Kombinasi Antibiotik Untuk Gonore – Klinik Kulit dan Kelamin

Gonore adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Metode pengobatan gonore adalah dengan antibiotik. Berikut penjelasan mengenai kombinasi antibiotik untuk gonore.

Apa itu Gonore?

Gonore adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menyerang pria maupun wanita. Penularan penyakit ini umumnya melalui kontak seksual. Beberapa orang yang terinfeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae tidak menunjukkan gejala yang mudah dikenali.

Penderita gonore yang mengalami gejala biasanya merasakan sensasi terbakar saat buang air kecil, serta keluarnya cairan yang berbentuk seperti nanah pada alat kelamin. Untungnya, gonore dapat disembuhkan dengan antibiotik.

Antibiotik adalah salah satu jenis obat yang berfungsi untuk mencegah infeksi bakteri. Cara kerja antibiotik adalah menghambat laju pertumbuhan bakteri sehingga dapat menyembuhkan infeksi. Penggunaan antibiotik tidak boleh sembarangan dan harus dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Artikel Lainnya: Pemeriksaan Gonore di Klinik: Tahapan dan Tes Pendeteksian

Diagnosis Gonore

Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin diawali dengan membahas keseluruhan Riwayat medis pasien. Setelah itu, dokter akan memeriksa fisik dan kelainan apa pun pada tubuh pasien yang merupakan dampak dari infeksi.

Untuk menjalani tes gonore, petugas medis akan mengambil sampel tes swab dari area yang berpotensi terkena infeksi. Area-area tersebut meliputi alat kelamin, anus, dan juga mulut. Pada beberapa kasus, urin juga akan diperiksa apakah mengandung bakteri.

Hasil tes gonore biasanya keluar mulai dari 24 jam sampai 3 hari setelah dilakukannya tes. Setelah infeksi gonore sudah terkonfirmasi, dokter akan memberikan resep obat yang harus dikonsumsi dan menjelaskan perawatan lebih lanjut.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Baca Juga: Biaya Pengobatan Gonore di Klinik Pandawa Jakarta

Kombinasi Antibiotik untuk Gonore

Ada enam obat antibiotik yang disarankan untuk pengobatan gonore. Obat-obat tersebut adalah ceftriaxone, cefixime, gentamicin, ceftizoxime, azitromisin, dan eritromisin.

Sebelum membahas kombinasi antibiotik gonore, Anda bisa konsultasi dokter online gratis terkait pengobatan gonore di Klinik Gonore Jakarta:

Berikut kombinasi antibiotik untuk gonore berdasarkan kondisi yang sedang dialami:

  • Gonore pada Alat Kelamin, Tenggorokan, Dan Rectum

Antibiotik yang digunakan untuk mengobati gonore pada alat kelamin, tenggorokan, dan rectum adalah ceftriaxone 500 mg. Ini diberikan secara intramuskular dalam dosis tunggal. Intramuskular adalah injeksi obat ke dalam otot tubuh.

Apabila obat ceftriaxone tidak tersedia, bisa digantikan dengan cefixime dan gentamisin. Dosis yang diberikan yaitu cefixime 800 mg per oral dalam dosis tunggal. Bisa juga diganti dengan gentamisin 240 mg diberikan secara intramuskular dalam dosis tunggal.

  • Penderita Gonore yang Alergi Terhadap Ceftriaxone

Untuk pasien yang memiliki alergi pada ceftriaxone, bisa diganti dengan gentamisin. Dosis yang diberikan yaitu gentamisin 240 mg diberikan secara intramuskular dalam dosis tunggal. Kemudian ditambah dengan azitromisin 2 g diberikan secara oral dalam dosis tunggal.

  • Artritis-dermatitis Gonokokus

Infeksi gonokokus diseminata adalah komplikasi serius yang merupakan akibat dari gonore yang tidak segera diobati. Sindrom artritis-dermatitis terjadi karena adanya penyebaran bakteri yang memicu gejala artritis dan lesi kulit.

Obat yang diberikan untuk pasien dengan kondisi ini adalah ceftriaxone 1 g yang diberikan secara intramuskular atau intravena setiap 24 jam. Durasi mengkonsumsi obat ini adalah tidak kurang dari tujuh hari.

Obat lain yang bisa dijadikan alternatif yaitu cefotaxime 1 g yang diberikan secara intravena setiap 8 jam atau ceftizoxime 1 g setiap delapan jam. Durasinya mengkonsumsi obat ini tetap sama yaitu tidak kurang dari tujuh hari.

Baca Juga: Tanda-Tanda Gonore Sembuh – Klinik Kulit dan Kelamin

Kapan Harus ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin?

Ilustrasi Kombinasi Antibiotik untuk Gonore

Apabila Anda mengalami gejala-gejala yang mengarah pada gonore, disarankan untuk segera memeriksakan diri. Anda bisa berkunjung ke Klinik Kulit dan Kelamin Jakarta terbaik seperti Klinik Utama Pandawa untuk melakukan pemeriksaan sekaligus menjalani pengobatan.

Klinik Pandawa merupakan Klinik Kelamin Jakarta terpercaya dalam mengobati gonore, dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpengalaman serta fasilitas yang lengkap. Konsultasi dokter spesialis kelamin gratis sekarang!

Demikianlah informasi mengenai kombinasi antibiotik untuk gonore. Melakukan diagnosis dini pada penyedia layanan kesehatan perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya komplikasi. Rutin melakukan pengobatan antibiotik adalah solusi terbaik untuk penyakit gonore.

Referensi: