Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Inilah Beberapa Ciri Sperma Sehat, Pria Wajib Tahu!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

ciri sperma sehatCiri Sperma Sehat – Apakah saat ini Sahabat Pandawa sedang merencanakan kehamilan? Saat kamu dan pasangan berencana untuk memiliki anak, bukan hanya kesehatan istri kamu yang harus didahulukan. Kesehatan reproduksi suami pun juga penting untuk diperhatikan. Kamu dan pasangan perlu memerhatikan salah satu ciri sperma yang sehat atau kualitas sperma agar bisa berhasil membuahi sel telur pasangan kamu.

Penting untuk memerhatikan ciri-ciri sperma yang sehat pada pasangan kamu. Pasalnya jika fisik seorang wanita sudah siap, tetapi sperma pasangan kamu kurang baik, maka rencana untuk memiliki anak sulit. Yuk pelajari tanda-tanda air mani yang sehat dan berkualitas dengan penjelasan di bawah ini.

 

Apa arti dari sperma yang sehat?

Jumlah sperma dalam cairan semen kamu sangat penting jika ingin menjalani program kehamilan. Kadar sperma yang tidak normal bisa mengindikasikan kondisi medis atau kualitas sperma dasar.

Jumlah sperma normal berkisar antara 15 juta sampai dengan sekitar 200 juta sel sperma per mililiter (ml). Sedangkan kurang dari 15 juta sperma per mililiter atau 39 juta sperma per ejakulasi dianggap tidak normal.

Jumlah sperma yang rendah ini disebut oligospermia. Jumlah sperma yang besar atau di atas rata-rata lebih dari 200 juta sperma per milimeter. Kamu dapat memeriksa jumlah sperma kamu secara rinci dengan menganalisis sperma kamu di laboratorium.

Tes analisis sperma biasanya memberikan hasil sebagai berikut

  • Jumlah sperma (dijelaskan di atas).
  • Bentuk sperma (memiliki kepala oval dan ekor panjang).
  • Pergerakan sperma (harus bergerak cepat).

 

Ciri sperma sehat

Mengetahui sperma yang sehat merupakan ciri khas seorang pria. Tak hanya itu, kualitas sperma juga berperan penting dalam kesehatan kehamilan pasangan serta kesehatan bayi. Ciri-ciri air mani yang sehat biasanya bergantung pada kesehatan internal yang baik dan gaya hidup yang sehat.

  1. Volume cairan sperma cukup dan kental

Kualitas sperma bisa dilihat dari jumlah sel yang dihasilkan pria saat ejakulasi, jika harus sekitar 2-5 ml. Konsistensi cairan semen juga harus kental. Jika jumlah ini sedikit, berarti jumlah sperma kamu rendah dan ejakulasi tidak sehat.

Kondisi volume semen minimal dan kecil ini disebut hipospermia. Ini bisa terjadi jika pria terlalu sering berejakulasi. Sementara itu, volume air mani yang berlebihan disebut hiperspermia, yang terjadi saat pria sudah lama tidak ejakulasi.

 

  1. Sperma berwana putih keabuan

Secara umum cairan semen berwarna putih keabu-abuan. Jika warnanya kemerahan, kamu mungkin mengalami sumbatan atau kerusakan pada saluran kemih kamu. Jika air mani kamu menguning, kamu mungkin mengalami infeksi saluran kemih.

 

  1. Tidak berbau amis

Selanjutnya, ciri sperma sehat seharusnya beraroma  dan berbau seperti daun akasia. Namun, jika sperma kamu berbau sangat aneh, kamu perlu mewaspadai adanya infeksi pada saluran kemih, prostat, atau bagian lain.

 

  1. Mengandung jumlah sel sperma yang cukup

Analisis di bawah mikroskop diperlukan untuk mengenali kondisi sperma. Ciri sperma sehat lainnya harus memiliki sedikitnya jumlah sperma yang besar, artinya dalam 1 ml minimal 20 juta sperma adalah normal dan bergerak cepat serta gesit.

 

  1. Kadar pH sperma normal

Ciri lain dari air mani yang sehat adalah pH normal. Air mani yang sehat memiliki pH sekitar 7,2-7,8 ​​(basa). PH yang terlalu rendah menandakan adanya infeksi pada alat kelamin pria.

 

Bagaimana cara menghasilkan sperma yang sehat dan berkualitas?

Berikut cara meningkatkan kualitas sperma yang bisa kamu lakukan:

  • Untuk mengatasi stres. Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma agar tetap sehat dan nyaman adalah manajemen stres. Kamu tidak perlu memaksakan diri, karena hal ini dapat menyebabkan stres karena stres yang berlebihan dapat memengaruhi kerja hormon penghasil sperma sehingga menurunkan gairah seks kamu. Akan lebih baik jika kamu menyukai hobi atau hal lain yang kamu sukai untuk menetralkan perasaan kamu. Kamu juga bisa berolahraga untuk menghilangkan stres.
  • Hindari alkohol dan rokok. Untuk memiliki ciri sperma sehat, usahakan untuk menghindari alkohol yang bisa memengaruhi kesuburan kamu. Pasalnya, alkohol dapat memengaruhi cara kerja hormon testosteron, sehingga dapat menurunkan kerja sperma. Selain itu, hindari merokok karena merokok dapat memengaruhi kesuburan. Hindari keduanya untuk mendapatkan sperma yang lebih sehat.
  • Cara mendapatkan kualitas sperma yang sehat adalah dengan rajin berolahraga. Berolahragalah secara teratur tetapi tetap dalam batas. Olahraga dapat meningkatkan kualitas sperma dari segi struktur, kuantitas dan pergerakan. Hindari olahraga berat karena dapat meningkatkan kadar hormon stres dan menurunkan kualitas sperma.

 

Pengecekan sperma sehat di laboratorium

Untuk lebih memastikannya, kalian bisa melakukan konsultasi dengan dokter andrologi dan juga memeriksakan sperma kalian di laboratorium. Langkah ini digunakan untuk melihat seberapa baik kualitas dari sel sperma kamu.

Kamu bisa mengunjungi KLINIK PANDAWA JAKARTA untuk berkonsultasi dan juga mengecek sperma kalian. Klinik Pandawa memiliki dokter andrologi berpengalaman dan tepercaya. Setelah mengetahui ciri spema sehat, segera cek ke klinik kami.

Kalian bisa melakukan konsultasi gratis untuk permasalahan yang kalian hadapi dengan dokter online kami di 0821-1141-0672 / 021-6231-3337 (telepon / SMS / WA) atau dengan menggunakan link konsultasi. Dapatkan promo menarik untuk berbagai layanan dan pengobatan di Klinik Pandawa setiap bulannya.