Kutil – Gejala, Penyebab, & Cara Mengobatinya | Klinik Pandawa

Kutil merupakan pertumbuhan kulit kecil dan kasar yang biasanya muncul di jari atau tangan anda. Jika disentuh, kutil memiliki pola titik-titik hitam kecil dan ini merupakan pembuluh darah kecil yang menggumpal.

Adapun biasanya kutil disebabkan oleh virus yang menular lewat sentuhan. Kutil butuh waktu selama dua sampai enam bulan untuk berkembang setelah kulit anda terpapar virusnya. Menariknya, kutil bisa hilang sendirinya dan dianggap tidak berbahaya.

Namun buat sebagian orang, mereka memilih menghapusnya karena dianggap memalukan dan mengganggu.

Jenis-jenis Kutil

Ada enam jenis utama kutil. Biasanya kutil tersebut akan muncul di bagian tubuh anda yang berbeda serta memiliki penampilan yang juga berbeda. Berikut adalah tipe-tipe kutil yang bisa diketahui:

1. Kutil Biasa

Kutil biasa biasanya tumbuh di bagian punggung kari tangan dan kaki atau lutut. Namun kutil biasa juga bisa muncul di tempat lain. Biasanya kutil biasa memiliki penamoilan yang tebal, kasar, berbutir, dan bagian atas yang membulat.

Kutil biasa mungkin Nampak seperti kembang kol. Selain itu ukuran kutil biasa berkisar dari 1 milimeter (mm) hingga 1 sentimeter (cm) atau lebih besar, dan dapat muncul sendiri atau berkelompok. Tanda-tanda gejala kutil biasa antara lain:

benjolan kecil yang bisa keras, kasar, dan berbutir

benjolan berwarna daging dengan bintik-bintik hitam kecil pembuluh darah yang menggumpal

kemampuan untuk menyebar ke daerah lain melalui kontak langsu

2. Kutil Plantar

Kutil plantar biasanya tumbuh di sekitar telapak kaki. Tidak seperti kutil lainnya, kutil plantar tumbuh di kulit, bukan di bagian luar. Anda dapat mengetahui bahwa Anda memiliki kutil plantar jika Anda melihat lubang kecil di bagian bawah kaki Anda yang dikelilingi oleh kulit yang mengeras.

Ketika kutil plantar hadir, ini akan menyebabkan tidak nyaman saat berjalan.

3. Kutil Datar

Kutil datar biasanya tumbuh di sekitar bagian paha, wajah, atau lengan. Biasanya kutil datar disebabkan oleh HPV tipe 3, 10, atau 28. Umumnya ukuran kutil datar itu kecil dan tidak langsung terlihat.

Biasanya kutil datar punya bagian atas yang terlihat seperti tergores. Biasanya kutil datar berwarna daging, merah muda, kecoklatan, atau agak kuning. Adapun kutil datar biasanya sering tumbuh dalam kelompok besar mulai dari 20 sampai 200.

Kutil datar biasanya tidak menyakitkan dan cenderung muncul di area kulit yang terpotong atau pecah, seperti saat mencukur wajah atau kaki. Kutil datar bisa terjadi pada anak-anak dan bisa menyebar lewat kontak langsung.

4. Kutil Filiform

Kutil filiform biasanya hadir di sekitar mulut, hidung, leher, dan dibawah dagu. Kutil filiform menular dan bisa menyebar ke bagian latin tubuh anda.

Kutil filiform berukuran kecil dan berbentuk seperti lipatan kecil atau tanda kulit. Mereka dapat membuat kulit anda menjadi untaian tipis seperti jari.

Kutil filiform memiliki warna yang sama dengan kulit anda. Biasanya kutil filiform tidak menimbulkan rasa sakit kecuali jika ada di area sensitive seperti lipatan kulit misalnya.

5. Kutil Peringual

Kutil periungual biasanya hadir di bawah atau kuku kaki dan kuku tangan. Biasanya kutil jenis ini mempengaruhi pertumbuhan kuku anda. Biasanya kutil peringual dimulai dari seukuran tusukan jarum yang kemudian tumbuh lebih besar dan menyebar ke area lain melalui kontak langsung.

Kutil peringual memiliki penampilan seperti kembang kol dan kasar ketika disentuh.

6. Kutil Kelamin

Jenis HPV terbagi ke dalam 100 jenis dan HPV adalah virus penyebab kutil. Hampir semua jenis HPV bisa menyebabkan kutil dan mayoritas relatif tidak berbahaya jika muncul di tangan atau kaki anda.

Tapi ada beberapa jenis HPV yang menyebabkan muncul kutil di dalam dan di sekitar alat kelamin anda.

Kutil kelamin berbahaya karena bisa menyebabkan kanker serviks, penyakit yang berpotensi fatal. Jika Anda merasa memiliki kutil kelamin atau merasa telah terpapar olehnya, anda harus segera menemui dokter.

Artikel Lainnya: Perbedaan Kutil Kelamin Dan Kutil Biasa, Yuk Cek Segera!

Gejala Kutil

Kutil umumnya terjadi pada jari atau tangan anda dan gejalanya meliputi benjolan kecil, berdaging, dan berbutir. Kemudian kutil juga memiliki tekstur kasar ketika disentuh dan memiliki titik-titik hitam yang merupakan pembuluh darah kecil yang menggumpal.

Penyebab Kutil

Kutil umumnya disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Virus ini cukup umum dan punya lebih dari 150 jenis. Beberapa jenis HPV diperoleh melalui kontak seksual.

Namun, sebagian besar bentuk menyebar melalui kontak kulit biasa atau melalui benda yang digunakan bersama, seperti handuk atau waslap.

Biasanya virus ini juga menyebar lewat luka di kulit anda. Perlu diketahui jika kebiasaan menggigit kuku bisa membuat kutil menyebar di ujung jari dan di sekitar kuku.

Menariknya, karena sistem kekebalan tiap orang merespons virus HPV berbeda, tidak semua orang yang bersentuhan dengan HPV bisa langsung terserang kutil.

Diagnosis Kutil

Seorang dokter kulit dapat mengetahui apakah Anda memiliki kutil dengan melihatnya. Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter kulit mungkin perlu melakukan biopsi kulit untuk memastikannya.

Jika dokter kulit perlu melakukan biopsi, dokter akan mengangkat kutil dan mengirimkannya ke laboratorium. Di laboratorium, sepotong kecil kutil akan dilihat di bawah mikroskop.

Biopsi adalah prosedur yang aman dan cepat untuk dilakukan oleh dokter kulit sehingga seharusnya tidak perlu khawatir jika hal ini dilakukan.

Baca Juga: Penyebab Kutil Kelamin Apakah Berbahaya ?

Pengobatan Kutil

Kutil biasanya bisa hilang tanpa pengobatan terutama jika terjadi pada anak-anak. Pada orang dewasa, kutil mungkin tidak hilang dengan mudah atau secepat pada anak-anak.

Meskipun sebagian besar kutil tidak berbahaya, anda bisa menempuh jalur pengobatan untuk menyembuhkan kutil.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan antara lain seperti:

1, Cantharidin

Kutil biasanya bisa dihilangkan dengan cantharidin. Cantharidin menyebabkan lepuh terbentuk di bawah kutil. Dalam seminggu atau lebih, anda bisa kembali ke dokter dan kutil yang telah mati ini akan dihilangkan.

2. Cryosurgery

Untuk kutil umum pada orang dewasa dan remaja, cryosurgery atau pembekuan adalah pengobatan yang paling umum. Perawatan ini tidak terlalu menyakitkan.

3. Bedah Listrik dan Kuret

Bedah listrik (pembakaran) merupakan metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati kutil biasa, kutil filiform, dan kutil kaki. Di sisi lain, kuret adalah metode mengikis kutil dengan pisau tajam atau alat kecil berbentuk sendok. Biasanya kedua prosedur ini sering digunakan bersamaan.

Sebelum berencana melakukan pengobatan, ada baiknya supaya anda yang ada di Jakarta melakukan konsultasi ke Klinik Kulit terpercaya yang sudah paham dan berpengalaman menangani kutil.

Pencegahan Kutil

Untuk mengurangi risiko kutil, ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan seperti:

  • Hindari kontak langsung dengan kutil. Ini termasuk kutil Anda sendiri.
  • Jangan mencoba memetik kutil karena bisa menyebarkan virus.
  • Jangan menggunakan barang-barang yang telah berinteraksi dengan kutil ke kulit yang sehat.
  • Jangan menggigit kuku anda karena kutil sering terjadi di kulit yang pecah.
  • Hindari menyikat, memotong atau mencukur area yang memiliki kutil.

Dengan melakukan pencegahan-pencegahan di atas harapannya kutil bisa dicegah penyebarannya dan anda bisa terhindar dari penyakit kutil yang terkadang sangat meresahkan.

Baca Juga: Benjolan Kecil atau Kutil Kelamin, Apakah Berbahaya?

Kapan Harus ke Dokter?

Jika ada tanda-tanda kutil yang terjadi seperti di bawah ini, anda harus ke dokter:

  • Pertumbuhannya menyakitkan atau berubah penampilan atau warna
  • Anda telah mencoba mengobati kutil, tetapi tetap ada, menyebar atau muncul kembali
  • Pertumbuhannya mengganggu dan mengganggu aktivitas
  • Anda tidak yakin apakah itu kutil atau bukan
  • Anda adalah orang dewasa dan banyak kutil mulai muncul, yang mungkin menandakan sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi

Ketika anda memiliki berbagai gejala kutil di atas dan juga ingin menyembuhkan kutil sesegera mungkin, anda wajib sekali untuk pergi ke dokter. Pilihlah dokter dan Klinik Kulit yang sudah berpengalaman seperti Klinik Pandawa yang memiliki dokter, staf medis, dan alat-alat canggih.

Dengan begini anda bisa mengobati kutil dengan cara yang tepat tanpa khawatir di kemudian hari.

Kesimpulan

Kutil adalah penyakit kulit yang sejatinya tidak perlu dikhawatirkan karena bisa hilang dengan sendirinya. Namun yang perlu diperhatikan adalah terkadang kutil akan menghambat serta mengganggu aktivitas. Di samping itu, kutil juga bisa membuat anda kurang percaya diri.

Untuk kasus yang lebih parah seperti kutil kelamin, berkonsultasi dan datang ke Klinik Kulit dan Kelamin yang sudah terpercaya adalah sebuah keharusan.

Pasalnya kutil kelamin bisa menyebar dan menjadi salah satu infeksi menular seksual yang patut diwaspadai.

Hindari menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter apalagi jika kutil anda berubah warna, menjadi nyeri, atau jika anda ragu apakah kutil yang muncul bukan kutil.

Selain itu pencegahan yang bisa dilakukan terkait kutil adalah dengan sering mencuci tangan dan memakai sepatu di ruang ganti umum.

Referensi

Tanya Dokter
Konsultasi Dokter Online Gratis
Konsultasi Dokter Online
Halo Dokter, Saya Ingin Berkonsultasi.