Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Seputar Penyakit Herpes Pada Kelamin Yang Harus Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Herpes pada kelamin atau biasa disebut dengan herpes genital (simplex) merupakan salah satu penyakit menular seksual yang harus Anda waspadai. Dengan gejala adanya luka melepuh di area sekitar kelamin adalah salah satu tanda Anda mengidap penyakit ini. Namun yang harus diwaspadai terkadang penyakit ini bisa tanpa gejala sedikit pun.

Karena penyakit ini sering tidak bergeja, ataupun bergejala namun tidak terlalu terlihat membuat Anda tidak menyadari telah terinfeksi penyakit ini. Oleh sebab itu bila Anda aktif dalam kegiatan seksualitas Anda harus rutin untuk melakukan pengecekan atau screening laboratorium. Untuk mengetahui apakah Anda mengidap penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV) ini.

Penyebab Herpes Kelamin

Penyebab utama penyakit herpes pada kelamin adalah virus herpes simplex (HSV).  Virus ini sangat menular dan dapat berpindah cepat dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak langsung, pria dan wanita sama sama beresiko tekena virus ini. Penyebaran virus ini paling sering terjadi melalui hubungan seksual, dengan orang yang sudah terinfeksi. Selain itu seorang bayi juga dapat terpapar herpes kelamin akibat sang ibu menderita herpes dan ditularkan pada saat mengandung.

Tipe Herpes Genital (Simplex)

Penyakit yang disebabkan virus HPV ini mempunyai 2 tipe, yaitu :

  1. HSV tipe 1 :
    Penyebab utama tipe ini adalah melakukan oral pada saat berhubungan, sehingga virus ini menginfeksi  mulut dan sekitar bibir Anda. Munculnya luka lecet di area mulut, dapat menyebar ke area kelamin Anda sehingga menyebabkan herpes genital merupakan tanda Anda mulai terinfeksi Herpes tipe ini.
  2. HSV tipe 2 :
    Tipe ini adalah penyebab utama herpes genital. Virus ini biasa di tularakan melalui kontak seksual ataupun kontak kulit, meskipun tidak terdapat luka terbuka pada tubuhnya namun orang tersebut tetap dapat terinfeksi.

Herpes Kelamin atau genital dapat menginfeksi bila Anda melakukan hubungan seksual (vaginal, anal, maupun oral) dengan seseorang yang telah terinfeksi virus ini. Meskipun pasangan Anda tidak memiliki gejala yang terlihat, pasangan Anda tetap dapat menularkan virus ini ke Anda.

Tanda dan Gejala Herpes Kelamin

Anda mungkin tidak merasakan gejala yang signifikan bila telah terpapar virus HSV. Dalam beberapa kasus gejala peyakit herpes kelamin sering salah dalam identifikasi dan di nyatakan sebagai penyakit kulit biasa.

berikut adalah gejala umum dari Herpes genital (herpes simplex) yang harus Anda perhatkan;

  1. Nyeri dan gatal pada area kelamin atau pada bokong.
  2. Luka lepuh ruam kemerahan ataupun bentol melenting putih.
  3. luka kering pada kulit.
  4. Terasa nyeri pada saar buang air kecil.
  5. Kepala terasa sakit bahkan bisa sampai demam.
  6. Nyeri pada otot dan persendian.
  7. Pembengkakan pada area sekitar lipatan paha.

Gejala yang biasanya jelas terlihat adalah ruam merah ataupun bentol lenting putih yang biasanya muncul pada area kelamin, anus dan mulut. Bentil lenting herpes yang pecah akan meninggalkan luka perih yang biasanya akan mereda selama hampir satu minggu.

Komplikasi Herpes Kelamin

Karena penyakit herpes pada kelamin ini terkadang tidak menimbulkan gejala sehingga banyak yang salah mendiagnosis. Penyakit herpes kelamin ini dan baru terditeksi setelah parah dan timbulanya komplikasi serius.

Berikut komplikasi yang diakibatkan oleh herpes kelamin;

  1. Infeksi penyakit menular seksual lainnya
    Anda dapat terinfeksi penyakit menular lainnya bila virus ini tidak segera di tangani dengan cepat tepat dan tuntas.
  2. Inflamasi atau peradangan
    Luka yang di timbulkan oleh virus ini akan semakin meradang dan menimbulkan sesasi perih yang akan sangat mengganggu Anda.
  3. Infeksi pada bayi
    Bila Anda sedang mengandung dan terkena virus ini, maka bayi Anda akan sangat beresiko tertular.
  4. Gangguan pada kandung kemih
    Rasa sakit yang diakibatkan penyakit herpes akan amat mengganggu, bahkan infeksi yang parah pada kandung kemih dapat merusak jaringan parut atau skar pada saluran kemih Anda.

baca juga : Hormon “Kejantanan” pada Pria Rendah? Ini Tandanya

Diagnosis Herpes Genital

Bila Anda merasakan tanda atau gejala seperti yang telah di sebutkan segeralah pergi ke Klinik Pandawa. Dokter di klinik pandawa akan mendiagnosis Anda dengan melakukan wawancara medis seputar keluhan Anda, pemeriksaan fisik yang begejala secara langsung, dan yang terakhir adalah pemeriksaan laboratorim (screening). Dilakukannya tes laboratorium untuk memastikan penyakit herpes kelamin akibat virus HSV ini.

Dengan dukungan dokter terbaik, klinik pandawa dapat mengatasi segala macam penyakit kelamin yang mengganggu Anda. Privasi Anda akan sepenuhnya terjaga. Segeralah datang dan periksakan diri Anda, atau Anda dapat melakukan konsultasi online, untuk diagnosis pertama Anda. hubungi WA/Tel 082111410 672 atau +622162313337. Kami akan membatu sampai Anda sembuh total.