Berobat Herpes Kelamin Bisa Sembuh Total? – Klinik Pandawa

Terinfeksi penyakit menular seksual seperti herpes kelamin atau herpes genital bisa sangat mengganggu. Apalagi, penyakit ini bisa kambuh berulang kali. Apakah herpes kelamin bisa sembuh total?

Jika penyakit ini kambuh, Anda disarankan untuk melakukan pengobatan ke klinik kelamin Jakarta terdekat. Namun, apakah upaya pengobatan herpes kelamin tersebut bisa menyembuhkan herpes secara total?

Cara Pengobatan Herpes Kelamin

Berkaitan dengan keputusan untuk memperoleh penanganan medis oleh dokter dari klinik kelamin, Anda harus paham tujuan dari pengobatan herpes genital tersebut. Sampai saat ini, belum ada upaya pengobatan modern ataupun tradisional yang bisa secara efektif menghilangkan virus herpes secara total. 

Lalu, apa tujuan pengobatan pasien herpes genital ke klinik kelamin Jakarta? Penanganan tersebut bukan memiliki tujuan untuk menyembuhkan penyakit, tetapi meringankan gejala yang timbul akibat herpes genital.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Proses pengobatan harus berlangsung dengan pendampingan oleh dokter spesialis kelamin. Dalam praktiknya, terdapat 3 jenis obat antivirus yang kerap dimanfaatkan untuk penanganan pasien herpes genital, yaitu: 

1. Acyclovir

Jenis obat antivirus yang pertama untuk penanganan pasien herpes kelamin adalah acyclovir. Konsumsi obat ini berguna dalam membantu meringankan gejala yang muncul akibat penyakit. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh manfaat dalam mengurangi intensitas kemunculan gejala herpes kelamin.

Dengan mengonsumsi acyclovir, gejala akibat penyakit herpes bisa lebih cepat hilang. Pemakaiannya pun bakal sangat membantu bagi pasien yang dalam kondisi sistem kekebalan tubuh melemah. Acyclovir bisa membantu Anda untuk menekan risiko penyebaran virus HSV penyebab herpes agar tidak menyebar ke organ tubuh lain. 

Saat menggunakan obat acyclovir, Anda harus sadar terhadap beberapa efek samping yang bisa saja terjadi. Efek samping tersebut antara lain adalah muntah, diare, mual, sakit perut, serta penurunan nafsu makan. Selain itu, acyclovir tak disarankan bagi mereka yang memiliki gangguan ginjal.

Artikel Lainnya: 6 Cara Penularan Herpes Genital, Tak Hanya Lewat Seks Lho!

2. Valacyclovir

Dokter di klinik kelamin Jakarta dapat pula menyediakan obat dalam bentuk valacyclovir. Penggunaannya tidak hanya bisa untuk meringankan gejala akibat infeksi herpes simpleks baik yang terjadi di area mulut ataupun kelamin, tetapi juga cacar air yang penyebabnya adalah virus varicella zoster. 

Penggunaan valacyclovir bisa membantu Anda dalam meringankan gejala, mengurangi frekuensi kambuhnya herpes, dan sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka. Dengan begitu, Anda tidak akan banyak terganggu oleh keberadaan luka yang sangat gatal akibat herpes. 

Seperti halnya obat herpes lain, valacyclovir dapat memunculkan efek samping ketika dikonsumsi. Efek samping tersebut antara lain adalah nafsu makan yang berkurang, sakit kepala, mual, serta muntah. Selain itu, konsumsi obat ini sangat tidak dianjurkan bagi mereka yang lansia atau penderita penyakit ginjal.

3. Famciclovir

Selanjutnya, ada pula pertimbangan dokter dalam memberikan obat berupa famciclovir. Pemakaian obat antivirus ini umumnya digunakan untuk penanganan infeksi HSV yang menimbulkan cold sore atau luka dingin pada area sekitar kelamin, mulut, serta anus. 

Manfaat konsumsi famciclovir tidak jauh berbeda dengan acyclovir. Anda bisa memperoleh manfaat berupa menurunnya intensitas kemunculan gejala. Selain itu, gejala herpes yang terjadi tidak akan terlalu parah dan herpes kelamin bisa sembuh lebih cepat. 

Hanya saja, Anda perlu waspada karena famciclovir sangat tidak disarankan untuk ibu hamil serta menyusui. Demikian pula bagi mereka yang mengidap penyakit ginjal. Sebagai tambahan, konsumsi famciclovir dapat menimbulkan efek samping seperti diare, mual, serta sakit kepala. 

Baca Juga: Perbedaan Herpes Simplex dan Zoster

Komplikasi Akibat Herpes Genital

Anda mungkin berpikir, kenapa harus mengobati herpes, baik melakukannya di rumah atau mendapatkan penanganan medis oleh dokter. Apalagi, gejala yang muncul biasanya akan hilang dengan sendiri. 

Berkaitan dengan pertanyaan ini, Anda perlu tahu kalau herpes memang umumnya bukanlah penyakit yang mengancam nyawa. Meski begitu, infeksi herpes simpleks yang terjadi pada area kelamin berisiko menimbulkan beberapa komplikasi seperti: 

1. Peradangan

Risiko pertama adalah adanya kemungkinan peradangan yang dapat terjadi di area anus atau kandung kemih. Peradangan tersebut akan memunculkan rasa sakit dan bisa Anda jumpai adanya pembengkakan. Dalam situasi tersebut, kemungkinan kamu akan perlu menggunakan kateter untuk menghindari adanya kandung kemih yang kosong. 

2. Meningitis

Ada pula risiko dengan tingkat yang sangat kecil, ketika herpes menimbulkan meningitis. Risiko ini dapat terjadi ketika virus herpes sudah menyebar sampai ke sumsum tulang belakang dan otak. namun, meningitis akibat herpes terbilang ringan, dan herpes kelamin bisa sembuh sendiri. 

Baca Juga: Biaya Pengobatan Herpes Genital

Kapan Harus ke Dokter?

Itulah pembahasan lengkap mengenai apakah herpes kelamin bisa sembuh total? dan upaya pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk menangani permasalahan herpes.

Tak ingin terkena penyakit yang cukup mengganggu ini, kan? Oleh karena itu, jaga diri dengan membiasakan pola hidup yang sehat, dan menjauhkan diri dari seks bebas dan tidak sehat. 

Selain itu, pertimbangkan pula untuk melakukan pemeriksaan dini terhadap gejala penyakit menular seksual ke klinik herpes kelamin atau klinik kelamin Jakarta. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kalau terbebas dari berbagai jenis penyakit kelamin. Untuk pelayanan medis yang terbaik, Anda bisa mendapatkannya di Klinik Utama Pandawa

Klinik utama Pandawa adalah klinik kulit dan kelamin yang menyediakan fasilitas lengkap demi kenyamanan para pasien. Anda pun bisa memperoleh layanan konsultasi kesehatan kelamin gratis. Selain itu, ada fasilitas konsultasi dokter online yang praktis dan gratis di sini:

Cara Mengobati Herpes Kelamin Sendiri di Rumah

Selain memanfaatkan layanan pengobatan di klinik kelamin Jakarta terdekat, ada pula solusi untuk meringankan gejala herpes sendiri di rumah. Beberapa upaya yang dapat Anda lakukan di antaranya: 

  • Konsumsi obat pereda rasa nyeri seperti parasetamol
  • Mengenakan pakaian longgar, terutama pada area yang sakit dan penuh luka
  • Memberikan kompres es batu pada luka
  • Membersihkan luka gejala herpes memakai air biasa

Referensi: