Cari Klinik Kelamin Jakarta untuk Pengobatan Herpes? Di sini Ya!

Herpes merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang bisa menimbulkan komplikasi berbahaya. Oleh karena itu, banyak penderita penyakit ini berupaya untuk mencari klinik kelamin Jakarta atau terdekat untuk memperoleh pengobatan. 

Namun, Anda jangan sembarangan dalam memilih klinik untuk mendapatkan penanganan penyakit herpes. Sebelum menentukan pilihan, Anda perlu memahami fakta penting yang berkaitan dengan penyakit tersebut.

Apalagi, pengetahuan tentang herpes bisa membantu Anda dalam mencari cara penanganan yang tepat. 

Fakta Penting Terkait Pengobatan Herpes di Klinik Kelamin Jakarta

Pengobatan Herpes Di Klinik Kelamin Jakarta 1024x576
Pengobatan Herpes di Klinik Kelamin Jakarta

Ada beberapa fakta menarik dan penting yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan penyakit Herpes, yakni: 

1. Jenis-Jenis Herpes

Anda perlu tahu kalau saat ini ada lebih dari 100 jenis virus herpes yang telah diketahui oleh para ahli kesehatan dunia. Namun, dari jumlah tersebut, hanya ada 8 jenis virus herpes yang bisa menginfeksi tubuh manusia. 

Selanjutnya, dari 8 jenis virus herpes, ada 2 yang secara khusus paling sering menyerang tubuh manusia, yaitu: 

  • Virus Herpes Simpleks (HSV). HSV terbagi dalam dua kelompok, yaitu HSV tipe 1 dan HSV tipe 2. HSV tipe 1 umumnya menimbulkan luka yang ada di area bibir dan mulut. Sementara itu, HSV tipe 2 biasanya terjadi pada area sekitar kelamin atau anus. 
  • Herpes Zoster. Penyakit herpes zoster disebabkan oleh virus varicella-zoster. Anda dapat mengenali penyakit kulit ini dari adanya ruam yang muncul dalam bentuk sebuah garis pada area tubuh sebelah kiri ataupun kanan. 
YouTube video
Bahayakah Herpes Zoster ? kenali penyebab dan gejalanya!! (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Artikel Lainnya: Apa Itu Herpes Dan Apa Saja Gejala Nya ? – Klinik Pandawa

2. Cara Penularan Virus Herpes

Herpes merupakan jenis penyakit yang dapat melakukan penularan dengan mudah. HSV tipe satu umumnya menular lewat aktivitas ciuman atau kebiasaan pemakaian barang secara bersama. Contohnya, ketika Anda terbiasa menggunakan peralatan makan atau sikat gigi bersama keluarga.

Proses penularan bisa pula terjadi ketika ada kontak langsung dengan area kulit yang mengalami luka. Cara penularan seperti ini berlaku untuk herpes zoster. Sebagai tambahan, virus herpes zoster bisa menular ketika ada cairan dari tubuh penderita masuk ke tubuh orang lain. 

Selain itu, Anda juga harus tahu kalau herpes termasuk penyakit menular seksual. Proses penularannya bisa terjadi ketika Anda melakukan hubungan intim dengan seorang penderita herpes, terutama HSV tipe 2. 

3. Jumlah Penderita Herpes

Tingkat infeksi herpes di seluruh dunia sangat tinggi. WHO memperkirakan, ada sekitar 3,7 miliar penderita HSV tipe 1 di seluruh dunia. Sementara itu, penderita HSV tipe 2 di tingkat dunia berada di angka sekitar 491 juta jiwa. 

4. Cara Pengobatan Herpes

Saat mencari penanganan medis untuk penyakit herpes ke klinik kelamin Jakarta, Anda harus tahu fakta penting terkait pengobatan penyakit ini. Sampai saat ini, herpes merupakan salah satu penyakit yang belum bisa diobati secara tuntas. 

Lalu, apa tujuan penderita herpes memperoleh penanganan medis di klinik kelamin Jakarta? Tujuan dari penanganan tersebut adalah untuk meringankan gejala dari penyakit herpes. Upaya pengobatan tersebut biasanya berlangsung menggunakan antivirus. 

WHO merekomendasikan 3 jenis obat antivirus untuk penanganan penderita herpes, yaitu: 

  • Acyclovir
  • Valacyclovir
  • Famciclovir

Baca Juga: Perbedaan Herpes Simplex dan Zoster

5. Risiko Terinfeksi HIV

Salah satu pola penyebaran virus herpes adalah melalui hubungan seksual. Selain berisiko menularkan penyakit ke tubuh pasangan, aktivitas hubungan intim oleh penderita herpes juga menimbulkan risiko lain. Risiko tersebut adalah terinfeksi HIV/AIDS. 

Tingkat infeksi HIV/AIDS pada tubuh penderita herpes memang relatif lebih tinggi dibanding orang lain. Alasannya, karena herpes menimbulkan adanya luka pada area kelamin yang bisa memberi kemudahan bagi virus untuk masuk dan menginfeksi tubuh.

6. Komplikasi Penyakit Herpes

Herpes berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, di antaranya adalah: 

  • Ensefalitis. Komplikasi ini terjadi ketika infeksi virus telah menyebar ke bagian otak. Alhasil, virus akan menyebabkan terjadinya peradangan otak. 
  • Gangguan pendengaran. Ada pula komplikasi herpes berupa gangguan pendengaran, bisa terjadi pada bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Komplikasi ini dapat muncul ketika virus herpes telah menginfeksi saraf yang berkaitan dengan fungsi pendengaran.
  • Pembengkakan kelopak mata. Virus herpes bisa saja secara tak sengaja masuk ke organ mata. Akibatnya, Anda bisa menjumpai adanya peradangan dan pembengkakan yang biasa terjadi pada kelopak mata. 
  • Peradangan kandung kemih dan anus. Penderita herpes yang mengalami komplikasi ini akan mengalami rasa sakit di area sekitar kelamin. Selain itu, ada pula dampak lain yang mendorong tubuh lebih sering buang air kecil. 
  • Meningitis. Virus herpes bisa menyerang selaput yang ada di sumsum tulang belakang dan otak. 

Baca Juga: Penyakit Herpes Pada Kulit Dan Kelamin – Klinik Pandawa

7. Upaya Pencegahan Infeksi Herpes

Meski herpes adalah penyakit yang tak bisa disembuhkan, tetapi Anda bisa melakukan upaya pencegahan. Beberapa upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan diri dari penularan herpes di antaranya adalah: 

  • Hati-hati ketika ingin berciuman dengan pasangan. Hindari aktivitas berciuman ketika pasangan merasakan sakit pada area di sekitar bibir dan mulut. 
  • Hindari kebiasaan pemakaian barang secara bersama. Sediakan sikat gigi atau peralatan makan secara terpisah. 
  • Jaga pola hubungan seksual yang aman. Hindari kebiasaan seks bebas. Selain itu, pertimbangkan untuk membiasakan diri menggunakan kondom saat berhubungan seksual. 

Kapan Harus ke Dokter?

Nah, sekarang Anda sudah bisa tahu fakta penting terkait penyakit herpes. Anda memang tidak bisa mengobatinya sampai benar-benar sembuh di Klinik Kelamin Jakarta atau Klinik Herpes Kulit. Namun, penanganan oleh dokter klinik kulit dan kelamin bisa membantu meringankan gejala sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Anda bisa mendapatkan penanganan herpes tersebut dengan datang ke Klinik Utama Pandawa. Tidak cuma pengobatan herpes, Anda bisa pula memanfaatkan layanan konsultasi dokter online secara gratis di sini!

Referensi:

Tim Medis Klinik Utama Pandawa
Latest posts by Tim Medis Klinik Utama Pandawa (see all)
Share: