Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Bagi Pria & Wanita, Berikut Tipsnya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Banyak yang mengira, menjaga kesehatan reproduksi adalah kewajiban dari wanita saja. Padahal, kesehatan sistem reproduksi juga wajib dikenali dan dijaga kaum pria. Lalu seperti apa pemahaman pentingnya menjaga kesehatan reproduksi baik pada pria dan kaum wanita? Mari simak penjelasannya di bawah ini ya, Sahabat Pandawa.

menjaga kesehatan sistem reproduksi

Pentingkah menjaga kesehatan reproduksi?

Dilansir dari WHO, kesehatan reproduksi merupakan kondisi dimana fisik, mental, sosial, fungsi dan proses yang berkaitan dengan sistem reproduksi berfungsi baik.

Kesehatan reproduksi juga merupakan kondisi seseorang memiliki kehidupan seksual yang aman, nyaman, berjalan harmonis, serta kemampuan untuk bereproduksi atau memiliki keturunan.

Pria dan wanita mempunyai sistem reproduksi yang berbeda, mulai dari bentuk, fungsi dan struktur pendukungnya. Organ dari sistem reproduksi wanita terdiri dari vagina, rahim, ovarium, tuba falopi dan vulva. Sementara pada pria, terdiri dari penis, buah zakar, dan testis.

Pada wanita, sistem reproduksi tersebut bertanggung jawab dalam mempertahankan kehamilan dan menjadi tempat bertumbuhnya kembangnya hingga tiba waktunya melahirkan. Begitu juga pada pria, testis menjadi sumber produksi sperma dan kualitas sperma pun mempunyai peran penting keberhasilan kehamilan.

Terkadang hal tersebut kurang disadari banyak pria dan wanita, bahwa sistem reproduksi merupakan hal yang sangat sensitive di dalam tubuh. Jika tidak ada wawasan dalam menjaga kesehatan reproduksi, maka ada berbagai risiko yang bisa dialami di kemudian hari. Beragam gangguan kesehatan reproduksi yang mungkin terjadi juga perlu Anda ketahui.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Penyakit Menular Seksual yang Sering Terjadi di Masyarakat

Beragam masalah kesehatan reproduksi yang bisa terjadi

Bagi para pria dan wanita yang tidak menjaga kesehatan reproduksi sejak dini perlu berhati-hati di kemudian hari. Pasalnya ada saja gangguan masalah kesehatan reproduksi yang mengintai, diantaranya seperti:

Masalah kesuburan

Seperti yang disinggung di atas, kesehatan reproduksi yang tidak dijaga dengan baik bisa berisiko ketidaksuburan alias mandul dan tidak hanya terjadi pada wanita saja melainkan pria pun berisiko.

Ketidaksuburan atau infertilitas dalam dunia media, merupakan keadaan di mana sistem reproduksi terganggu dalam menghasilkan keturunan. Keadaan ini pun cukup krusial dan sering terjadi.

Menurut WHO, kurang lebih ada sebanyak 48 juta pasangan dan 186 juta individu di dunia yang mengalami masalah ketidaksuburan atau mandul ini.

Penyakit menular seksual

Masalah kesehatan reproduksi yang mengancam selanjutnya adalah penyakit menular seksual. Aktivitas seksual yang tidak sehat, tidak aman seperti berganti pasangan seksual, tidak memakai pengaman, bisa meningkatkan risiko seseorang terinfeksi penyakit kelamin ini.

Sesuai namanya kondisi ini rentan menular melalui aktivitas seks baik secara vaginal, anal maupun oral. Penyakit menular seksual sendiri memiliki beragam pemicu dan jenis penyakitnya. Pemicunya bisa disebabkan oleh virus, bakteri kelamin, parasit hingga jamur kelamin.

Beragam jenis penyakit kelamin yang mengintai kaum pria dan wanita dewasa, diantaranya meliputi:

  • Gonore atau kencing nanah
  • Sipilis atau raja singa
  • Herpes kelamin atau herpes genital
  • Kutil kelamin HPV
  • Trikomoniasis
  • Klamidia
  • Kandidiasis
  • HIV, dll

Semua penyakit kelamin di atas memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan penyebab penyakitnya. Dan perlu diingat, seseorang bisa terinfeksi lebih dari satu penyakit kelamin. Jika ingin melakukan tes penyakit menular seksual tersebut, ajaklah pasangan Anda untuk ikut pemeriksaan bersama.

BACA JUGA: Waspada Infeksi Sifilis (Raja Singa) Bisa Picu Luka di Miss V

Tips menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita

Setelah Anda tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, langkah selanjutnya Anda perlu menjaga kesehatannya dengan baik dan tepat. Berikut tips sederhana yang bisa Anda lakukan, diantaranya meliputi:

  1. Menjaga kebersihan organ intim dengan baik dan tepat

Menjaga kesehatan reproduksi bisa Anda mulai dengan memelihara kebersihan alat kelamin. mulailah dengan selalu membersihkan alat vital sehabis buang air kecil/ besar serta sebelum dan sesudah aktivitas seks.

Seringlah mengganti celana dalam dan pakailah bahan yang menyerap keringat dengan baik. Hindari pemakaian sabun khusus daerah kelamin atau vaginal douche karena akan mengganggu bakteri baik dan rentan memicu reaksi kelamin.

Bagi pria juga bisa mempertimbangkan untuk sunat, agar terhindar dari risiko infeksi. Pada pria yang tidak disuat, kulit kulup penis tidak diangkat tersebut bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran. Sehingga sangat rentan menyebabkan berbagai infeksi kelamin.

  1. Berhubungan intim yang aman dan sehat

Anda bisa melakukan seks yang aman seperti menggunakan alat kontrasepsi, tidak melakukan seks berisiko, tidak berganti pasangan seks, menjaga kebersihan organ intim sebelum dan sesudah seks, dan mengetahui riwayat seks pasangan.

  1. Rajin tes kesehatan reproduksi ke dokter

Banyak orang baru memeriksakan kondisi kesehatan reproduksi ketika merencanakan kehamilan. Padahal meski tidak berencana hamil, harus tetap periksa guna mencegah berbagai infeksi atau penyakit kelamin yang kadang tidak menimbulkan gejala.

Seperti endometriosis yang menyerang wanita, dimana perut terasa keram, menstruasi tidak normal, keputihan tidak normal dan lainnya bisa memicu gangguan kehamilan dikemudian hari. Pria juga demikian, bila testis atau penis mengalami gangguan berisiko sulit menghamili/ membuahi pasangannya.

  1. Mulailah pola hidup sehat

Mulailah menerapkan pola hidup sehat, karena seutuhnya mempengaruhi pula kesehatan sistem reproduksi Anda. Anda bisa mulai mengurangi minum minuman beralkohol dan merokok apabila tidak bisa berhenti langsung.

Jangan lupa juga dengan rutin berolahraga agar tubuh Anda tetap bugar setiap hari. Cukupi waktu istirahat dan jam tidur Anda, jika kurang tidur dampaknya akan membuat tubuh lemah termasuk pada sistem reproduksi Anda.

Jika sudah menerapkan pola hidup sehat jangan lupa tubuh harus didukung dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Kondisi ini pun otomatis membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit yang bisa menyerang sistem reproduksi.

BACA JUGA: Inilah Beberapa Ciri Sperma Sehat, Pria Wajib Tahu!

BACA JUGA: Rentan Menular, 9 Penyakit Kelamin Ini Wajib Anda Waspadai!

Itulah beberapa informasi seputar pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan berbagai tips yang bisa Anda coba. Jika Anda menemukan keanehan pada area kulit dan kelamin, jangan ragu untuk atasi bersama Kami, Klinik Pandawa Jakarta.

Klinik Pandawa Jakarta, klinik kulit dan kelamin terbaik yang siap mengatasi segala keluhan Anda. Dokter ahli, tenaga medis profesional dan teknologi modern telah teruji, siap melayani Anda. Hubungi layanan konsultasi dokter online gratis Klinik Pandawa via CHAT/SMS/ TLP 0821-1141-0672 (Rahasia terjamin).