bahaya seks saat menstruasi

Seks Saat Menstruasi, Kenali Risiko Bahaya Dan Manfaatnya!

Banyak yang bertanya, terlebih wanita, mengenai apakah berhubungan intim saat menstruasi diperbolehkan? Atau bisakah muncul peluang kehamilan? Berhubungan intim sendiri adalah kegiatan yang memang dinanti oleh setiap pasangan suami istri. Dan seks pada saat datang bulan juga merupakan pilihan masing-masing pasangan. Sisi lain menyebutkan seks saat menstruasi memberikan bermanfaat. Nah, biar tidak gagal paham, simak dulu manfaat dan bahaya seks saat menstruasi di bawah ini, ya, Sahabat Pandawa!

bahaya seks saat menstruasi

Seks saat menstruasi

Sebagian wanita mungkin masih ragu dan khawatir bila melakukan seks saat menstruasi. Sisi lain juga tak sedikit wanita yang tidak punya masalah seks saat datang bulan. Semuanya balik lagi pada masing-masing, hanya saja baik wanita dan pria perlu ‘berhati-hati bermain’ saat wanita lagi datang bulan nih.

Berhubungan intim saat datang bulan, jika dari sisi medis sebenarnya bisa saja dilakukan meski memang ada sedikit risiko apalagi aktivitas seks tersebut dilakukan tidak benar alias tidak aman. Perlu digaris bawahi, kondisi ini harus disepakati bersama baik wanita dan pria serta tidak ada unsur paksaan.

Sebab itu, Sahabat pandawa perlu mengetahui apa saja manfaat dan bahaya seks saat menstruasi sebelum Anda dan pasangan hendak mencobanya.

BACA JUGA: Menstruasi Tidak Normal & Lebih Banyak Dari Biasanya Waspada Infeksi Kelamin

Manfaat seks saat menstruasi

Bagi pasangan suami istri hal ini bisa dipertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat seks saat menstruasi diantaranya;

  1. Ampuh redakan nyeri keram selama menstruasi

Seperti yang kita ketahui, pada saat wanita menstruasi ada yang sering menjadi keluhannya, seperti nyeri perut atau keram perut, payudara terasa nyeri, dan lemas. Seks saat datang bulan ini dipercaya bisa meredakan keluhan-keluhan tersebut.

Ketika Anda dan pasangan melakukan hubungan intim, tubuh otomatis akan melepaskan hormon endorfin terutama saat mencapai orgasme. Hormon endorfin ini merupakan hormon yang memicu rasa senang sehingga bisa meredakan rasa nyeri yang dirasa.

  1. Mengurangi stress

Selain meredakan rasa nyeri yang wanita rasakan, pada pria juga otomatis bisa mengurangi stress. Walaupun baik pria dan wanita juga bisa sama-sama merasakan rasa stress berkurang, mood kembali senang dan saling rileks.

  1. Memberikan kepuasan lebih dan tentunya lebih berbeda

Pada wanita yang saat menstruasi umumnya terjadi perubahan hormon, sehingga rata-rata lebih bergairah dan tentunya menjadi hal yang berbeda dikala seks saat menstruasi.

  1. Mempercepat masa haid

Beraktivitas seks juga bisa membuat datang bulan lebih cepat selesai. Kondisi ini dikarenakan seks saat datang bulan merangsang pelepasan dinding rahim dan kontraksi, sehingga darah dan sel telur yang tidak dibuahi lebih cepat keluar.

BACA JUGA: Vagina Keluar Darah Saat Tidak Haid Waspada PMS

Bahaya seks saat menstruasi

Nah seperti yang disebutkan di atas, selain ada manfaatnya, seks dikala datang bulan juga punya beberapa risiko bahaya yang perlu Sahabat pandawa ketahui nih. Diantaranya seperti:

  • Infeksi penyakit menular seksual (PMS)

Salah satu bahaya seks saat menstruasi yang perlu diwaspadai Anda dan pasangan yaitu penularan infeksi penyakit menular seksual, terlebih bila dilakukan tanpa alat pengaman.

Risiko ini umumnya terjadi pada orang yang belum menikah, tapi tidak menutup kemungkinan orang yang sudah menikah namun ‘suka jajan di luar’ bisa tertular dan menularkan penyakit kelamin atau PMS ini, lho.

Infeksi PMS ini bisa menular melalui seks vaginal, anal maupun oral. Ketika beraktivitas seks saat menstruasi, mr.p akan bersentuhan langsung dengan darah haid yang keluar. Hal ini tentu rentan memicu kuman, bakteri bahkan virus yang terdapat pada darah bisa menularkan pasangan.

Termasuk pada pria beristri yang ‘suka jajan di luar’ bisa memicu dan membawa kuman, bakteri bahkan virus ketika berhubungan intim dengan istrinya selagi menstruasi.

Rata-rata penyakit PMS yang sering dijumpai seperti gonore, sifilis, herpes, hepatitis B hingga HIV. Gejalanya pun bermacam-macam ada yang mudah terlihat dan terasa dan sisanya sudah parah dan baru ketahuan. Sebab itu, Sahabat pandawa dianjurkan tidak berhubungan seks saat menstruasi, apalagi tanpa menggunakan alat pengaman.

  • Infeksi jamur vagina

Penyakit kelamin selanjutnya yaitu bisa disebabkan infeksi jamur vagina. Pada area vagina sendiri mempunyai kadar pH normal sekitar 3.8 – 4.5. Tetapi saat menstruasi, kadar pH ini tentu bisa meningkat dan sangat mudah memicu perkembangan jamur.

  • Bahaya seks saat menstruasi masih bisa muncul peluang kehamilan meski kecil

Banyak orang meyakini bahwa seks saat datang bulan tidak menyebabkan kehamilan. Namun tidak sepenuhnya benar. Masih ada beberapa peluang kehamilan ketika seks saat menstruasi meski kecil. Terutama bila memang tidak menggunakan alat pengaman. Tetapi, jika dibandingkan dengan seks saat masa subur tentu sangat memungkin kehamilan terjadi.

BACA JUGA: Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagi Pria & Wanita, Berikut Tipsnya!

Kapan harus ke dokter?

Jika Sahabat pandawa menemukan keluhan seputar menstruasi yang tidak normal, keluhan pada area kulit dan kelamin. Jangan tunggu parah, segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan sejak dini. Perlu diketahui, seseorang bisa terserang PMS lebih dari satu penyakit, dianjurkan juga bawa pasangan Anda untuk sama-sama menjalani pemeriksaan.

Segera hubungi layanan konsultasi dokter online gratis Klinik Pandawa via CHAT/SMS/ TLP 0821-1141-0672 (Rahasia terjamin).

 

Newsletter

Subscribe

Subscribe to our newsletter to get the first information & Special offer every week.