Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Mengenal Herpes Kelamin, Penyakit Menular Seksual yang Menimbulkan Bintil Gatal dan Perih

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

penyakit herpes kelaminPenyakit Herpes Kelamin – Halo Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kamu hari ini nih? Semoga kamu beserta semua Sahabat Pandawa di mana pun berada selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan YME yaa! Sahabat Pandawa, di tengah kondisi pandemik ini kita haruslah selalu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Tidak cuma kesehatan luar tubuh saja, kesehatan bagian yang tidak terlihat seperti area kelamin juga patut untuk diperhatikan.

Pasalnya, terdapat cukup banyak penyakit, bakteri, kuman, dan virus yang bisa menyerang area kelamin dan sekitarnya. Beberapa penyakit ini menular lewat hubungan seksual yang tidak aman seperti tidak memakai kondom. Dampak yang ditimbulkan juga sangat menganggu, bahkan tak jarang yang dapat menyebabkan kematian pada penderitanya seperti HIV dan sifilis.

Ada juga penyakit kelamin yang tidak mematikan, namun cukup menganggu karena bisa merembet ke area tubuh lainnya. Sebut saja penyakit herpes kelamin, penyakit ini dapat muncul di daerah intim dan merambat ke anus dan leher. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini sangat mengganggu penderitanya karena menimbulkan perasaan gatal, sakit / nyeri di daerah kelamin, bahkan hingga memicu pembengkakan kelenjar getah bening.

Baiklah, seperti biasanya Klinik Pandawa akan terus memberikan informasi dan artikel tentang kesehatan, khususnya seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, dan edukasi seksual, dan juga tips trik kecantikan (estetika). Nah, kali ini kami bakal membahas mengenai penyakit herpes kelamin mulai dari pengertian, penyebab, gejala, bahaya komplikasi, dan juga cara mengobatinya. Maka dari itu, sebaiknya kamu menyimak artikel ini sampai selesai ya Sahabat Pandawa!

Pengertian penyakit herpes kelamin

Penyakit herpes kelamin atau yang disebut juga dengan herpes genital merupakan sebuah penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus Herpes simplex (HSV). Penyakit ini umumnya ditandai dengan munculnya bintil-bintil berair di area kelamin, anus, ataupun mulut. Infeksi dari masalah ini bisa menular lewat sentuhan, meski cenderung lebih sering menular lewat aktivitas dan kontak seksual.

Ada dua jenis virus herpes simplex, yaitu herpes tipe 1 dan tipe 2. HSV 1 atau yang juga disebut dengan herpes tipe 1 lebih cenderung menjadi penyebab herpes oral yang menimbulkan bentol berair di daerah mulut dan bibir. Meski HSV 1 bisa menular dan mengakibatkan herpes kelamin, masalah ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus HSV 2 atau herpes simpleks tipe 2.

Gejala penyakit herpes kelamin

Sebagian besar orang yang telah terinfeksi penyakit herpes kelamin tidak sadar bahwa mereka sudah terinfeksi karena tidak merasakan gejala dan tanda apa pun.

Akan tetapi, terdapat beberapa gejala khas dari gangguan ini seperti berikut ini:

  • Nyeri atau gatal di area alat kelamin atau dubur
  • Muncul bintil merah kecil atau lenting putih kecil
  • Luka yang terbentuk setelah lenting pecah
  • Koreng yang terbentuk setelah luka sembuh
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di lipatan paha, nyeri otot, sakit kepala, dan demam.

Benjolan berair tersebut akan muncul di sekitar mulut, area anus, dan area alat kelamin. Gejala herpes kelamin berbeda pada setiap orang. Gejala dan ciri-ciri dari penyakit ini bisa hilang dan muncul selama bertahun-tahun. Beberapa orang bisa mengalami gejala di atas beberapa kali dalam satu tahun, bahkan beberapa orang bisa tidak mengalami gejala sama sekali.

Penyebab penyakit herpes kelamin

Penyebab utama dari penyakit ini adalah infeksi virus HSV 1 atau HSV 2. Virus ini bisa menular melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Jika kamu tidak menderita herpes, kamu pun masih dapat terinfeksi bila kamu melakukan kontak dengan virus herpes dalam berbagai kondisi ini:

  • Luka herpes
  • Saliva (jika pasangan seksual kamu mengidap herpes oral) atau sekresi genital (jika pasangan seksual kamu mengidap herpes kelamin)
  • Kulit di daerah tubuh pasangan kamu yang terkena herpes

Dilansir dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention), kamu juga bisa tertular penyakit ini dari pasangan yang tidak mempunyai luka terbuka atau tidak merasa terinfeksi. Kamu pun bisa saja terjangkit herpes kelamin bila melakukan seks oral dari pasangan yang terinfeksi. Kamu tidak akan terjangkit herpes kelamin dari dudukan toilet, tempat tidur, ataupun kolam renang.

Bahaya komplikasi penyakit herpes kelamin

Penyakit ini tidak boleh dianggap remeh dan dibiarkan begitu saja karena dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi adalah seperti memicu penyakit menular seksual lainnya, proktitis (radang rektum), meningitis, dan juga infeksi saluran kemih. Segera hubungi dokter apabila menderita herpes kelamin.

Pengobatan penyakit herpes kelamin di Klinik Pandawa Jakarta

Kamu telah memahami mengenai penyakit herpes kelamin beserta gejala dan penyebabnya. Jika kamu menemukan adanya gejala atau ciri-ciri dari penyakit ini maka segeralah melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin supaya tidak menimbulkan komplikasi berbahaya.

Salah satu tempat yang mempunyai dokter spesialis kulit dan kelamin adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa memiliki dokter yang telah berpengalaman dalam menangani pasien dengan kasus herpes kelamin ataupun penyakit menular seksual lainnya. Sudah banyak pasien yang berhasil sembuh dan merasa puas dengan pelayanan klinik kami.

Apabila kamu membutuhkan informasi seputar pengobatan penyakit ini maka kamu dapat melakukan konsultasi online dengan dokter kami secara gratis di link berikut KONSULTASI ONLINE GRATIS. Kamu juga bisa menghubungi kami lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.