau setiap beberapa bulan
  • Perlahan benjolan keloid akan mengecil setelah 3-5 minggu, tapi hasilnya bisa bervariasi pada tiap orang.

Adakah Reaksi dan Efek Samping?

Efek samping atau reaksi setelah penyuntikan bisa saja terjadi apabila tidak dilakukan oleh dokter ahli atau terapis ahli. Berikut beberapa efek samping suntik keloid yang perlu diperhatikan, diantaranya:

  • Telangiektasis, yaitu ditandai dengan munculnya guratan-guratan merah halus pada area keloid akibat pelebaran pembuluh darah kecil di bawahnya
  • Kulit terlihat tipis dan kerusakan jaringan kulit dan jaringan lemak di bawah kulit
  • Warna kulit menjadi sedikit tidak merata
  • Nyeri di sekitar area suntikan, peradangan, perdarahan, luka serta, atau infeksi.

BACA JUGA: Solusi Perbaiki Bibir Vagina Agar Kembali Seperti Semula Setelah Melahirkan

Dapatkan perawatan kulit dan estetika terkini 

Selain mengatasi bekas luka akibat keloid, Klinik Pandawa Jakarta juga memiliki beragam pelayanan estetika dan antiaging lainnya. Diantaranya, suntik filler, infuse whitening, perawatan rambut, dll.

Sahabat pandawa bisa mendapatkan perawatan tubuh dari kepala hingga kaki. Selain itu, ada pula perawatan peremajaan Miss V untuk para wanita.

Dapatkan juga promo harga menarik dengan mengikuti social media instagram kami. Hubungi layanan konsultasi Kami via SMS/TLP/ CHAT di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin.

Share: