Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Tips Rawat Kulit Anak dari Dermatitis Atopik

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Dermatitis atopik

Ruam merah pada anak yang biasa terjadi atau disebut juga Dermatitis Atopik adalah ganguan kulit kronis yang dapat menyebabkan kulit pada anak mengalami kondisi yang kering hingga gatal pada kulit anak, Salah satu tips rawat kulit anak dari Dermatitis Atopik adalah memberikan pelembab pada kulit anak yang berbahan alami dan tidak menyebabkan iritasi ataupun tidak mengandung parfum.

Merawat kesehatan kulit anak harus dilakukan dan tidak boleh sembarangan, apalagi kulit pada usia anak anak masih sangat sensitif. Oleh karena itu perawatan harus dilakukan dengan baik dan benar serta rutin terutama jika anak sudah mengalami dermatitis atopik. Ada beberapa faktor pemicu terjadinya dermatitis atopik pada kulit anak, salah satunya adalah kondisi imun pada usia anak-anak yang belum sempurna, maka dari itu pentingnya mengetahui tips rawat kulit anak dari dermatitis Atopik. Yuk kita simak sama-sama.

Gejala Dermatitis Atopik pada Anak

Gejala dermatitis atopik sebenarnya masih belum diketahui pasti penyebabnya, namun ada beberapa faktor yang mampu meningkatkan kondisi dermatitis atopik pada anak seperti ginetik. Anak dari orang tua pengidap dermatitis atopik tentunya akan lebih rentan terkena juga.

Selain kondisi tersebut, imun yang belum terbentuk secara sempurna juga dapat meningkatkan resiko dermatitis atopik. Beberapa faktor luar lainnya yaitu seperti cuaca, penggunaan sabun mandi, atau alergi juga dapat meningkatkan resiko terjadinya dermatitis atopik pada anak.

Umumnya, gejala dermatitis atopik dapat muncul kemudian hilang, pada anak biasanya muncul di daerah sekitar bagian wajah, leher, siku, sekitar mulut,hingga kaki. Gejala Pada anak biasanya muncul saat masih berusia 2 tahun hingga pada masa pubertas. Ketika seseorang mengidap penyakit dermatitis atopik ini dalam waktu yang lama, kulit akan terlihat lebih tebal daripada area kulit lainnya.

Kenali Berbagai Jenis Penyakit Kulit Berbahaya Sebelum Terjadi Komplikasi

Ada beberapa gejala yang harus diperhatikan ketika anak mengalami Dermatitis Atopik di Kulit, yaitu:

  1. Kulit Kering (bersisik)
  2. Kulit Terasa Gatal
  3. Kemerahan dan Bengkak
  4. Terjadi Penebalan Pada Kulit
  5. Kulit pada Wajah menjadi Pucat
  6. Terdapat benjolan kecil pada kulit yang berkerak dan mengeluarkan cairan saat tergores.
  7. Ruam pada kulit yang tiba tiba muncul
  8. Terjadinya penebalan kulit di bagian yang gatal
  9. Area yang terkena dampak akan cenderung berubah warna kulitnya ke lebih terang atau gelap.
  10. Terjadi iritasi pada beberapa bagian yang terkena karena adanya lecet akibat garukan.

Itulah beberapa gejala yang perlu diwaspadai, sebaiknya perhatikan anak anda untuk tidak menggaruk bagian yang gatal karena dapat menyebabkan terjadinya resiko peradangan pada kulit.

Macam-macam Dermatitis dan Cara Pengobatannya

Penyebab Terjadinya Dermatitis Atopik

Penyebab terjadinya dermatitik atopik pada anak salah satunya adalah penggunaan produk yang tidak cocok, tetapi ada beberapa faktor lain yang dapat memicu terjadinya dermatitis atopik yaitu :

  • Mengidap alergi makanan
  • Berubahnya hormon seiring bertambahnya usia
  • Memiliki alergi terhadap bulu hewan, udara dingin, udara kering, serbuk sari tanaman, atau produk.
  • Memakai pakaian yang kurang nyaman dan tidak menyerap keringat dengan baik seperti wol atau kain sintetis.
  • Terpapar suhu, air, atau udara yang terlalu panas atau dingin
  • Stress
  • Menggaruk bagian yang gatal dengan keras sehingga menimbulkan infeksi pada kulit
  • Memiliki keringat berlebih

Tips Rawat Kulit Anak dari Dermatitis Atopik

Pada kondisi yang ringan, dermatitis atopik bisa saja mereda dengan sendirinya. Namun. Terkadang anak menggaruk karena kulit terasa gatal dan membuat anak merasa tidak nyaman. Untuk itu penting bagi ibu untuk melakukan perawatan untuk mengurangi dermatitis atopik pada anak dirumah. Berikut adalah beberapa tips rawat kulit anak dari dermatitis atopik yang dapat dilakukan dirumah.

  • Gunakan pelembap kulit.
  • Jika gejala mulai muncul, kompres area yang terkena dengan air dingin.
  • Gunakan pakaian yang berbahan katun untuk menghindari iritasi dan keringat berlebih.
  • Jangan stress, karena gejala dapat bertambah lebih parah jika pengidap mengalami stres.
  • Hindari menggaruk kulit disekitar area yang gatal dengan berlebihan.
  • Hindari faktor faktor pemicu yang dapat menimbulkan eksim, seperti makanan dan sabun
  • Pada bayi, penting untuk selalu memperhatikan kebersihan kulit di area sekitar popok
  • Bila sehabis berenang, segeralah bilas kulit anak dengan air bersih dan mengalir untuk menghilangkan sisa klorin
  • Hindari penggunaan pakaian anak yang tebal, lembab, atau kotor. Gunakan bahan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti katun.

Bagaimana cara penanganan Dermatitis Atopik pada Anak?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, beberapa perawatan dirumah dapat mengatasi dermatitis atopic pada anak. Pada kesimpulannya adalah dermatitis atopik atau eksim susu adalah eksim yang sering kali kambuh,usahakan untuk selalu menggunakan pelembab untuk melindungi kulit anak dan menjaga kelembaban kulit. Namun, jika tidak kunjung sembuh segeralah datangi klinik kulit terdekat. Klinik Pandawa hadir sebagai solusi penyakit kulitmu, kamu dapat langsung berkonsultasi dengan Dokter Online GRATIS di 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin