Penyakit Herpes Pada Kulit Dan Kelamin Bisa Sembuh?
8 September 2022

Penyakit Herpes Pada Kulit Dan Kelamin Bisa Sembuh?

Daftar isi

Klinik Kulit | Klinik Kelamin | Info Kesehatan | Gonore

Dibanding gonore, herpes memang jarang didengar atau bahkan diketahui. Tapi tahukah, bila penyakit herpes jauh lebih berbahaya dibanding gonore. Pasalnya penyakit herpes pada kulit maupun kelamin terjadi akibat virus HSV. Apalagi pengobatan penyakit herpes pada kulit dan kelamin membutuhkan waktu lama.

penyakit herpes pada kulit

Penyebab penyakit herpes pada kulit dan kelamin

Penyakit herpes umumnya terjadi akibat oleh virus bernama Herpes Simplex Virus. Virus ini juga mempunyai dua tipe, di mana tipe 1 mengincar area tubuh ke atas, sedangkan tipe 2 tubuh ke bawah terutama kelamin.

Infeksi herpes umumnya mengincar kulit, area tubuh manapun bisa menjadi korban HSV termasuk mulut maupun tenggorokan.

Bila melihat gejalanya, gejala herpes sangat ringan dan samar-samar dengan infeksi lain hingga akhirnya virus HSV sudah parah.

Gejala umumnya seperti demam, sakit kepala, flu, gatal di kulit dan kelamin, muncul bintil-bintil berisi cairan seperti cacar, terasa nyeri, panas dan lainnya.

Untuk memastikan Anda apakah terinfeksi penyakit HSV, maka membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Tapi, sebelumnya kenali dahulu beberapa kebiasaan dan perilaku yang bisa membuat Anda berisiko HSV.

Faktor risiko Anda terinfeksi penyakit kulit dan kelamin

Baik gonore dan penyakit herpes pada kulit dan kelamin, memiliki faktor risiko yang kurang lebih sama. Jika Anda memiliki beberapa faktor ini sebaiknya waspadalah.

  • Berdasarkan kasus wanita lebih berisiko penyakit herpes pada kulit dan kelamin
  • Punya pasangan seks lebih dari satu alias suka berganti pasangan
  • Aktivitas seks berisiko baik anal, vaginal, oral tanpa kondom
  • Memiliki sistem imun lemah
  • Terbiasa berbagi benda pribadi, seperti sikat gigi, alat makan, sex toys, dll.
  • Melakukan hubungan seks dengan orang yang tidak diketaui riwayat penyakit/seks-nya
  • Ada riwayat infeksi menular seksual lainnya

Jika memang Anda berpotensi seperti di atas sebutkan, jangan malu dan ragu, segeralah datangi klinik kulit kelamin terdekat Anda.

Penyakit HSV bisa sembuh?

Hingga saat ini sebenarnya belum di ketahui obat ampuh untuk mengusir virus HSV selamanya dari tubuh. Pasalnya HSV virus dapat berdiam, memanipulatif dan bersembunyi di dalam tubuh.

Penyakit HSV sendiri juga rentan kambuh ketika imun sedang lemah, kondisi stress dan sebagainya. Untuk itu pengobatan herpes untuk sementara adalah perawatan atau terapi dengan obat virus yang diresepkan dari dokter kulit dan kelamin.

Obat virus ini tidak diperjualkan bebas dan membutuhkan dari resep dokter spesialis kulit dan kelamin. Selama pengobatan tentu Anda perlu berkonsultasi terlebih dulu. Rata-rata pasien herpes melakukan konsultasi bersama dokter berkelanjutan untuk melihat perubahan.

Anda tak perlu khawatir, obat virus HSV ini bermanfaat untuk meminimalisir gejala, hingga penularan. Dokter pun menyarankan apabila Anda terinfeksi HSV atau penyakit infeksi menular lainnya seperti gonore, sipilis, HPV, ajak pasangan Anda untuk ikut pemeriksaan.

Hal ini berguna untuk mengurangi penularan atau kekambuhan.

Konsultasikan masalah kesehatan organ sensitive Anda bersama Klinik kulit kelamin No. 1, Klinik Utama Pandawa Jakarta.