Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

6 Penyebab Kulit Kering yang Wajib Kamu Ketahui & Hindari

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Sebagai negara tropis rata-rata masyarakat Indonesia memiliki tipe atau jenis kulit cenderung kering. Tetapi tak jarang juga memiliki kulit cenderung berminyak, ataupun normal. Memiliki kulit dengan jenis tipe kulit cenderung kering harus rajin dan pintar merawat kesehatan kulit. Sebab jika tidak merawatnya kulit akan cenderung rusak dan mengganggu penampilan. Lalu seperti apa saja sih penyebab kulit kering ini? Yuk kita simak selengkapnya di bawah ini.

penyebab kulit kering

Kulit Kering

Seseorang bisa memiliki kulit kering sejak kecil atau akibat kondisi lingkungan yang mengubah kulitnya menjadi cenderung kering. Kulit kering sendiri merupakan kondisi dimana lapisan kulit terluar epidermis tidak mendapatkan kelembapan yang cukup.

Faktor penyebab kulit kering ini pun bermacam-macam. Sebab itu, banyak sekali yang mencari cara mengatasi kulit kering. Sebelum kita membahas cara mengatasi kulit kering, baiknya kita lihat dulu beberapa penyebab kulit cenderung kering ini.

Penyebab Kulit Kering

Ada beberapa ciri atau tanda kulit kamu kering, seperti kasar, jika digaruk akan mengeluarkan bekas garis putih, dan sedikit pecah-pecah atau bersisik. Jika sudah parah kulit kering ini bisa saja mudah terkelupas, mudah lecet, luka susah sembuh dan gampang iritasi.

Kondisi kulit ini bisa dimana saja, tak hanya tangan, kaki, punggung, tetapi juga bisa area leher, bokong hingga wajah. Masalah kulit kering ini sebenarnya normal terjadi akibat lambatnya kelenjar minyak atau sebasea memproduksi minyak alami kulit.

Nah inilah beberapa penyebab kulit kering yang mesti kamu ketahui. Dari hal ini kamu juga bisa mencari cara mengatasi kulit kering dan sehat kembali.

  1. Penuaan atau usia bertambah

Jika saat kecil kondisi kita baik-baik saja, dan ketika dewasa kulit mulai menunjukkan sisi keringnya, kemungkinan hal ini terjadi karena penuaan. Saat kita bertambah usia maka kulit juga mengikuti dan mulai berkurang untuk produksi kolagen maupun minyak alami tubuh.

Nah cara mengatasi kulit kering ini, sebaiknya diusia remaja sudah mulai merawat kesehatan kulit agar kelak di usia dewasa kulit kita masih sehat, kenyal dan keriput.

  1. Perubahan cuaca atau lingkungan

Saat kita berada diruangan dingin seperti ruangan ber-AC tentu saja bisa menyebabkan kulit jauh lebih kering. Sebab perubahan suhu, cuaca atau lingkungan bisa mempengaruhi kelembapan udara sehingga kulit pun ikut merespon.

Untuk mencegahnya, kamu bisa lakukan pemberian pelembap pada area kulit kamu untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulitmu.

BACA JUGA: 6 Ciri-ciri Penyakit Kulit yang Sering Dijumpai, Awas Ada yang Menular!

 

  1. Penyebab kulit kering – Kebiasaan menggosok kulit

Menggosok kulit agar sel-sel kulit mati atau kotoran terangkat memang bagus. Kulit menjadi lebih bersih dan ringan. Tapi apabila terlalu sering bisa berisiko membuat kulit terkikis dan cenderung kering. Jadi sebaiknya kamu kurangi kebiasaan scrubbing atau menggosok kulit sering-sering, ya.

  1. Sering mandi air panas

Mandi air hangat sembari gosok-gosok badan atau scrubbing memang nikmat. Tapi yang sudah diahas di atas tadi. Jika terlalu erring dilakukan atau bahkan terlalu lama berendam di air hangat, kebiasaan ini bisa membuat kulit menjadi kering. Hal ini disebabkan suhu yang panas bisa mengurangi kelembapan alami kulit.

Nah selain mandi atau berendam air hangat, terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari juga bisa sebabkan kulit kering. Dan untuk mengatasinya, jangan lupa pakai pelembap sesudah mandi atau sebelum beraktivitas ya.

BACA JUGA: Penyakit Psoriasis, Gangguan Kulit Kering Bersisik yang Mirip dengan Eksim

  1. Iritasi kulit

Penyebab kulit kering lainnya yaitu iritasi kulit. Hal ini bisa terjadi mulai dari paparan sinar matahari, polusi, debu, bahan iritan seperti alkohol, deterjen maupun parfum. Beberapa kondisi ini sering menjadi pemicu kulit kering yang mana bisa mengurangi produksi sebum atau minyak alami kulit.

  1. Penyebab kulit kering tanda penyakit kulit

Selain beberapa penyebab kulit kering di atas, ada kondisi medis atau penyakit yang bisa memicu seseorang menderita kulit kering dengan cenderung kulit bersisik, sensitive dan kemerahan. Misalnya seperti penyakit kulit eksim, psoriasis ataupun dermatitis atopik.

Penyakit kulit ini sangat mengganggu penderitanya. Bermula dari gatal-gatal, kemerahan, luka akibat garukan, luka mengelupas dan berair. Bahkan penyakit ini tak hanya di satu area saja tapi bisa dibeberapa area tubuh.

Jika memang disebabkan oleh kondisi penyakit kulit memang dianjurkan untuk cepat mengatasinya. Cara mengatasi kulit kering akibat penyakit kulit tersebut akan disesuaikan oleh penyebabnya, baik eksim, ataupun psoriasis.

Penyakit kulit ini tidak boleh sembarangan diatasi. Kamu butuh dokter ahli kulit untuk bisa memberikan pengobatan yang tepat sesuai kondisi kulit kamu.

BACA JUGA: 7 Jenis Psoriasis yang Bisa Mengancam Kesehatan Kulit

Kapan harus berobat?

Apabila sahabat pandawa menemukan perubahan seperti kulit kering, dermatitis atau eksim sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

Dokter akan memberikan diagnosis setelah melakukan pemeriksaan fisik. Pada beberapa penyakit kulit, dokter membutuhkan pemeriksaan darah ataupun pengambilan sampel.

Punya masalah seputar kulit dan kelamin? Hubungi layanan konsultasi dokter online gratis Klinik Pandawa via CHAT/SMS/ TLP 0821-1141-0672 (Rahasia terjamin).