Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Rentan Menular, 9 Penyakit Kelamin Ini Wajib Anda Waspadai!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Baik pria maupun wanita sudah seharusnya menjaga kebersihan dan kesehatan area vital agar tidak terjangkit penyakit kelamin. Pasalnya, penyakit kelamin ini beragam dan juga tidak selalu menunjukkan tanda atau gejala penyakit kelamin yang jelas. Tentunya penyakit kelamin perlu diwaspadai sebab risiko dan bahaya penyakit kelamin bisa mengganggu kesuburan dan rentan menular melalui berhubungan seksual. Maka itu, pengetahuan informasi akan jenis penyakit kelamin ini perlu diketahui terlebih bagi para calon pasangan maupun yang sudah berpengalaman.

jenis penyakit kelamin

Penyakit Kelamin atau Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit kelamin juga dikenal dengan penyakit menular seksual. Penyebabnya pun beragam mulai dari bakteri, jamur, parasit hingga virus yang umumnya ditularkan melalui hubungan seksual dari vaginal, anal, maupun oral.

Selain dari vaginal, anal, dan oral, ada beberapa penyakit menular seksual yang mudah sekali tertular ketika Anda melakukan kontak fisik. Seperti menyentuh luka pasien yang terinfeksi, berbagi alat sex toys, berbagi alat suntik dan lainnya.

Baik pria dan wanita sangat berisiko tertular penyakit menular seksual ini. Risiko penyebaran penyakit kelamin semakin tinggi apabila Anda berganti pasangan seksual, berhubungan intim tanpa pengaman, dan tidak mengutamakan seks aman. Biar lebih jelasnya, berikut ini penjelasan beragam jenis penyakit kelamin yang populer.

Beragam Jenis Penyakit Kelamin

  1. Gonorhea

Gonore merupakan jenis penyakit kelamin yang populer atau paling banyak ditemui. Penyakit kelamin gonore ini sendiri dipicu oleh bakteri bernama Neisseria Gonorrhoeae. Ciri atau gejala gonore yang paling khas adalah kencing nanah atau keluarnya cairan dari penis atau vagina saat buang air kecil.

Penyakit kencing nanah atau gonore ini juga bisa menimbulkan komplikasi pada organ tubuh lainnya, seperti benjolan/ bengkak di kelenjar getah bening, tenggorokan meradang, anus nyeri atau mata merah.

Untuk mendiagnosis Anda terinfeksi gonore, biasanya dokter akan mengambil sampel cairan darah ataupun cairan kelamin. Selanjutnya dokter akan memberikan obat untuk pengobatan gonore seperti obat antibiotik, antibakteri, minum maupun suntik.

  1. Klamidia

Penyakit kelamin klamidia disebabkan oleh bakteri bernama Chlamydia Trachomatis. Biasanya penyakit ini ditemukan pada kaum wanita, tetapi kaum pria pun berisiko terkena penyakit ini. Pada wanita, chlamydia menyerang area leher rahim sehingga bisa menyebabkan infertilitas. Sementara paga pria, menyerang saluran kemih sehingga terganggu saat berkemih.

  1. Raja singa/ sifilis

Raja singa atau dikenal juga sebagai sipilis termasuk dalam jenis penyakit kelamin berbahaya. Sipilis disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Sifilis sendiri merupakan penyakit kelamin yang cukup kompleks sebab memiliki tahapan gejala dan keparahannya. Ada empat tahapan gejala sifilis, diantara sifilis primer muncul luka yang tidak terasa sakit diarea kelamin, tubuh, bokong, ataupun mulut.

Selanjutnya sifilis sekunder muncul ruam, bengkak di tubuh/ kelenjar getah bening, nyeri sendi, rambut rontok dan demam. Kemudian sifilis laten, gejala mungkin sudah hilang dan berkurang namun bisa kembali muncul dan berkembang menjadi tahapan terakhir atau sifilis tersier. Dimana tahapan terakhir sudah menyerang tubuh, saraf, otak, penglihatan, jantung hingga kematian.

BACA JUGA: Waspada Infeksi Sifilis (Raja Singa) Bisa Picu Luka di Miss V

  1. Granuloma Inguinale

Jenis penyakit kelamin yang disebabkan bakteri lainnya yaitu Granuloma Inguinale. Penyakit ini dipicu oleh bakteri bernama Klebsiella Granulomatis. Gejala penyakit ini diketahui bisa sebabkan benjolan atau luka di area selangkangan, mr. p atau miss v, bokong ataupun buah zakar pria.

  1. Candidiasis

Berbeda dengan jenis penyakit kelamin lainnya, candidiasis disebabkan oleh jamur Candida. Gangguan ini biasanya ditandai adanya bercak-bercak/ ruam di area kulit sekitar kelamin. Selain itu pada wanita juga bisa mengeluarkan keputihan tidak normal, bau tidak sedap hingga gatal.

BACA JUGA: Miss V Gatal? Segera Atasi Sebelum Terkena Komplikasi Berbagai Penyakit Berbahaya!

  1. Trikomoniasis

Saat mendengarnya seperti asing di telinga, tapi ini juga termasuk jenis penyakit kelamin berbahaya. Pemicunya juga disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas Vaginalis. Sama seperti klamidia, penyakit ini rentan diderita oleh wanita, tetapi tak jarang pria pun bisa terinfeksi trikomoniasis.

Beberapa ciri atau gejala trikomoniasis hampir sama dengan gangguan kencing dan klamidia. Bisa ditandai nyeri saat kencing, kencing terasa panas, gatal, keluar cairan tak biasa hingga nyeri saat berhubungan seksual. Ciri-ciri ini pun kerap kali diabaikan dan disepelekan, padahal gangguan ini bisa lebih parah bila tidak segera diatasi.

  1. Human papillomavirus penyebab kutil kelamin

Kutil kelamin atau nama medisnya Condiloma Akuminata ini dipicu oleh adanya virus HPV (Human papillomavirus). Penyakti kutil kelamin ini tentu sudah sangat mengganggu aktivitas seks dan sehari-hari. Adanya benjolan kecil hingga besar seperti daging tumbuh (kutil) berada di area miss v ataupun batang mr.p. Selain di area kelamin, kutil condyloma ini juga bisa ditemukan di area anus/ bokong.

Kutil kelamin sangat rentan menular dan tentunya bisa membesar seperti jengger ayam. Untuk pengobatan kutil kelamin, dokter akan memberikan pengobatan antibiotik virus, baik obat minum, suntik maupun salep. Tetapi juga dokter akan menawarkan pengobatan laser dengan teknologi elektrocauter untuk mengangkat kutil-kutil tersebut.

Pada wanita HPV sangat berbahaya karena bisa memicu kanker serviks. Sehingga penting para wanita mencegah kanker serviks dengan vaksin HPV.

BACA JUGA: Apa Itu Human Papillomavirus? Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

  1. Penyakit Kelamin Herpes genital

Herpes genital atau herpes simplex ini disebabkan oleh virus HSV (herpes simplex virus). Herpes ini sangat berbahaya dan biasanya dialami pria atau wanita diusia aktif atau muda. Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan HSV. Tetapi Anda perlu pengobatan berjalan dan rutin agar menon-aktifkan sementara virus dan mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan herpes genital. HSV ini bisa saja berdiam ditubuh dan kembali aktif ketika daya tahan tubuh Anda melemah.

  1. HIV (Human immunodeficiency virus)

Infeksi HIV sudah tidak asing lagi didengar. Infeksi ini juga sama berbahayanya dengan jenis penyakit kelamin di atas dan belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan HIV. HIV ini menyerang sistem kekebalan pada tubuh.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Penyakit Menular Seksual yang Sering Terjadi di Masyarakat

Pentingnya Skrining Penyakit Menular Seksual

Setelah Anda tahu beberapa gejala dan bahaya penyakit kelamin di atas, jangan ragu untuk melakukan tes skrining penyakit menular seksual. Hal ini berguna untuk mengantisipasi penularan/ penyebaran penyakit. Apalagi hal ini penting dilakukan bagi Anda yang ingin menikah, tes kesehatan pra nikah ini perlu dilakukan.

Semakin cepat Anda mendeteksi maka semakin cepat pula proses penyembuhan ini. Perlu diketahui rata-rata penyakit kelamin bisa diderita lebih dari satu penyakit, maka itu juga ajaklah pasangan Anda untuk ikut pemeriksaan infeksi menular seksual. Beberapa infeksi menular seksual terkadang tidak langsung dan tidak terlihat gejala/ ciri-cirinya.

Sebagai pencegahan hindari aktivitas seks bebas dan tak aman. Selama Anda menjalani pengobatan infeksi menular seksual Anda dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas seks sebelum dokter memastikan kesembuhan Anda dan pasangan.

Punya keluhan seputar kulit dan kelamin? Jangan tunggu parah, segera konsultasikan pada Kami dan dapatkan pengobatan terbaik dan aman dari Kami.

Klinik Pandawa Jakarta, klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Dokter ahli, tenaga medis profesional dan teknologi modern telah teruji, siap melayani Anda. Hubungi layanan konsultasi dokter online gratis Klinik Pandawa via CHAT/SMS/ TLP 0821-1141-0672 (Rahasia terjamin).