Selaput Dara Itu Letaknya Dimana dan Warna Apa?

Banyak sekali mitos seputar selaput dara wanita. Namun, banyak juga yang belum mengetahui selaput dara itu letaknya dimana?

Hymen atau bisa dikenal dengan selaput dara ini adalah bagian dari vagina. Untuk informasi mengenai letak dan warna selaput dara apa saja, simak penjelasan berikut.

Apa Itu Selaput Dara?

Vagina memiliki beberapa bagian salah satunya adalah hymen. Bentuk selaput dara seperti jaringan tipis dan mengelilingi vagina pada kebanyakan wanita.

Hymen atau selaput dara terbentuk sejak dari bayi dan mengalami perubahan seiring bertambahnya waktu.

Sifat dari selaput dara ini elastis dan bisa merenggang. Tidak heran apabila semakin besar maka jaringan penyusunnya semakin menipis.

Pada beberapa orang ketika selaput dara robek, ini menimbulkan rasa nyeri dan disertai dengan keluarnya darah.

Baca Juga: Selaput Dara Robek Tak Mesti Karena Hubungan Seksual

Dimana Letak Selaput Dara?

Sudah punya gambaran tentang apa itu selaput dara? Pada penjelasan di atas disebutkan bahwa selaput dara posisinya mengelilingi vagina.

Lalu, tepatnya selaput dara itu letaknya dimana? Setiap wanita bisa saja memiliki posisi selaput dara yang berbeda-beda.

Secara umum, posisi selaput dara letaknya mengelilingi vagina opening. Namun, ada juga selaput dara yang letaknya di tengah vagina dengan bentuk seperti bagian tengah donat. Selaput dara jenis itu biasa disebut dengan bentuk bulan sabit.

Itu adalah 2 kondisi umum letak selaput dara pada perempuan. Dimana pada masa bayi selaput daranya berada mengelilingi bagian vagina secara keseluruhan, dan saat menginjak masa pertumbuhan bentuknya berangsur mirip bulan sabit.

Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa

Apa Warna Selaput Dara?

Jika Anda ingin mengetahui letak pasti selaput dara, maka bisa melakukan pengecekan secara mandiri.

Letaknya yang berada pada pembukaan vagina membuat selaput dara mempunyai warna menyerupai daerah asalnya.

Selaput dara mempunyai warna mirip dengan vagina. Apabila posisi selaput dara Anda telah robek, kemungkinan bisa terlihat seperti bagian tipis tissue yang mengumpul di bagian samping.

Namun, tidak semudah itu bisa mengetahuinya dengan mengeceknya menggunakan jari Anda sendiri.

Jenis-Jenis Selaput Dara

Selanjutnya membahas mengenai selaput dara terdapat hal lain yang bisa Anda ketahui, yaitu mengenai jenisnya. Bentuk selaput dara sudah bawaan sejak Anda dilahirkan.

selaput dara itu letaknya dimana

Namun, penting juga untuk mengetahui klasifikasi kondisi pada selaput dara, selengkapnya pada penjelasan di bawah.

1. Annular Shaped Hymen

Jenis selaput dara annular shaped ini adalah yang paling khas dan banyak ditemukan pada wanita.

Bentuk selaput dara annular atau mirip bulan sabit tersebut posisinya di sekeliling area vagina.

2. Cribriform Hymen

Berikutnya jenis selaput dara lainnya yang bisa Anda ketahui yaitu cribriform. Bentuk dari selaput dara ini adalah menyerupai lubang-lubang kecil yang banyak.

Pada bentuk selaput dara seperti itu tidak berpengaruh terhadap kondisi menstruasi.

3. Septate Hymen

Berbeda dengan kedua bentuk sebelumnya, selaput dara septate bisa menimbulkan terjadinya masalah.

Bentuk septate hymen merupakan kondisi jaringan yang ada terbentuk menjadi 2 lubang kecil di vagina. Kondisi ini masih memungkinkan terjadinya menstruasi secara normal.

Namun, pada beberapa kejadian selain bisa mempengaruhi terjadinya menstruasi juga menyebabkan aktivitas seksual tidak dapat dilakukan melalui vagina.

Jalan yang bisa dilakukan ketika mengalami bentuk septate hymen adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik dan operasi kecil hymenectomy.

4. Imperforate Hymen

Selaput dara letaknya dimana itu juga dipengaruhi oleh jenisnya. Jenis selaput dara berikut ini tergolong langka, perbandingannya bisa 1: 1000 wanita.

Bentuk imperforate hymen menyebabkan seluruh bagian vagina tertutupi oleh jaringan tersebut.

Tentu saja akibatnya adalah proses terjadinya menstruasi tidak bisa terjadi. Hal tersebut disebabkan oleh darah yang seharusnya bisa keluar, kembali lagi menuju vagina karena tertutup oleh hymen yang menutupnya.

5. Microperfortate Hymen

Jenis selaput dara berikutnya adalah microperforate. Hymen jenis ini jaringannya menutupi vagina secara keseluruhan, tetapi bedanya masih terdapat lubang kecil yang masih dapat dilalui oleh darah menstruasi.

Hanya saja untuk melakukan aktivitas seksual ini bisa menyebabkan terjadinya kesulitan.

Baca Juga: Operasi Selaput Dara Cara Ampuh Kembali “Perawan”

Apa Fungsi Selaput Dara?

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa selaput dara akan pecah ketika pertama kali seseorang melakukan aktivitas seksual.

Padahal aktivitas sehari-sehari seperti bersepeda, olahraga, menaiki kuda juga bisa menyebabkan robeknya selaput dara.

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari selaput dara? Belum terdapat hasil penelitian ilmiah yang menyebutkan fungsi khusus seperti organ lainnya. Terdapat atau tidaknya selaput dara tidak mempengaruhi sistem imun dan reproduksi.

Meskipun terdapat pula informasi yang beredar mengenai manfaat selaput dara sebagai perisai perlindungan dari masuknya bakteri.

Namun, perlu Anda catat bahwasanya informasi yang beredar tersebut belum mempunyai bukti ilmiah yang konkrit.

Selaput dara kerap dikaitkan dengan prosedur tes keperawanan. Padahal, bentuk selaput dara yang elastis memungkinkan robek akibat aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Berapa Harga Operasi Selaput Dara di Jakarta?

Kembalikan Bentuk Selaput Dara Anda dengan Treatment Hymenoplasty di Klinik Utama Pandawa

Spesialis Kulit dan Kelamin

Selaput dara yang robek tidak dapat tumbuh kembali. Namun, bagi Anda yang menginginkan selaput dara utuh kembali seperti sedia kala, Anda bisa melakukan proses operasi.

Operasi kecil yang bisa mengembalikan selaput dara Anda adalah hymenoplasty. Treatment ini yang akan merapatkan bentuk selaput dara Anda.

Segera lakukan treatment hymenoplasty di Klinik Operasi Hymenoplasty terbaik milik Klinik Utama Pandawa.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Klinik Utama Pandawa terbaik dan berpengalaman untuk melakukan treatment hymenoplasty. Percayakan operasi selaput dara di Klinik Pandawa, karena di dukung oleh peralatan tercanggih.

Dapatkan promo terbatas up to 50% untuk treatment Hymenoplasty. Konsultasi dengan dokter online dan reservasi gratis. << Cek Promo Di Sini>>

Referensi:
Share: