Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Kulit Cenderung Berminyak? Simak Penyebab dan Perawatannya yang Tepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Selain kulit kering yang banyak dikeluhkan, ada tipe kulit berminyak yang juga tak kalah meresahkan. Memiliki kulit cenderung berminyak di satu sisi baik dan di sisi lain bila berlebihan memang mengganggu. Kulit berminyak biasanya ditemukan di area wajah, lengan, punggung, kaki, hingga kepala. Bila terlalu berminyak, kotoran seperti debu mudah sekali menempel dan menyumbat pori-pori kulit. Sehingga sering kali kulit terlihat kusam, jerawatan hingga ketombean.

penyebab kulit berminyak

Penyebab kulit berminyak pun cukup beragam. Mulai faktor bawaan lahir, usia hingga bagaimana kita merawat dan menjaga kesehatan kulit. Tak sedikit banyak orang dengan tipe kulit ini mencari cara mengatasi kulit berminyak yang mengganggu ini. Lantas, apa saja penyebab kulit berminyak dan cara mengatasinya? Yuk kita cari tahu bersama di bawah ini.

Apa sih kulit berminyak itu?

Kulit cenderung berminyak merupakan kondisi kulit dimana kelenjar sebasea memproduksi terlalu banyak sebum atau minyak. Produksi minyak berlebih inilah yang membuat kulit mengkilap.

Minyak alami yang diproduksi dari tubuh sendiri sebenarnya penting untuk menjaga kulit tetap lembap dan melindungi kulit dari iritasi. Hanya saja bila produksi sebum atau kulit ini berlebihan, kulit cenderung berminyak sehingga kotoran mudah menempel dan menyumbat pori-pori.

Nah, ciri-ciri kulit berminyak itu sedikit berkeringat, basah, lengket dan mengkilap (cenderung di area wajah). Kemudian rambut mudah lepek dan ketombean karena kulit kepala yang basah dan berminyak. Kulit cenderung kusam, wajah berjerawat dan komedo.

BACA JUGA: 6 Penyebab Kulit Kering yang Wajib Kamu Ketahui & Hindari

Penyebab kulit berminyak

Ciri dan penyebab kulit berminyak pada seseorang bisa saja berbeda-beda. Tapi tidak ada salahnya kamu memperhatikan ini agar kamupun tahu cara mengatasi kulit berminyak yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulitmu.

  1. Faktor genetik penyebab kulit berminyak yang utama

Salah satu penyebab kulit berminyak yang utama adalah karena faktor geneitk atau bawaan sejak lahir dan berasal dari keluarga. Jika memang ada pihak orang tua yang memiliki masalah kulit yang sama, bisa jadi sang anak akan memiliki jenis kulit yang serupa.

  1. Faktor usia atau penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan protein penyokong seperti kolagen. Melemahnya kolagen ini membuat kelenjar minyak bekerja sedikit lebih lambat. Itulah sebabnya mengapa orang tua memiliki kulit kendur dan keriput.

  1. Faktor lingkungan atau cuaca

Selain faktor usia, lingkungan atau cuaca juga bisa menjadi pemicu kulit cenderung berminyak. Seseorang yang tinggal atau sedang berada di lokasi yang cuaca atau iklimnya panas dengan kelembapan udara yang tinggi, berisiko untuk membuat kulit semakin berminyak dan berkeringat. Kulit juga cenderung mengkilap pada saat musim panas.

BACA JUGA: Dijamin Ampuh! Ini Dia Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah! 

 

  1. Hormon tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab kulit berminyak

Hormon yang tidak seimbang bisa membuat kelenjar minyak memproduksi sebum berlebihan sehingga kulit cenderung berminyak. Biasanya hal ini dialami oleh para wanita dibanding pria. Terlebih dikala masa kehamilan, menstruasi, menopause dan berbagai faktor lainnya.

  1. Skin care yang salah bisa picu kulit berminyak

Kulit cenderung berminyak juga bisa disebabkan oleh ketidakcocokan produk perawatan kulit atau skin care. Misalnya, pemakaian losion atau penggunaan sampo yang tidak sesuai jenis kulit kepala.

Sehingga penting mengetahui jenis atau tipe kulit kamu sendiri dan bahan-bahan apa yang sesuai. Seperti gunakan produk berbahan dasar salicylic acid dan hindari glycolic acid. Salicylic acid sendiri bersifat mengikat minyak dan menumpas minyak berlebih.

  1. Tidak menggunakan pelembap

Yup, meski kulit cenderung berminyak, kulit juga butuh pelembap untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Jadi sebaiknya tetap memakai pelembap diberbagai aktivitas dan pilihlah pelembap dengan kandungan bebas minyak atau non-komedogenik. Pelembap dengan bahan dasar air sangat cocok dan bisa bekerja efektif untuk kulit cenderung berminyak.

BACA JUGA: Wajah Kamu Terdapat Bintik-bintik Putih Mengganggu? Bisa Jadi Terkena Milia!

Cara mengatasi kulit berminyak

Setelah tau beberapa penyebab kulit berminyak, kamu pasti sudah tau langkah selanjutnya untuk mencegah kulit berminyak. Langkah ini penting untuk mencegah minyak berlebih hingga memicu kulit kusam dan berjerawat. Nah berikut cara mengatasi kuit berminyak yang layak kamu coba

  1. Rutin mencuci muka
  2. Gunakan toner setelah mencuci muka
  3. Jangan lewatkan memakai pelembap wajah dan tubuh
  4. Pakai sunscreen jika beraktivitas di luar rumah
  5. Hindari menyentuh wajah dan menggunakan kertas minyak
  6. Rajin keramas bila kulit kepala mudah berminyak dan lepek
  7. Jaga asupan makanan dan kurangi makanan minyak, olahan dan manisan
  8. Treatment kecantikan

Memiliki kulit cenderung berminyak memang sangat mengganggu, apalagi akan sangat mudah kulit berkeringat dan bau badan. Selain kamu mencoba cara mengatasi di atas, tidak ada salahnya kamu mencoba dengan treatment kecantikan di klinik kecantikan.

Apalagi bila kamu memiliki waktu yang tak cukup banyak di rumah, kamu bisa andalkan treatment kecantikan tersebut. Punya masalah seputar kulit berminyak dan estetika? Hubungi layanan konsultasi dokter online gratis Klinik Pandawa via CHAT/SMS/ TLP 0821-1141-0672 (Rahasia terjamin).