Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Ketahui Penyebab Benjolan di Miss V Sebelum Makin Parah

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

benjolan di miss v

Sahabat pandawa terutama wanita sepertinya wajib tau gangguan kewanitaan satu ini, yaitu benjolan di miss v. Gangguan kewanitaan memang banyak variasinya, seperti gatal, keputihan abnormal, hingga muncul benjolan di kelamin.

Adanya kondisi ini pasti membuat perasaan kita menjadi khawatir. Apakah benjolan di miss v ini terbilang normal atau tidak. Timbulnya benjolan di miss v ini bisa muncul di mana saja, seperti dalam vagina, luar ataupun di bibir vagina.

Jika kamu ragu kamu bisa konsultasikan pada dokter kulit dan kelamin terpercaya. Apalagi bila keadaaan ini disertai dengan keluhan lain seperti iritasi, nyeri di vagina, nyeri saat buang air kecil, hingga mengganggu aktivitas. Segeralah kunjungi klinik kulit kelamin terdekat.

 

Benjolan di Miss V

Melansir Women’s Health, Benjolan di vagina biasanya tidak bisa langsung dikenali. Gejalanya baru terasa setelah timbul perubahan warna kulit, nyeri, atau benjolan membesar. Berikut penjelasannya apakah termasuk normal, aman atau bahaya.

 

Penyebab Benjolan di Miss V

  1. Ingrown hair

Penyebab benjolan di miss v pertama bisa saja disebabkan oleh sebab tumbuhnya rambut atau bulu kemaluan ke dalam kulit sehingga menimbulkan benjolan. Ciri-ciri dari benjolan ini adalah warnanya sedikit gelap, sakit saat disentuh, terlihat seperti memiliki titik di bagian tengah, dan kamu bisa melihat ada rambut di dalamnya. Titik di bagian tengah bukanlah nanah, melainkan sebum yang terperangkap.

Baca juga: Terdapat Benjolan di Vagina? Beberapa Penyakit Ini Mungkin Jadi Faktor Pemicunya

  1. Varises

Yup, tak hanya kaki saja yang bisa mengalami varises tetapi alat vital pun bisa. Varises sendiri merupakan pembengkakan pembuluh darah. Benjolan di miss v akibat varises ini akan terlihat berwarna kebiruan mirip seperti varises di kaki. Jika ditekan, benjolan tersebut hilang, tetapi akan kembali lagi ketika jari diangkat. Terkadang akan timbul rasa gatal ataupun berdarah.

  1. Infeksi kulit

Bila kamu punya kondisi penyakit kulit seperti eksim atau psoriasis, wajib perhatikan satu ini. Pasalnya gangguan kulit ini bisa memicu timbulnya benjolan di miss v. Tentunya ini akan membuatmu merasa tidak nyaman karena selalu ingin menggaruk area yang gatal hingga infeksi kulit.

  1. Kutil Kelamin

penyebab benjolan di miss v yang wajib diwaspadai yaitu keberadaan kutil kelamin. kondisi kutil kelamin ini termasuk dalam penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus human pappilomavirus atau HPV.

Selain menular juga bisa memicu kanker. Memang awalnya akan tidak ada yang terasa tapi bisa juga memberikan rasa nyeri, sebab itu kamu wajib mengawasi perubahan di miss v. Apalagi untuk kamu yang suka bergonta ganti pasangan dan menjalani seks bebas wajib memperhatikan beberapa kemungkinan komplikasi. Pengangkatan kutil dibutuhkan untuk mengatasi penyakit menular seks ini.

Baca juga: Muncul Benjolan di Penis? Waspadai Beberapa Penyakit Berbahaya Ini!

  1. Kista

Kista vagina sendiri merupakan kondisi benjolan di miss v berupa kantong di dalam dinding vagina. Beberapa jenis kista tersebut bisa berisi nanah, kopong atau cuma berisi udara, atau jaringan parut. Jenis kista ini  meliputi:

  • Kista bartholin yang tumbuh di salah satu atau kedua sisi lubang vagina,
  • Kista endometriosis berupa benjolan jaringan yang membentuk kista kecil di vagina,
  • Kista saluran gartner yang terbentuk selama kehamilan,
  • Kista inklusi vagina yang muncul setelah trauma pada dinding vagina, seperti setelah melahirkan, cedera, atau masalah lainnya.
  1. Polip Vagina

Polip vagina adalah pertumbuhan jaringan kulit yang tidak ganas. Biasanya, polip vagina bukan gangguan kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Apabila terasa sakit atau menyebabkan pendarahan, polip vagina baru memerlukan tindakan medis. Jangan ragu untuk konsultasikan pada dokter ahli untuk menangani kondisi ini.

  1. Kanker vagina

Meski jarang ditemui, penyebab benjolan di miss v juga bisa terkait kanker. Benjolan ini berupa pertumbuhan jaringan ganas di lapisan sel kulit atau kelenjar di vagina. Gejala kanker vagina di awal seperti pendarahan dan keputihan abnormal.

Apabila kanker semakin parah, gejala lain yang dirasakan penderitanya termasuk sembelit, nyeri panggul, nyeri punggung, atau kaki bengkak hingga mengganggu aktivitas harian. Untuk mengatasinya kamu wajib melakukan pemeriksaan dan mengikuti saran dokter ahli.

  1. Herpes kelamin

Selain kutil kelamin yang mesti kamu waspadai, ada lagi penyakit herpes kelamin yang bisa memicu keluhan benjolan di vagina. Sama seperti kutil kelamin, herpes kelamin juga mempunyai sifat menular dan kambuhan.

Disebabkan oleh virus bernama herpes simpex virus atau HSV, kondisi ini bisa memberikan gejala gatal, ruam-ruam merah di tubuh, demam, hingga luka melepuh di area vital. Parahnya, penyakit ini bisa muncul tanpa gejala sekalipun.

Untuk mengatasinya kamu wajib konsultasikan pada dokter kulit dan kelamin. Biasanya dokter akan menganjurkan mengkonsumsi obat antivirus untuk mencegah penularan penyakit kepada orang lain dan meredamnya.

Baca juga: Vagina Bisa Kering? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi Benjolan di Miss V

Jika kamu telah memahami beberapa penyebab benjolan seperti di atas, untuk mengobati kondisi ini akan berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Jika diantaranya disebabkan oleh penyakit kulit maka dokter akan memberikan resep yang sesuai dengan penyebabnya.

Begitu juga dengan benjolan yang disebabkan oleh infeksi menular seksual seperti herpes ataupun kutil kelamin, dokter akan memberikan obat antivirus. Dimana kamu tidak boleh melakukan hubungan intim selama menjalani pengobatan. Begitu juga dengan kutil kelamin, butuh proses pengangkatan kutil di kelamin. ada baiknya kamu tidak sembarangan mengonsumsi obat selain dari resep dokter.

Ketika kamu tidak yakin akan benjolan yang muncul di area kewanitaanmu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Sebaiknya, kamu juga harus menghubungi dokter ketika ada benjolan yang ukurannya tak kunjung mengecil ataupun dengan keluhan lainnya.

Apabila sahabat pandawa mengalami gangguan kewanitaan dan mengalami gejala sama seperti di atas. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kamu pun bisa berkonsultasi gratis atau buat janji bersama dokter andrologi Klinik Pandawa. Langsung saja WA/TLP/SMS di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin.