Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Mengenal Apa Itu Penyakit Herpes dan Juga Jenis-jenisnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

apa itu penyakit herpesApa Itu Penyakit Herpes – Halo Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kamu nih? Semoga saja kamu dan juga seluruh Sahabat Pandawa di mana pun berada tetap sehat selalu dan terhindar dari berbagai macam virus penyakit ya! Saat ini kondisi negara Indonesia cukup mengerikan karena kasus virus COVID-19 yang sangat tinggi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan juga kebersihan menjadi sangat penting.

Selain menjaga kebersihan luar tubuh, kamu juga perlu memerhatikan kebersihan dan kesehatan daerah yang terpapar langsung dengan zat asing seperti jaringan kulit. Kulit menjadi pelindung pertama yang beperan sebagai tameng untuk menahan berbagai penyakit yang ingin menyerang tubuh kita.

Sebagai pelapis tubuh paling luar, kulit seringkali terkena berbagai penyakit seperti infeksi bakteri, jamur, dan juga virus. Salah satu virus yang bisa menjangkit jaringan kulit adalah virus Herpes. Virus ini mempunyai banyak sekali jenisnya, namun yang paling Herpes simplex atau yang disebut juga dengan HSV.

Virus herpes sendiri bisa mengakibatkan berbagai masalah pada kulit individu yang terjangkit. Patogen tersebut bertanggung jawab atas muncul kutil, cacar air, cacar api, dan juga luka lepuh di kulit penderitanya.

Seperti biasa Sahabat Pandawa, Klinik Pandawa akan selalu memberi informasi serta juga artikel kesehatan untuk seluruh Sahabat Pandawa. Artikel yang kami sajikan seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips trik kecantikan (estetika). Kali ini, kami bakal mengupas tuntas mengenai apa itu penyakit herpes mulai dari pengertian, tahapan infeksi herpes, jenis virus herpes, dan juga cara mengobatinya.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membaca artikel ini sampai selesai supaya informasi yang kamu tangkap bisa bermanfaat. Daripada berlama-lama lagi, langsung aja disimak yuk!

Apa itu penyakit herpes?

Herpes ialah nama kelompok virus herpesviridae yang bisa menginfeksi manusia. Infeksi virus penyakit ini bisa terlihat dengan timbulnya lepuhan kulit serta kulit yang kering. Jenis virus herpes yang paling terkenal ialah herpes simplex virus atau HSV. Herpes simplex bisa menyebabkan infeksi di daerah mulut, wajah, serta juga di kelamin (herpes genital).

Tahapan Infeksi Herpes

Kamu sudah mengetahui apa itu penyakit herpes. Infeksi yang timbul umumnya terbagi ke dalam beberapa tahapan. Rincian tahapan infeksi penyakit ini adalah sebagai berikut:

  • Stadium primer.

Terjadi pada hari kedua hingga kedelapan setelah infeksi. Gejala yang terlihat adalah kulit yang melepuh berukuran kecil, tetapi menyakitkan. Blister berisi cairan berwarna keruh atau bening, dan bisa pecah serta menyebabkan luka terbuka.

  • Stadium laten

Pada fase ini, blister dan koreng bakal mereda. Namun, pada fase ini sebenarnya virus sedang menyebar ke saraf di dekat saraf tulang belakang lewat kulit.

  • Stadium peluruhan

Virus mulai berkembang di ujung-ujung saraf organ tubuh. Jika infeksi terjadi pada organ tubuh yang memproduksi cairan seperti testis atau vagina, virus ini bisa berada di dalam cairan tubuh tersebut.

  • Stadium rekurensi (muncul kembali)

Blister pada kulit yang terjadi di stadium awal bisa muncul kembali. Namun, biasanya tidak separah lepuhan dan koreng saat awal. Gejala yang terjadi pada fase ini berupa munculnya rasa gatal, kesemutan, dan juga terasa nyeri di daerah yang terkena infeksi pada stadium awal.

Jenis-jenis virus herpes

Setelah kamu tahu apa itu penyakit herpes, kamu juga harus mengetahui jenis-jenis virus herpes. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

  • HSV 1

Herpes simplex virus tipe 1 atau yang disebut HSV 1 termasuk virus yang bisa menyebar dengan cepat. Biasanya virus ini menyebabkan herpes oral (mulut). Namun, jenis ini juga bisa menyebabkan herpes kelamin (genital) apabila menyebar dari mulut ke daerah kelamin ketika melakukan hubungan seks oral.

  • HSV 2

Herpes simplex virus tipe 2 atau yang disebut HSV 2 adalah penyebab penyakit herpes kelamin. Virus ini menular lewat kontak dengan luka pada pengidap herpes, misalnya ketika hubungan intim. Selain itu, virus HSV 2 juga bisa menular dari ibu kepada anaknya ketika proses persalinan.

  • VZV

Varicella-zoster virus atau yang disebut VZV adalah virus yang menyebabkan penyakit cacar air dan cacar api (herpes zoster). Cacar air terjadi saat virus varicella-zoster menginfeksi anak pertama kali. Sedangkan herpes zoster terjadi saat cacar air yang diidap seseorang telah sembuh, namun di tubuh orang tersebut masih terdapat virus varicella-zoster yang bersifat laten dan dapat muncul kembali.

Pengobatan penyakit herpes di Klinik Pandawa Jakarta

Setelah membaca artikel ini kamu jadi paham mengenai apa itu penyakit herpes. Bila kamu mengalami penyakit herpes maka sebaiknya kamu langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar gejala yang terjadi tidak semakin parah.

Salah satu klinik yang sangat kami rekomendasikan untuk mengobati herpes adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa memiliki dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman dalam mengatasi penyakit herpes dan juga penyakit menular seksual lainnya. Sudah banyak pasien yang berhasil sembuh dari herpes dan puas dengan pelayanan kami.

Bila kamu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pengobatan maka kamu dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga dapat menghubungi kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.